Gugusan Karang Keren di Pulau Salah Namo, Sumut


Gugusan Karang Keren di Pulau Salah Namo, Sumut

Saat liburan ke Pulau Salah Namo di Tanjung Tiram, Sumatera Utara, pasti akan melihat pemandangan unik. Di sebelah pulaunya, ada gugusan karang yang terlihat keren.

Pulau Salah Namo atau dikenal juga dengan sebutan Pulau Salah Nama adalah salah satu pulau yang berada di Selat Malaka. Pulau ini secara administratif termasuk ke dalam Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Pulau Salah Namo merupakan salah satu spot wisata andalan kabupaten Batu Bara selain Pulau Pandang. Air laut yang biru dan dengan tersebarnya terumbu karang di sekitar pulau ini membuat kegiatan wisata utama di pulau ini adalah fishing, diving dan snorkeling.

Uniknya, di sebelah Pulau Salah Namo ini terdapat gugusan batu karang yang mencuat dari dasar laut dan terpisah dari pulau utama. Gugusan karang ini terlihat sangat kokoh meskipun setiap hari diterjang ombak dan arus.

Namun, lokasi di sekitar gugusan karang ini cukup berbahaya. Karena pusaran air di tempat ini cukup deras akibat dari arus air yang tertahan gugusan karang sehingga arus air berputar-putar di tempat ini.

Namun tak perlu khawatir, karena dari Pulau Salah Namo kita dapat melihat gugusan karang ini dengan cukup jelas. Di pulau telah disediakan spot yang khusus mengarah ke gugusan karang tersebut. Spot tersebut bentuknya seperti dermaga kecil dengan pondok kecil di ujungnya. Dari spot ini gugusan karang tersebut telihat makin keren.

Gugusan Karang Keren di Pulau Salah Namo, Sumut | jati | 4.5