Manfaat Melatih Otot Leher Dan Tenggorokan


 Manfaat Melatih Otot Leher Dan Tenggorokan

 

Otot pada wajah kehilangan elastisitas dari waktu ke waktu sehingga penampilan dan keriput mulai berkembang sesuai dengan faktor usia yang bertambah.Otot dibagian leher dan tenggorokan menunjukkan kulit di bagian tersebut cenderung lebih cepat mengalami  penuaan daripada wajah sehingga membutuhkan perhatian lebih dari pada otot wajah untuk mempertahankan elastisitas otot leher dan tenggorokan. Tak jarang pula banyak individu manusia rela menghabiskan banyak uang  sekedar untuk merawat/mengencangkan otot-otot yang telah mengendur untuk kesempurnaan penampilan, terutama otot di bagian leher dan tenggorokan.

Berikut adalah beberapa latihan untuk menguatkan otot leher dan tenggorokan.

  • Sementara duduk tegak, miringkan kepala ke belakang melihat langit-langit. Jaga bibir tetap tertutup dan santai. Kerutkan bibir Anda seolah-olah mencium langit-langit tahan posisi Anda selama 10 hitungan, rileks, kemudian kembali ke posisi normal dan ulangi sampai 5 kali.

  • Sambil duduk tegak dengan kepala melihat langit-langit, menjaga bibir tertutup dan santai. Buka bibir dan menjulurkan lidah seolah-olah mencoba menyentuh dagu tahan posisi Anda lidah selama 10 hitungan, kembali  rilek dan kembalikan kepala ke posisi normal.

  • Sambil duduk tegak dengan kepala melihat langit-langit, menjaga bibir tertutup dan santai. Kemudian pindahkan bibir bawah di atas bibir atas tahan posisi sampai hitungan 5, lepaskan  dan ulangi posisi ini hingga  5 kali.

  • Sementara duduk tegak, memindahkan wajah depan dan menjaga bibir bersama-sama. Pisahkan gigi dengan menjatuhkan rahang dan mendorongnya maju sampai 10 hitungan. Kembali dengan posisi awal dan ulangi 5 kali.

  • Sambil berbaring di tempat tidur, menggantung kepala ke bawah di tepian. Perlahan-lahan arahkan kepala ke arah badan hingga 10 hitungan. Bersantai dan menurunkan kepala ke arah lantai dan ulangi posisi Anda  sampai 5 kali.

Untuk menjaga elastisitas otot tenggorokan dan leher lakukan latihan seperti diatas setiap hari. Latihan seperti yang di paparkan diatas tidaklah membutuhkan waktu yang banyak, sehingga Anda cukup melakukanya di mana saja dan kapan saja.

Manfaat Melatih Otot Leher Dan Tenggorokan | jati | 4.5