Cara Melakukan Diet yang Baik dan Benar


Cara Melakukan Diet yang Baik dan Benar

Cara Melakukan Diet yang Baik dan Benar – Sebenarnya cara menurunkan berat badan bukanlah hal yang rumit dan susah, yang perlu Anda lakukan adalah pengendalian nafsu makan dan meningkatkan semangat untuk berolahraga. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengenal dan memahami lebih dalam tentang karakter tubuh, pikiran, dan nutrisi yang Anda perlukan. Karena kebanyakan orang malas untuk berolahraga dan tidak bisa mengendalikan nafsu makan sehingga berat badan tidak kunjung turun justru bertambah naik.

Belakangan ini memang banyak sekali bermunculan berbagai macam diet, dan parahnya lagi banyak mitos-mitos seputar diet yang secara ilmiah belum dapat dibuktikan kebenarannya. Memang menurunkan berat badan membutuhkan proses, tidak hanya berat badan yang menjadi perhatian kita namun kita juga harus memperhatikan aspek kesehatan. Lantas sehatkah diet yang Anda jalani?

Yang Perlu Anda Ketahui dari Diet
Cara terbaik menurunkan berat badan adalah kombinasi pengaturan pola makan dan olahraga secara teratur. Meskipun demikian, masih banyak juga orang yang tidak melakukan olahraga karena berbagai macam alasan mulai dari capek sampai malas. Jadi tidak hanya berat badan ideal yang kita dapatkan, namun juga kesehatan dalam waktu yang sama.

Dengan melakukan latihan olahraga dapat mempermudah kita dalam membakar kalori. Jika Anda hanya membatasi asupan kalori tanpa melakukan latihan tertentu, maka tubuh Anda akan kehilangan massa otot. Berat badan Anda memang akan turun namun massa otot Anda juga ikut berkurang. Seperti yang dikutip dari duniafitnes.com, berikut ini beberapa alasan mengapa latihan olahraga sangat penting dalam menurunkan berat badan.

    Dapat meningkatkan pembakaran kalori tubuh setiap hari. Jadi semakin tinggi aktivitas tubuh Anda, semakin banyak pula kalori yang dapat dibakar
    Dapat membantu pembentukan jaringan otot baru. Sehingga semakin banyak otot terbentuk semakin sedikit lemak yang tertimbun dalam tubuh.
    Dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Dengan berlatih tubuh akan melepaskan hormon tertentu yang bertugas menekan rasa lapar.
    Dapat membantu menggunakan cadangan glikogen sekaligus  merangsang produksi  hormon pembakar lemak yang disebut glukagon.

Otot merupakan bagian yang tidak kalah penting dalam proses penurunan berat badan. Selain dapat membuat badan menjadi lebih sehat dan bugar, namun juga dapat membantu meningkatkan metabolisme.  Inilah sebabnya semakin banyak massa otot semakin banyak lemak yang terbakar.

Hormon yang Berperan dalam Diet
Dalam tubuh terdapat dua hormon penting insulin dan glukagon yang mengendalikan sel-sel lemak dalam tubuh. Dan kedua hormon tersebut dipengaruhi oleh kadar gula darah.

Pada saat Anda memberikan asupan karbohidrat dalam tubuh, terutama yang ber-GI tinggi seperti nasi putih atau roti, maka gula darah Anda akan meningkat. Peningkatan gula darah tersebut dapat memicu pelepasan insulin dari pankreas. Peran insulin sendiri adalah untuk menurunkan kadar gula darah, yakni dengan cara membantu penyerapan glukosa ke dalam sel-sel penyimpan lemak (jaringan adiposa).

Kemudian glukosa tersebut akan diubah menjadi gliserol yang berkombinasi dengan asam lemak dan berubah menjadi trigliserida. Dan inilah yang sering kita sebut sebagai lemak.

Kesimpulannya jika Anda mengkonsumsi makanan manis maka tubuh akan melepaskan insulin dan menyimpan gula dalam dalam bentuk lemak. Ini merupakan pemahaman dasar yang perlu Anda ketahui jika ingin menurunkan berat badan.

Dengan meningkatkan aktivitas fisik berolahraga dapat menjadi cara yang ampuh untuk memaksimalkan kinerja tubuh dalam membongkar sel-sel lemak sebagai cadangan energi. Oleh sebab itu sangat penting menyertakan olahraga pada saat Anda menjalankan program diet untuk memberikan hasil yang nyata dalam menurunkan berat badan.

Cara Melakukan Diet yang Baik dan Benar | jati | 4.5