Tanaman Yang Baik Dan Dilarang Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui


 Tanaman Yang Baik Dan Dilarang Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

 Hamil dan menyusui merupakan masa yang paling menyenangkan sekaligus menghawatirkan bagi ibu. Kenapa? Karena biasanya banyak sekali yang menjadi anjuran dan pantangan bagi ibu hamil dan menyusui. Saat hamil dan menyusui, mereka harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang baik bagi ibu dan juga bayinya. Nah, sumber makanan yang terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui tersebut kebanyakan berasal dari tanaman. Untuk itu, seorang ibu yang cerdas akan berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tanaman yang baik dan dilarang untuk ibu hamil dan menyusui.

Sebelum mengetahui tanaman yang baik dan dilarang untuk ibu hamil dan menyusui, tidak ada salahnya jika kita mengetahui hal-hal yang wajib dilakukan untuk ibu hamil dan menyusui berikut ini :

Saat hamil, Anda wajib memeriksakan kehamilannya ke dokter kandungan secara rutin. Dari sini kita bisa berkonsultasi mengenai apa yang diperbolehkan dan apa yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil.

Saat menyusui, Anda wajib mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai apa yang boleh dikonsumsi dan dilarang untuk ibu menyusui dari berbagai sumber, misalnya : buku, majalah, dan internet. Namun, hal yang paling mudah adalah dengan cara mendatangi klinik laktasi karena disini Anda bebas bertanya kepada petugas laktasi tentang seputar proses menyusui.

Setelah mengetahui hal-hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil dan menyusui, maka berikut ini merupakan daftar tanaman yang baik dan dilarang untuk ibu hamil dan menyusui :

Tanaman yang baik untuk ibu hamil dan menyusui diantaranya harus mengandung vitamin dan zat-zat yang dibutuhkan untuk ibu hamil dan bayinya, diantaranya :

Sayuran, misalnya : bayam, sawi, kangkung, brokoli, selada, wortel, asparagus, katuk, labu siam, dan lain-lain

Kacang-kacangan, misalnya : kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai, dan lain-lain.
Buah-buahan yang kaya vitamin, misalnya jeruk, alpukat, apel, mangga, pepaya, dan lain-lain.
Sedangkan tanaman yang dilarang untuk ibu hamil dan menyusui adalah tanaman yang apabila dikonsumsi maka akan menimbulkan dampak negatif bagi ibu maupun janin, diantaranya :

Buah-buahan yang mengandung gas dan alkhohol, diantaranya adalah : Nanas, durian, cempedak, dan nangka. Karena buah-buahan tersebut menimbulkan efek panas di perut, menyebabkan kembung, dan rasa tidak nyaman di perut ibu hamil maupun bayi.

Tanaman yang memiliki rasa pedas, misalnya cabe rawit karena apabila dikonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan diare, kembung, bahkan sakit mata pada bayi (belekan)

Ternyata ada tanaman yang baik dan dilarang untuk ibu hamil dan menyusui. Setelah mengetahuinya, selanjutnya bisa digunakan sebagai informasi yang bermanfaat demi kesehatan Anda semua.

Tanaman Yang Baik Dan Dilarang Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui | jati | 4.5