Inilah Penyebab dan Cara mengatasi Insomnia


Inilah Penyebab dan Cara mengatasi Insomnia

Penyebab dan Cara mengatasi Insomnia

Inilah Penyebab dan Cara mengatasi Insomnia – siapa dari anda yang memiliki masalah insomnia???? Oke tenang saja, sebagai seseorang yang sama-sama sulit untuk tidur malam alias insomnia, saya selaku admin Info kesehatan akan berbagi sedikit artikel tips dan cara untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia.

Namun sebelum saya berbagi sedikit tips dibawah, Info kesehatan juga akan berbagi mengenai apa saja sihh yang menyebabkan seseorang itu terkena Insomnia/sulit tidur???? Oke let’s go, salah satu penyebab utama seseorang terkena insomnia adalah karena faktor psikologis, seperti terlalu sering begadang, terlalu banyak pikiran, beban kerjaan, dan lain sebagainya.

Nah bagiamana cara mengatasi insomnia itu sendiri???? Oke berikut adalah tips yang bisa anda lakukan untuk mangatasi masalah insomnia anda:

Mengurangi Konsumsi Kafein
Ketika anda ingin tidur dimalam hari, usahakan hindari makanan yang memiliki kandungan kafein tinggi. Seperti kopi, the, minuman bersoda dan coklat.

Kurangi Porsi Tidur Siang
Jangan terlalu lama tidur siang, karena bisa mengakibatkan anda sulit tidur di malam harinya.

Rutinkan Jam Tidur Anda
Salah satu cara yang menurut saya paling efectif adalah dengan merutinkan jam tidur malam, contoh jam tidur malam rutin anda adalah jam 10. Usahakan ketika sudah jam 10 jauhkan aktifitas nonton tv, bermain game, ponsel, laptop dan lainnya.

Jauhkan Ponsel
Salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan menjauhkan ponsel/gadget yang anda punya dari tempat tidur anda. Karena sejatinya seseorang yang dekat dengan gadget itu tidurnya tidak bisa focus.

Contohnya ketika anda sudah ingin tidur tiba-tiba HP bunyi, maka tidur anda akan terganggu dan akan sulit tidur kembali. Memainkan gadget ketika tidur juga bisa membahayakan kesehatan tubuh lainnya, seperti menggangu otak, dan organ tubuh lainnya.

Banyak Konsumsi makanan
Coba anda perhatikan, seseorang yang habis makan akan mudah sekali ngantuk/tertidur bukan???. Sebagai Contohnya saja ketika bulan puasa tiba, anda buka puasa makan yang banyak, maka anda akan merasakan ngantuk sesudah buka bukan???

Namun bukan berarti makan banyak terus tidak memperhatikan makanan apa yang dimakan yahh!!! Usakahan perbanyak makanan ini seperti makan-makanan yang mengandung banyak magnesium dan potassium. Contohnya buah pisang dan kacang almond. Plus usahakan konsumsi makanan 3-4 jam sebelum anda tidur.

Jangan terlalu sering begadang
Apakah anda adalah seseorang yang terlalu sering tidur hingga larut malam??? Terlalu sering anda begadang ternyata juga bisa membuat anda sulit untuk tidur atau insomnia, olehkarenanya hindari kebiasaan tidur yang terlalu larut malam.

Apalagi jika tidur terlalu larut ini dilakukan dengan jam yang teratur maka anda akan sulit untuk tidur malam selayaknya orang biasa.

Mendengarkan music seperti brainwave
Apakah music Brainwave itu???? Brainwave adalah salah satu jenis music yang lebih dikenal dengan istilah beta gelombang otak.

Music ini bisa membuat pikiran anda yang tadinya stress menjadi rileks kembali dan alhasil anda akan mudah tertidur dan terhindar dari insomnia. Untuk mendapatkan music ini bisa anda undUUh langsung diinternet.

Lakukan latihan pernafasan
Cara ini terbilang cukup efectif untuk mengatasi insomnia, jadi usahakan anda melakukan ini secara teratur agar anda terhindar dari insomnia.

Nah latihan pernafasan ini seperti apa??? Latihan pernafasan ini adalah meditasi dengan memusatkan pikiran kesatu titik fokus saja.

Inilah Penyebab dan Cara mengatasi Insomnia | jati | 4.5