Contoh Naskah DRAMA untuk 6 orang

Contoh Naskah DRAMA untuk 6 orang


Contoh Naskah DRAMA untuk 6 orang - Ketika kita akan dihadapkan pada sebuah pementasan drama baik itu di pentas drama di lingkungan sekolah, kampus atau lain sebagainya pasti ada hal yang pertama kali harus di persiapkan agar sebuah drama bisa berjalan dengan lancar serta pesan moral yang akan kita sampaikan bisa diterima dengan baik oleh audiens yaitu sebuah naskah drama. Oleh karena itu, di perlukan adanya naskah drama agar kalimat demi kalimat mempunyai alur yang jelas sehingga pesan yang akan disampaikan dapat diterima oleh khalayak terutama pemeran agar memperoleh penjiwaan. Biasanya dalam membuat naskah drama, kita membutuhkan referensi yang sesuai tergantung dari berapa pemeran yang akan terlibat. Misalnya contoh naskah drama 6 orang.

Dalam sebuah drama pementasan biasanya para pemeran yang terlibat tidak terlalu banyak tergantung ada berapa pemeran yang dibutuhkan. Berikut adalah contoh naskah drama 6 orang. Adapun drama kali ini mengisahkan tentang suatu kejadian yang mana dalam kejadian tersebut berisi tentang seorang pelajar yang selalu datang terlambat ke sekolah. Nah, berikut adalah alur skenario drama tersebut.
Contoh Naskah DRAMA untuk 6 orang
Contoh Naskah DRAMA untuk 6 orang


Skenario Drama:

1. Tema Drama: Kedisiplinan
2. Ritma Cerita Drama:

I) Exposisi: Reza
: Dodit
: Pak satpam
: Bayu
: Riska
: Sinta
I) Permasalahan
Reza terlambat datang ke sekolah karena pada malam harinya bergadang hingga tengah malam.
II) Komplikasi
Dodit teman sekelas reza yang juga datang terlambat mengajaknya bolos masuk jam pelajaran pertama
III) Catatan I
Reza dan Dodit kepergok oleh Bu Riska ketika akan pergi ke kantin untuk bolos
IV) Catatan II
Bu Riska membawa mereka ke guru matematika yaitu Bu Sinta, dan mereka pun memberikan hukuman push up kepada Reza dan Dodit agar ada efek jera
V) Kesimpulan
Reza dan Dodit menyadari kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi

3. Karakter
Protagonis: Reza
Antagonis: Dodit
Tritagonis: Bu Rizka (guru BP)
Figuran: Bayu, Pak Satpam, Sinta

4. Latar
a. Tempat/Depan kantin, depan kelas
b. Waktu/ Kejadian pagi hari
c. Sosial

Reza datang ke sekolah terlambat karena semalam bermain game online hingga larut malam.

Naskah Drama

Disuatu pagi hari sekitar jam 07.30. Suasana sekolah sudah mulai sepi karena semua siswa sudah masuk kelas, pintu gerbang sekolah pun hampir di tutup.

Reza  : pak satpam tunggu (sahut reza sambil berlari menuju pintu gerbang)

Pak satpam : kamu? Jam berapa ini, jam segini baru dateng

Reza  : maaf Pak, saya kesiangan, tolong bukakan pintu nya pak, please!!!!

Tiba-tiba datang temen sekelas reza yaitu dodit yang pada pagi itu juga datang terlambat

Dodit  : tunggu.....(melambaikan tangan kearah pak satpam sambil berlari)

Pak satpam : kamu juga datang terlambat, ngga punya jam apa di rumah

Dodit  : maaf pak, ijinin kami masuk pak, sekali ini aja, please!!!

Reza dan dodit pun sedikit memelas agar bisa di beri ijin masuk oleh pak satpam

Pak satpam : ya udah, masuk, tapi awas jangan di ulangi lagi, nanti saya di tegur kepala sekolah
Siap pak...(sahut mereka berdua)

Di tengah perjalanan masuk kelas yang terletak di lantai dua, mereka berdua sedikit melakukan pembicaraan, Dodit sambil berjalan santai sedangkan reza sedikit tergesa-gesa sambil berjalan cepat, tiba-tiba Dodit merencanakan sesuatu agar tidak masuk kelas jam pertama.

