Inilah Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan


Inilah Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan –  Mungkin selama ini anda sudah mengenal dan mungkin sudah sering mendengar istilah vitamin B. Uniknya dari jenis vitamin ini. Vitamin B ialah salah satu vitamin yang banyak terpecah menjadi beberapa bagian (Vitamin B komplek). Vitamin ini terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, serta B12.

Fungsi dari masing-masing Vitamin B ini sendiri memiliki fungsi yang berbeda-beda. Nah sudahkah anda mengetahui dari ke 8 jenis Vitamin B komplek tersebut??? Jika anda belum mengetahuinya, silahkan simak dan baca secara lengkap pada penjelasan artikel Vitamin B kompleks berikut ini:

Jenis Macam dan Fungsi Vitamin B untuk kesehatan tubuhseseorang dapat dilihat secara lengkap dibawah ini:

A. Tiamin Atau yang biasa kita sebut dengan Vitamin B1

Manfaat dan Fungsi dari vitamin ini: dapat mengubah zat karbohidrat yang ada pada menjadi sumber energy tubuh.

Kebutuhan setiap hari: perempuan sebanyak 1,1 mg, Laki-laki 1,2 mg, wanita mengandung/ plus menyusui 1,4 mg.

Sumber makanan dihasilkan dari: Nasi putih, aneka jenis roti, makanan laut seperti udang, kerang, Seral dll.

B. Riboflavin Atau yang biasa orang kenal dengan Vitamin B2

Manfaat dan Fungsi dari vitamin ini: bermanfaat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata serta kecantikan kulit.

Kebutuhan setiap hari: perempuan sebanyak 1,1 mg, Laki-laki  sebanyak 1,3 mg, ibu mengandung plus menyusui sebanyak 1,6 mg.

Sumber makanan dihasilkan dari: aneka jenis Susu, daging ayam, keju, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dll.

C. Niasin Atau yang biasa orang kenal dengan Vitamin B3

Manfaat dan Fungsi dari vitamin ini: Dapat bermanfaat baik untuk menjaga dan melindungi kesehatan kulit, menambah nafsu makan yang berkurang, memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh dan mampu membantu tubuh dalam mengubah makanan yang masuk menjadi energi.

Kebutuhan setiap hari: perempuan sebanyak 14 mg, Laki-laki  sebanyak 16 mg, ibu mengandung plus menyusui sebanyak 17-18 mg.

Sumber makanan dihasilkan dari : aneka jenis padi-padian, daging sapi segar, kacang-kacangan serta jamur

D. Pantothenic Acid Atau yang biasa orang kenal dengan Vitamin B5

Manfaat dan Fungsi dari vitamin ini: vitamin B5 memiliki kemampuan memecah protein, lemak dalam tubuh, makanan yang mengandung protein serta karbohidrat menjadi sumber energy yang dibuthkan tubuh. Sedangkan manfaat lain dari Vitamin B5 adalah sebagai vitamin yang berguna untuk proses pembentukan sel darah merah serta pembantu vitamin D.

Kebutuhan sehari-hari: perempuan sebanyak 4 mg, Laki-laki  sebanyak 6 mg, ibu mengandung 5 mg, ibu yang sedang menyusui sebanyak 6 mg.

Sumber vitamin ini berasal dari: daging ayam segar, ikan sarden, buah alpukat, dan buah semangka.

E. Piridoksin Acid Atau yang biasa orang kenal dengan Vitamin B6

Manfaat dan Fungsi dari vitamin ini: Diperlukan tubuh untuk proses asam amino dan lemak.
Kebutuhan sehari-hari: perempuan sebanyak 1,3 mg, Laki-laki  sebanyak 1,3 mg, ibu mengandung sebanyak 1,9 mg, ibu menyusui 2 mg.

Catatan tambahan: jika anda terlalu berlebihan mengkonsumsi Vitamin B6 hingga lebih dari angka 50 mg setiap harinya, bisa mengakibatkan kerusakan pada system saraf secara permanen.

Sumber vitamin ini berasal dari: Daging ayam dan unggas, ikan laut segar, daging sapi, sayur kentang, buah tomat, buah pisang, dan aneka buah yang memiliki cirri fisik ungu.

F. Biotin Atau yang biasa orang kenal dengan Vitamin B7

Manfaat dan Fungsi dari vitamin ini: dapat membantu tubuh untuk proses pemecahan lemak, serta protein untuk diubah menjadi sumber energi tubuh.

Kebutuhan sehari-hari: perempuan sebanyak 25 mkg, Laki-laki  sebanyak 30 mkg, Ibu hamil 30 mkg, Ibu yang sedang menyusui 35 mkg.

Sumber vitamin ini berasal dari: Daging ikan terutamanya ikan salmon, telur ayam dkk, air susu, sereal, buah pisang serta kacang tanah/kacang brol.

G. Folat Atau yang biasa orang kenal dengan Vitamin B9

Manfaat dan Fungsi dari vitamin ini: Vitamin ini berperan penting dalam peoses sel-sel agar dapat berkembang lebih baik dan benar, tak hanya itu Vitamin B9 juga bermanfaat untuk membentuk sel darah merah, dan menjahga adanya kemungkinanan kerusakan saraf pada janin ibu.

Kebutuhan sehari-hari: perempuan sebanyak 400 mkg,  Laki-laki  sebanyak  400 mkg, Ibu hamil sebanyak 600 mkg, ibu yang sedang menyusui sebanyak 500 mkg.

Sumber vitamin ini berasal dari: Susu dan aneka jenis olahan yang dihasilkan dari susu, bit, hati ayam, sapid an kambing, buah melon serta sayuran yang memiliki warna daun hijau.

H. Kobalamin Atau yang biasa orang kenal dengan Vitamin B12

Manfaat dan Fungsi dari vitamin ini:  dapat mengubah makanan yang mengandung, protein, karbohidrat dan lemak menjadi sumber energy yang dibutuhkan tubuh, melindungi bagian system saraf tubuh, menjaga sel darah merah agar tepat berjalan lancar dan sehat, menjauhakn diri dari serangan penyakit jantung, dll

Kebutuhan sehari-hari: : perempuan sebanyak 2,4 mkg, ,  Laki-laki  sebanyak  2,4 mkg, Ibu hamil sebanyak 2,6 mkg, Ibu menyusui sebanyak 2,8 mkg.

Sumber vitamin ini berasal dari: Daging sapi, daging ikan laut dan tawar, hati ayam sapi kambing, telur ayam, susu, kedelai serta rumput laut.

Inilah Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan | jati | 4.5