Waspadalah masalah kesehatan ini saat menyetir


Waspadalah masalah kesehatan ini saat menyetir
Waspadalah masalah kesehatan ini saat menyetir

Waspadalah masalah kesehatan ini saat menyetir – Menyetir mobil adalah salah satu kegiatan wajar yang bisa dilakukan semua orang. Menyetir mobil sendiri memang memberikan banyak keuntungan karena Anda bebas pergi ke mana saja dan tak perlu menyesuaikan waktu dengan kendaraan umum. Meski begitu, ada juga efek buruk dari menyetir yang wajib diwaspadai.

Berikut adalah beberapa risiko kesehatan yang berkaitan dengan menyetir mobil. Beberapa di antaranya bisa berakibat fatal, seperti dilansir oleh Boldsky (20/09).

1. Kecelakaan
WHO melaporkan bahwa pada tahun 2010 tercatat 1,24 juta kematian di dunia terjadi akibat kecelakaan. Ini adalah salah satu risiko besar yang bisa berakibat fatal, bahkan menyebabkan kematian. Menyetir mobil harus dilakukan dengan kehati-hatian dan penuh fokus. Anda mungkin sudah berusaha berhati-hati, namun ada pengemudi lain yang menyetir dengan seenaknya. Karena itu, selalu waspada dengan pengendara lain di sekitar Anda ketika menyetir mobil.

2. Menyetir saat lelah
Menyetir saat lelah, misalkan setelah pulang bekerja atau ketika tak cukup tidur, bisa berbahaya. Ketika menyetir, Anda tak tahu kapan rasa ngantuk akan menyergap. Meski rasa kantuk hanya mempengaruhi satu sampai dua detik, namun jika itu terjadi ketika lalu lintas ramai, maka akan berakibat fatal.

3. Stres
Terlalu banyak masalah, pekerjaan, atau keadaan emosi yang tak stabil bisa memicu stres. Menyetir dalam keadaan stres juga bisa berbahaya. Ini bisa membuat fokus Anda teralihkan dan Anda menjadi tak waspada ketika menyetir.

4. Sakit punggung
Menyetir memang salah satu cara nyaman untuk berkendara. Namun terlalu banyak duduk saat menyetir dalam jarak yang jauh juga bisa menyebabkan masalah untuk kesehatan. Salah satunya adalah sakit punggung. Hal ini bahkan bisa terjadi ketika menyetir motor.

5. Lampu redup
Lampu redup adalah hal yang harus diwaspadai ketika menyetir. Lampu redup atau cuaca yang tak baik, seperti kabut, bisa mengganggu kemampuan menyetir Anda. Pastikan Anda mengemudi dengan pelan dan hati-hati atau menggunakan lampu yang terang agar tidak terjadi kecelakaan.

6. Asap kendaraan
Asap kendaraan lain yang masuk ke mobil Anda juga perlu diwaspadai. Asap kendaraan sangat beracun dan mengandung banyak bahan kimia di dalamnya. Sering menghirup asap semacam ini ketika berkendara lama-lama bisa merusak pernapasan Anda.

Itulah beberapa masalah yang harus diwaspadai ketika Anda menyetir mobil atau motor. Selalu fokuslah ketika menyetir kendaraan, dan jaga agar pikiran Anda tidak teralihkan oleh hal lain. Hindari masalah-masalah di atas agar terhindar dari kecelakaan dan masalah kesehatan saat menyetir.

Waspadalah masalah kesehatan ini saat menyetir | jati | 4.5