Manfaat Bunga Melati Untuk Obat Kesehatan Tubuh


Manfaat Bunga Melati Untuk Obat Kesehatan Tubuh
Manfaat Bunga Melati Untuk Obat Kesehatan Tubuh – Melati merupakan bunga yang terkenal karena baunya yang harum. Melati sering dijumpai di pekarangan rumah, zaman dulu melati sudah digunakan untuk berbagai keperluan. Baunya yang harum menjadi bunga wajib untuk hajatan dan ritual tertentu.

Dari berbau adat, agamis, hingga mistis. Selain itu, melati juga mempunyai manfaat untuk obat tradisional karena mempunyai kandungan kimia yaitu indol, benzyl serta liyalylacetaat. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, akar serta bunga.



Manfaat bunga melati untuk obat tradisional :

1. Sesak Nafas
Sesak nafas ini disebabkan bisa karena pilek maupun asma. Caranya, rebus 20 lembar daun melati dan garam secukupnya menggunakan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air rebusan tersebut disaring. Minum dua kali sehari tiap pagi dan sore.


2. Demam dan Sakit Kepala
Jika anda atau keluarga mengalami demam. Ambil segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati, kemudian remas dengan tangan. Setelah layu rendam dalam air, gunakan air rendaman untuk mengompres dahi. Cara ini bisa dilakukan untuk mengobati sakit kepala ringan.


3. Disengat Lebah atau Serangga Lain
ambil satu genggam bunga melati, kemudian remas sampai halus. Tempelkan bunga melati yang sudah diremas tersebut ke bagian tubuh yang digigit serangga atau disengat lebah.


4. Sakit Mata
Bunga melati dapat mngobati mata merah, iritasi serta belekkan. Caranya, ambil satu genggam daun melati, kemudian pipis halus. Tempelkan pada dahi diatas mata, kalau kering ganti dengan ramuan baru. Lakukan secara rutin sampai mata benar-benar sembuh.


5. Menghentikan ASI Berlebihan
Terkadang, ada ibu menyusui yang ASI-nya keluar terlalu banyak. Walau bayi tidak menyusu ASI tetap keluar. Hal ini sangat merepotkan, atasi dengan ramuan bunga melati. Caranya, satu genggam daun melati pipis halus, kemudian tempelkan dibagian bu4h d4da anda.
Lakukan setiap pagi sebelum mandi.


6. Mengurangi tukak mulut dan sakit gigi
Untuk mengurangi tukak mulut dan sakit gigi menggunakan melati yang di olah dalam bentuk permen karet, tapi ditoko masih jarang permen karet yang beraroma melati.


7. menghilangkan rasa mual
Bagi anda yang merasakan mual bisa menggunakan bunga melati tanpa di masak, yaitu langsung mencium bunga melati berkali-kali. Dijamin rasa mual yang ada rasakan akan hilang.

Manfaat Bunga Melati Untuk Obat Kesehatan Tubuh | jati | 4.5