Perawatan Penting pada Gigi Palsu


 Perawatan Penting pada Gigi Palsu

Karena berbagai sebab, seseorang bisa saja kehilangan satu atau beberapa giginya. Nah, gigi palsu merupakan salah satu jenis gigi tiruan yang bisa menjadi solusi bagi Anda semua. Bagi para remaja maupun yang sudah lanjut usia, gigi palsu bisa membantu Anda untuk mengunyah makanan dan juga meningkatkan estetika. Meskipun gigi palsu bisa menjadi solusi bagi penampilan Anda, namun jika keberadaannya tidak dirawat dan tidak dijaga, maka gigi palsu justru akan menjadi bumerang buat Anda sendiri.

Ada dua jenis gigi palsu yang bisa menjadi pilihan Anda, yakni gigi palsu permanen dan tidak permanen. Gigi tiruan permanen adalah gigi palsu yang tertanam secara permanen dalam gusi, sedangkan gigi palsu tidak permanen adalah gigi palsu yang bisa dilepaskan atau dipasang kembali sesuai keinginan Anda. Harga pemasangan gigi palsu tidak permanen biasanya lebih murah daripada gigi palsu permanen. Karena itu, sebelum memutuskan untuk memasang gigi palsu permanen, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal agar tidak menyesal di kemudian hari. Namun, apapun itu, Anda tetap wajib mengetahui perawatan penting pada gigi palsu untuk menghindarkan Anda dari dampak buruk yang tidak diinginkan.

Perawatan penting pada gigi palsu dilakukan karena beberapa alasan, yakni mencegah kerusakan gigi palsu akibat kuman atau plak, warna gigi palsu yang kusam, mencegah timbulnya bau mulut yang menyengat, dan lain-lain. Nah, agar lebih jelasnya, simak beberapa tips merawat gigi palsu berikut ini :

Perawatan gigi palsu permanen, diantaranya :

  • Bersihkan gigi palsu setelah selesai makan dan sebelum tidur.
  • Untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih terselip pada gigi, Anda bisa berkumur dengan obat kumur.
  •  Check up ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk pembersihan secara keseluruhan dan memeriksa kelayakan gigi tiruan Anda.

Perawatan gigi palsu non permanen, diantaranya :

  • Lepaskan gigi palsu Anda, kemudian sikat sampai bersih dengan sikat khusus yang berbulu lembut.
  • Sebelum menggunakan gigi palsu, ada baiknya jika Anda menyikat bagian gusi, lidah dan juga langit-langit. Hal itu untuk menghindarkan gigi palsu dari paparan kuman yang dapat merusak gigi.
  • Cuci gigi palsu Anda untuk membersihkan sisa makanan, kotoran dan juga bakteri yang melekat. Caranya bisa dilakukan dengan cara melepas gigi palsu, kemudian merendamnya selama 4 hingga 8 jam di malam hari.
  • Gantilah gigi palsu Anda setiap lima tahun sekali
  • Rutin periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk memastikan kesehatan dan kelayakan gigi palsu Anda.

Semoga informasi tentang Perawatan penting pada gigi palsu diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Perawatan Penting pada Gigi Palsu | jati | 4.5