Dodit  : santai aja kali za....buru-buru amat
Reza  : yah, lu....udah telat masih bisa bilang santai
Dodit  : memang sekarang jam berapa?
Reza  : 07. 45 menit, mana pelajaran matematika lagi
Dodit  : wah, hampir telat 1 jam nih kita
Reza  : itu lu tau Dit...
Dodit  : gw punya ide nih...gimana kalo kita bolos jam pelajaran pertama
Reza  : ah....gila lu, ngga mau gw
Dodit  : yaelah lu, kaku amat, emang lu mau kena hukuman sama Bu Sinta guru matematika kita? emang lu mau juga di sorakin sama temen-temen gara-gara kita di strap di depan kelas?
Reza  : hmmmm....iya juga sih, kaga mau lah gw
Dodit  : ya udah, mendingan lu ikut gw aja ke kantin, sambil nunggu pelajaran selanjutnya ngopi-ngopi aja dulu kita....hehe
Reza  : ok deh....gw juga belum sarapan soalnya, tapi lu yang traktir ya....

Dodit  : iya deh...

Akhirnya mereka berdua pun lebih memilih untuk pergi ke kantin ketimbang harus memasuki kelas. sambil mengendap-ngendap, mereka pun berjalan menuju arah kantin. Dan ketika sudah hampir sampai di depan kantin, tiba-tiba ke pergok Bu Riska (guru BP) di depan tangga. Kebetulan lokasi kantin bersebelahan dengan tangga menuju lantai atas.

Bu Riska : ehmm....mau kemana kalian, ko pada bawa tas?
Dodit  : eh..ibu, anu Bu, kita mau ke toilet (sambil sok akrab)
Reza  : iya..Bu...hehe
Bu riska  : emang ke toilet harus bawa tas ya..? jangan bohong kalian, saya tau kalian mau bolos masuk kelas kan?
Reza  : lu sih dit....(suara pelan sambil menyenggol badan dodit dengan bahu)
Bu riska  : kenapa ngga langsung masuk?
Reza  : kami telat Bu?
Bu riska  : udah tau telat, terus kalian mau pada bolos pergi ke kantin gitu?
Bu riska  : mata pelajaran apa kamu sekarang?
Dodit  : matematika Bu? Habisnya gurunya galak...
Bu riska  : udah tau galak, kenapa kalian bikin gara-gara?
Dodit  : Kami kan telat ngga disengaja bu....cuman bangunnya aja kesiangan
Bu riska  : yang lain aja bisa bangun pagi, masa kalian ngg bisa?
Reza  : bisa sih bu, cuman semalem saya ke asikan main game online jadi tidurnya larut malem
Dodit  : bener bu....saya juga sama
Bu Riska : ya udah, ibu anter kalian masuk kelas
Dodit  : yah... Bu, nanti saya di hukum
Bu Riska : ya itu sih resiko kamu.....makanya harus tau waktu, kapan waktunya belajar, kapan waktunya main game, kapan waktunya tidur...
Reza  : iya bu...maaf

Akhirnya, mereka pun di anter oleh Bu Riska untuk mengikuti pelajaran matematika. Setelah sampai dan berada di depan pintu kelas tok...tok...tok....(mengetuk pintu).
Masuk...(sahut Bu Sinta)

Bu Riska : Bu, ini saya memergoki anak didik ibu yang mau mencoba pergi ke kantin, mau pada bolos kelihatannya.

Bu Sinta : hmm....kalian, bikin gara-gara aja
Reza  : maaf bu...ide dodit nih
Dodit  : ah..lu

Bu Riska : ya udah Bu, saya permisi dulu ada urusan, terserah ibu mereka berdua mau di apain (sambil bercanda)

Bu Sinta : ya udah Ibu ijinin kalian masuk, tapi kalian ibu hukum dulu
Reza  : yah...Bu ( sambil memelas)
Bu Sinta : push up 20 kali
Dodit  : ngga kebanyakan Bu?
Bu Sinta : cepetan...lakukan

Dengan sorakan dari teman-teman, akhirnya mereka pun menjalankan konsekuensi hukuman yang di berikan Bu Sinta karena kesalahan yang mereka lakukan. Dan merekapun tersadar bahwa ketidakdisiplinan akan merugikan diri mereka sendiri. Akhirnya mereka berdua di perbolehkan masuk untuk mengikuti pelajaran.

Bu Sinta : enak kan datang terlambat? Silahkan kalian masuk
Makasih Bu....(sahut mereka berdua)
Bayu  : kaga biasanya lu za datang telat
Reza  : kesiangan gw, gara-gara maen game sampe malem
Bayu  : lagian lu ngga tau waktu
Reza  : iya....gw sadar
Advertisements
Back To Top