Obat Sakit Gigi


Obat Sakit Gigi
Obat Sakit Gigi
Obat Sakit Gigi

Obat Sakit Gigi  – Sakit gigi dapat muncul secara tiba-tiba. Tahukan anda bahwa Penyebab paling umum sakit gigi adalah lubang pada gigi yang disebut karies gigi atau kavitasi. Namun Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh faktor lain seperti misal nya gigi longgar, erosi gusi, atau infeksi kanal akar gigi. Jika ada peradangan saraf, sakit yang dirasakan bisa sangat intens.

Berikut Beberapa Pengelompokan Jenis Sakit Gigi.

1. Karies Gigi

sakit gigiKaries adalah nama kolektif untuk kerusakan gigi di enamel (zat di mahkota gigi), sementum (zat di akar gigi), dan dentin (zat di tengah antara mahkota dan akar).Gigi dapat berlubang karena bakteri tertentu yang memproduksi asam laktat dari hasil fermentasi karbohidrat seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Gigi terutama terdiri dari mineral yang secara konstan mengalami proses demineralisasi dan remineralisasi. Demineralisasi terjadi karena pemakaian gigi, terutama karena makan makanan yang mengandung asam. Remineralisasi gigi terjadi dengan bantuan air liur, pasta gigi ber-flouride, dan obat kumur. Ketika pH pada permukaan gigi turun di bawah 5,5 karena asam laktat yang diproduksi bakteri, demineralisasi lebih cepat dari remineralisasi sehingga gigi “tekor” mineral. Hal ini dapat mengarah ke gigi berlubang.

Gigi berlubang harus segera ditangani oleh dokter gigi agar tidak berkembang menjadi parah sehingga harus dicabut, atau bahkan menyebabkan infeksi berbahaya. Dokter gigi akan membor lubang untuk membersihkan kerusakan dan kemudian menambal gigi dengan implan.

2. Gigi longgar

Gigi longgar dapat terasa sangat menyakitkan saat mengunyah makanan. Penyebab gigi longgar biasanya adalah penyakit pada gusi (gingivitis, periodontitis), meskipun bisa juga disebabkan oleh kecelakaan atau benturan. Untuk mengatasi gigi longgar, dokter gigi harus menghilangkan penyakit pada gusi dengan pembersihan gigi (scaling) dan pengobatan. Gigi yang sedikit goyang masih dapat diperkuat dengan menambatkan ke gigi di dekatnya. Gigi yang goyang ke segala arah harus dicabut.

3. Erosi gusi

Gusi yang mengalami erosi akan mengekspos akarnya sehingga menjadi sensitif terhadap makanan/minuman panas, dingin dan asam. Erosi gusi bisa disebabkan karena menyikat gigi terlalu keras atau karena penyakit gusi.

Erosi gusi berlangsung bertahap dalam waktu lama sehingga lebih umum pada mereka yang berusia di atas 40 tahun. Penderitanya tidak memperhatikan atau menganggap serius sampai menjadi masalah. Bila penyebab erosi adalah terlalu keras menyikat gigi, Anda harus mengganti sikat dengan yang lebih halus dan mengurangi tekanan.

Erosi gusi hanya bisa dibetulkan dengan cangkok gusi, sebuah prosedur operasi plastik yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi spesialis.

4. Infeksi kanal akar gigi

Kanal akar gigi yang terinfeksi bisa sangat menyakitkan dengan rasa nyeri yang menyebar ke daerah lain di wajah dan tengkorak. Tubuh mempertahankan diri dari infeksi sehingga menyebabkan peradangan. Kadang-kadang terjadi abses (nanah) dalam akar gigi yang dapat menetap di dalam tulang rahang pasien selama bertahun-tahun dan terus-menerus menyebarkan bakteri ke dalam aliran darah penderitanya.

Infeksi kanal akar gigi dapat membuat gigi mati sehingga harus dicabut. Mempertahankan gigi mati bukanlah pilihan. Penggunakan herbal, vitamin, atau bahkan resep antibiotik biasanya tidak memecahkan masalah bila tanpa diikuti ekstraksi dan pembersihan kanal akar gigi dan jaringan sekitarnya.

Nah memang Sakit gigi adalah penyakit klasik yang keadaannya sepele namun pada hasil nya membuat banyak orang tersiksa karena rasa sakit nya berdenyut dan kesusahan untuk makan,tentu nya jika manusia tidak makan akan berakibat fatal cuma gara gara sakit gigi ini, disini akan dibahas obat sakit gigi yang ampuh  serta penanganannya.Berikut Kami sajikan Obat sakit gigi yang alami dan manjur

Tidak lengkap rasa nya mengenali gigi tanpa gambar struktur gigi,sehingga anda lebih memagami gigi anda.


Obat sakit gigi alami

1. Bawang Putih

Bawang putih memang dikenal memiliki banyak manfaat sebagai bahan obat alami termasuk mengobati sakit gigi. Kandungan antiseptik yang terdapat pada bawang putih mampu meredakan sakit gigi. Pendapat tersebut diperkuat oleh penulis buku kesehatan keluarga Jude.C berjudul Jude’s Herbal Home Remedies. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan 1 siung bawang putih kemudian di tumbuk dan diletakkan pada gigi yang sakit, biarkan sekitar 5 menit. Selanjutnya bersihkan bawang putih tersebut dan berkumurlah dengan air hangat untuk membersihkan.

2. Bawang Merah

Selain bawang putih, ternyata bawang merah juga bermanfaat dalam mengobati sakit gigi secara alami. Kandungan anti microba yang terdapat pada bawang merah mampu mengatasi sakit gigi. Caranya pun tidak sulit, anda hanya perlu menyiapkan 1 siung bawang merah kemudian memarkan. Letakkan bawang merah pada gigi yang sakit kemudian biarkan beberapa saat sebelum berkumur. Anti microbanya akan mampu membunuh bakteri yang menjadi biang keladi infeksi penyebab sakit gigi.

3. Merica

Merica juga dikenal sebagai salah satu obat tradisional sakit gigi warisan leluhur. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan menggabungkan merica dan garam. Caranya yaitu, siapkan merica dan garam dalam jumlah 1:1 atau sama banyak. Kemudian beri beberapa tetes air dan gabungkan semua sampai jadi seperti pasta. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit dan biarkan beberapa menit. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap hari.

4. Es Batu

Es batu mampu membekukan bagian tubuh sehingga mati rasa dan meredakan sakit gigi. Caranya pun cukup mudah, ambilah beberapa pecahan kecil es batu. kemudian gosokan pada bagian gigi yang sakit selama beberapa menit hingga rasa sakitnya reda. Ulang lagi jika gigi mulai terasa sakit lagi. Pengobatan yang satu ini sifatnya hanya sementara untuk meredakan saja.

5. Garam

Jika masih kesulitan menemukan bahan-bahan di atasa, maka cara yang terakhir ini bisa dikatakan yang paling mudah dan tidak sulit dilakukan. bahan yang dibutuhkan pun masih berupa bahan dapur yang pastinya mudah di dapat. Caranya yaitu dengan melarutkan garam dengan air hangat, selanjutnya gunakan untuk berkumur. Perlu di ingat bahwa air tersebut jangan ditelan.

Demikian beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi alami dan ampuh. Perlu di perhatikan, jika sakit gigi yang di derita tak kunjung sembuh maupun berkurang sama sekali maka segeralah memeriksakan gigi yang sakit ke dokter gigi, semogga bermanfaat.

Obat Sakit Gigi | jati | 4.5