Manfaat Kembang Sore Untuk Obat Tradisional


Manfaat Kembang Sore Untuk Obat Tradisional



Manfaat Kembang Sore Untuk Obat Tradisional –  Kembang Sore merupakan tanaman perdu yang tumbuh di alam terbuka dan mendapat cukup sinar matahari. Namun, Karena warna bunga yang indah, Kembang sore ini biasa juga dijadikan tanaman hias untuk ditanam di pekarangan rumah.

Selain dijadikan sebagai tanaman hias, Kembang sore juga memiliki manfaat bagi kesehatan yang berguna untuk pengobatan tradisional. Manfaat kembang sore untuk pengobatan karena memiliki kandungan senyawa kimia.

Manfaat kembang sore untuk obat tradisional :
Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah seluruh tanaman. Untuk penyimpanan, Setelah dicuci bersih lalu potong seperlunya, Kemudian jemur sampai kering.

Sakit gigi, gusi bengkak – Untuk mengobati sakit gigi maupun gusi bengkak cara simple, Ambil daun kembang sore rebus sampai mendidih, Selagi masih hangat air tersebut untuk berkumur.

Cacing kerami pada anak –  Cacing kerami adalah suatu infeksi yang menyerang anak-anak, Cacing yang di dalam tubuh tumbuh dan berkembang. Si penderita biasanya merasakan gatal yang hebat di sekitar anus. Tapi tidak usah kwatir, Kembang sore juga bisa membasmi cacing tersebut. Caranya, Ambil biji buah kembang sore tumbuk halus lalu gulung seperti rokok kemudian di bakar. Asap ditiupkan kelubang dubur.

Kencing batu – Sakit kencing batu ini menimbulkan gejala yang dirasakan cukup hebat seperti sakit saat ingin berkemih dan nyeri pada perut. Penyakit ini merupakan tanda-tanda gagal ginjal. Maka dari itu coba saja hindari penyakit ini menggunakan kembang sore, Rebusan air untuk berendam. Untuk tapal, Ambil daun secukupnya setelah dicuci bersih giling sampai halus dan pakai sebagai tapal pada pinggang dan kandung kemih.

Tuberkulose paru (TB paru) yang masih ringan – Ambil 30 gram akar kembang sore dan 15 gram Mahonia japonica, Lalu direbus. Setelah dingin saring dan bagi dalam 3 bagian untuk diminum habis dalam satu hari.

Sakit telinga, pendengaran menurun –  Rebus 20-30 buah kembang sore dengan daging tanpa lemak, Setelah dingin saringlah. Minum ramuan ini setiap hari.

Mengobati Bisul – Ambil 1 buah biji kering kemudian giling menjadi bubuk, Lalu seduh dengan 1 cangkir air panas, Daunnya setelah dicuci bersih lumatkan dan tambah madu secukupnya, Tahap akhir yaitu tempelkan pada bisul.

Mengobati Wasir – Ambil 150 gram akar kembang sore, Lalu rebus dengan air secukupnya sampai kental. Ambil airnya, Kemudian diminum. Sisa air di uapkan ke lubang dubur selagi panas.

Itulah manfaat kembang sore untuk pengobatan tradision

Manfaat Kembang Sore Untuk Obat Tradisional | jati | 4.5