Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Diet Sehat


Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Diet Sehat

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Diet Sehat – Cara menurunkan kolesterol dengan diet dapat membantu Anda untuk menghindarkan berbagai macam gangguan penyakit seperti serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. Karena beberapa penyakit tersebut disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk dapat mengobati berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kolesterol memang dapat menggunakan obat-obatan berbahan kimia. Namun efek samping yang ditimbulkan tidak dapat kita hindarkan, bahkan terkadang dapat menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Salah satu alternatif lain yang aman dan sehat untuk menurunkan kolesterol adalah dengan diet. Menurunkan kolesterol dengan diet merupakan cara yang memiliki efek jangka panjang yang baik untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Seringkali kita mendengat tentang bahaya kolesterol untuk kesehatan, namun tahukah Anda apa itu kolesterol? Bagaimana kolesterol terbentuk dalam tubuh? Berikut ini ulasannya seperti yang dikutip dari vemale.com.

Sumber kolesterol
Ternyata dua sumber utama kolesterol yang ada dalam tubuh kita berasal dari tubuh kita sendiri dan makanan yang kita konsumsi. Kita seringkali mengkonsumsi makanan produk hewani, sedangkan semua hewan dapat memproduksi kolesterol secara alami. Bagian tubuh kita yang sering memproduksi kolesterol adalah hati untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu dalam tubuh. Dari sebuah studi menunjukkan bahwa 75 persen dari kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh hati dan 25 persen lainnya berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Sebenarnya kolesterol dalam tubuh yang dihasilkan oleh hati berfungsi untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu. Namun jika Anda mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol berlebih maka dapat menyebabkan penyakit jantung.

Menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh
Kolesterol yang Anda konsumsi ketika bertemu dengan lemak yang sangat jenuh maka dapat menjadi sangat berbahaya. Karena Asupan makanan dengan kolesterol berlemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga tubuh Anda mendapatkan tambahan kolesterol yang mengendap pada arteri yang akhirnya membatasi aliran darah normal, membuat arteri tersumbat, dan dapat menyebabkan penyakit stroke.

Oleh sebab itu sangat penting menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh dengan cara melakukan diet dan menjalani gaya hidup yang sehat.
Cara  menurunkan kolesterol dengan diet
Dengan mengubah menu makanan Anda, dapat menjaga kita agar dapat terhindar dari penyakit jantung. Berikut ini menu diet sehat rendah kolesterol yang dapat Anda coba.

Buah dan sayuran
Buah-buahan dan sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral sehingga merupakan makanan yang sehat dan bagus untuk program diet Anda. Selain itu, buah dan sayur tidak mengandung lemak dan memiliki kadar kalori yang rendah. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Daging tanpa lemak
Ternyata terdapat beberapa daging tanpa lemak yang dapat Anda konsumsi agra kadar kolesterol dalam tubuh dapat terkontrol diantaranya adalah kalkun, ayam dan ikan. Namun jika Anda ingin mengkonsumsi daging merah, sebaiknya proses memasak dilakukan dengan baik dan benar agar dapat mengurangi kadar lemak dan kadar kolesterolnya.

Padi-padian
Dalam biji-bijian terdapat energi yang tinggi dan mengandung serat makanan. Diantaranya adalah sereal biji-bijian dan kacang-kacangan, roti coklat, pasta dan kentang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun sebaiknya Anda menghindari produk tepung putih karena tepung putih memiliki jumlah karbohidrat yang tinggi dan dengan mengkonsumsi makanan seperti ini dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

Produk susu
Susu rendah lemak atau produk susu skim merupakan pilihan tepat bagi para penderita kolesterol tinggi. Namun banyak dari penderita kolesterol tinggi yang takut untuk mengkonsumsi susu, padahal susu bermanfaat bagi kesehatan.

Minyak dan Lemak
Lemak jenuh yang terdapat dalam mentega, margarin dan minyak memang sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya Anda dapat mencoba mengkonsumsi minyak ikan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu agar dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng makanan atau pada saat memasak. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan polifenol yang dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah.

Diet sehat rendah kalori memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain mendapatkan tubuh yang ideal, kesehatan tubuh Anda juga terjaga. Diet memang merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang cukup efektif. Karena badan yang gemuk dapat menyebabkan resistensi insulin sehingga menyebabkan diabetes dan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Selamat mencoba cara menurunkan kolesterol diatas!

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Diet Sehat | jati | 4.5