Manfaat Bunga Kenanga Untuk Obat Kesehatan Tubuh


Manfaat Bunga Kenanga Untuk Obat Kesehatan Tubuh

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Obat Kesehatan Tubuh – Kenanga sering pula disebut kenongo. Bunga kenanga sering digunakan untuk bunga tabur dan pohonnya sebagai peneduh. Kenanga berasal dari Asia Tenggara termasuk indonesia, karena harum ia dikenal sebagai pohon parfum.

Di jawa kenanga digunakan sebagai ritual bersama melati dan mawar yang direndam dalam air dari 7 sumur, air rendaman tersebut disebut air bunga setaman. Air ini biasanya dipakai untuk mandi bagi calon pengantin saat upacara siraman.

Bunga kenanga juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional, orang tua dulu sering menggunakan bunga kenanga untuk mengobatibatuk. Selain itu, bunga kenanga dijadikan bahan membuat jamu bagi ibu yang baru saja melahirkan.

Manfaat bunga kenanga untuk obat tradisional :

1. Jamu Setelah Melahirkan
Dulu saat dokter dan bidan jarang ditemukan para guguni atau paraji sering membuatkan jamu untuk memulihkan kondisi ibu yang melahirkan.


Berikut ramuannya:
a. Bunga kenanga yang masih muda
b. Kayu rapet
c. Pegatsih
d. Kunci pepet
e. Kunyit
f. Jongrahab
g. Jalawe
h. Jakeling


Tumbuk semua bahan sampai halus dan rebus dengan air panas, kemudian saring. Cukup mudah kan ?? Jadi bagi para wanita yang baru saja melahirkan coba saja minum ramuan ini agar kondisi cepat pulih kembali.


2. Mengobati Bronkhitis
Bronkhitis bisa diobati menggunakan bunga kenanga. Caranya, sediakan 2 bunga kenanga dan rebus sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas. Minum secara rutin setiap pagi dan sore.


3.Obat Sesak Napas
Sesak nafas karena asma atau alergi bisa diobati menggunakan bunga kenanga. Caranya, sediakan ½ genggam bunga kenanga dan 1 ½ sendok gula putih rebus sampai tersisa setengah gelas. Setelah itu saring airnya dan minum setiap pagi dan sore hari.


4.Mengobati Malaria
Untuk mengobati malaria, tahap awal anda harus mengeringkan kuntum bunga sampai kering. Setelah benar-benar kering ambil 3 buah kuntum bunga dan rebus sampai mendidih, jangan lupa saring airnya. Minum ramuan secara teratur.


5. Sakit kuning
Penyakit kuning dapat diobati dengan ramuantemulawak dicampur dengan bambu kuning. Namun kenanga bisa juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit kuning.


Untuk mengobati sakit kuning menggunakan bunga kuning, siapkan 3 kuntum bunga kenanga masukkan ke gelas air panas, setelah itu ditutup hingga dingin. Setelah itu minum 3 kali sehari sebanyak 1/3 gelas sekali minum.


6. Mengobati kudis
50 gram bunga kenanga dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan 20 cc minyak goreng kemudian panaskan sebentar. Setelah dingin oles pada bagian kulit yang terkena kudis.


7. Digigit serangga
Bila anda digigit berbagai macam serangga, obati langsung menggunakan bunga kenanga. Caranya sediakan 2 kuntum bunga kenanga, 1 kuntum bunga mawar, serta 10 kuntum bunga melati. Remas dengan 1 sendok teh minyak kelapa, kemudian tempel pada luka bekas gigitan.

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Obat Kesehatan Tubuh | jati | 4.5