Contoh surat dinas TERBENAR DAN TERLENGKAP

Contoh surat dinas TERBENAR DAN TERLENGKAP



Contoh surat dinas TERBENAR DAN TERLENGKAP - Contoh surat dinas resmi yang benar dan baik ~ Sebuah surat dinas resmi diperlukan saat sebuah instansi sekolah, OSIS ataupun pemerintah memberikan perintah, undangan ataupun lainnya, Perintah atau undangan yang dituangkan dalam sepucuk surat memberikan kesan resmi yang baik. Tentunya haruslah diperhatikan tata bahasa yang baik dan benar pula agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dalam menanggapi amanat tersebut.

Setiap organisasi kepemerintahan pasti memerlukan surat dinas untuk memberikan perintah baik atasan ke bawahan ataupun bawahan ke atasan. Jadi surat dinas itu sendiri  adalah surat yang digunakann sebagai alat komunikasi di dalam sebuah instansi kelembagaan ataupun kepemerintahan. Surat dinas sering juga disebut dengan surat resmi karena mempunyai fungsi dan tujuan yang sama yaitu jelas dan dapat dipertanggung  jawabkan keaslian dan keutuhannya. Namun memang untuk saat ini surat sudah jarang digunakan sebagai bahan komunikasi karena sudah tergantikan dengan media-media sosial yang semakin hari semakin canggih sehingga keberadaan surat ini memang sudah jarang digunakan lagi namun untuk hal yang formal seperti kelembagaan apalagi kepemerintahan ini diperlukan surat yang resmi agar terlihat lebih formal dan sopan karena apabila menggunakan handphone atau melalui sosial media akan terlihat kurang sopan dan tidak profesional. sebelum ke tinjauan pokok  saya akan menjelaskan dahulu tentang bentuk-bentuk dari surat dinas untuk memudahkan anda dan dapat membedakan berbagai macam-macam surat dinas.
Contoh surat dinas TERBENAR DAN TERLENGKAP


Berikut beberapa bentuk macam surat dinas yang digunakan diinstansi pemerintah di Indonesia:

Bentuk setengah lurus dengan posisi alamat surat dan ditempatkan disebelah kanan atas dibawah loka dan tanggal surat, bentuk surat resmi yang satu ini disebut juga bentuk surat dinas lama.
Bentuk setengah lurus dan memiliki ciri-ciri yang lebih khusus tertuju pada surat-surat dinas ekslusif seperti surat pengantar, surat instruksi, surat tugas, surat keputusan dll.
Bentuk setengah lurus dengan alamat surat dituliskan pada bagian kiri setelah nomer, lampiran, dan perihal surat. Bentuk surat ini merupakan bentuk pengembangan dari bentuk surat dinas lama sehingga bentuk surat ini disebut juga surat pengembangan Indonesia baru.

Suatu surat dapat dikatan surat dinas apabila surat ini memiliki ciri-ciri dibawah ini.
Ciri-ciri surat dinas :
Menggunakan bahasa yang baku
Memiliki kepala surat (nama instansi beserta alamatnya)
Memiliki nomer surat dan tanggal surat
Memiliki perihal, yakni maksud dan tujuan surat tersebut
Lampiran
Boleh memiliki tembusan

Selain memahami ciri-ciri sebuah surat dinas anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini,

Berilkut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat resmi :

Menulis setiap bagian surat dengan aturan penuliran yang benar

Setiap bagian surat harus ditulis sesuai dengan aturan yang berlaku dari mulai ukuran huruf ,jenis huruf, ukuran kertas dan warna huruf.

Pesan

Pesan surat yang disampaikan harus jelas supaya pembaca benar-benar memahami isi dari tujuan surat yang anda kirim dengan menggunakan sifat bahasa yang baku, singkat, jelas dan padat.

Memahami kedudukan masalah yang dikemukakan

Agar tidak terjadi kesalahan pendapat maka si penulis surat harus benar-benar memahami kedudukan masalah pokok yang dihadapi.

Pengirim surat

Ketika membaca surat yang perlu anda perhatikan yakni adalah dari siapa surat itu datang, karena dengan mengetahui  latar belakang surat tersebut sikap respon terhadap surat itu sendiri berpengaruh besar.

Penerima surat

Penerima surat adalah orang yang menerima surat, pengirim surat harus mengetahui dan memahami sasaran dari surat yang dituju entah itu kepada atasan ataupun bawahan dengan tujuan mempermudah penyampaian maksud dan tujuan penulis

Saluran

Saluaran adalah sebuah jalur yang digunakan dalam surat untuk melampaui surat misalnya karena menggunakan prangko ataupun melalui kurir, harus menandatangani tanda penerimaan sebagai bukti surat telah sapai ditangann penerima.

Setelah anda memahami semua ciri dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam cara pembuatan surat dinas, kini yang perlu anda perhatikan kembali yaitu bagian bagian dan cara membuat surat dinas yang baik dan benar, berikut bagian-bagian dan funsgsi dari surat dinas :

Kop surat

Kop surat atau kepala surat terletak pada bagian atas lembaran surat, kop surat ini berisi mengenai bukti diri instansi atau lembaga yang bersangkutan.

Nomor surat

Syarat surat dinas yang lainnya yaitu harus mempunyai atau menyertakan nomor surat didalam nya, tujuannya sebagai bukti pengarsipan. Biasanya didalam surat tulisan “Nomor” sering disingkat menjadi “NO”

Tanggal surat

Kekeliruan yang sering terjadi dalam pembuatan surat dinas adalah pada lembaran kertas yakni pada kepala surat dengan menuliskan nama kota terlebih dahulu, yang harus anda ketahui dalam penulisan surat dinas penulisan kota tidak perlu karena sudah tercantum didalam kepala surat. Dan untuk penulisan bulan tahun dan tanggalnya pun tidak boleh disingkat misalnya bulan juni menjadi jun ataupun tanggal menggunakan angka romawi.

Lampiran

Pada surat dinas kepemerintahan kata lampiran dicantumkan dibawah kata nomor dan cantumkan berapa berkas atau lembar surat yang dilampirkan.

Perihal surat

Perihal surat adalah inti isi maksud dan tujuan sebuah surat dikirim, bagian perihal ini dibuat untuk memudahkan si penerima untuk mengetahui maksud dan tujuan pengiriman surat tetapi ingat untuk tulisan didalam perihal ini tidak usah merangkai kata terlalu panjang cukup garis besar dari tujuan surat dinas nya itu sendiri dibuat.

Alamat surat

Alamat surat pada surat dinas biasanya terletak pada bagian luar sampul surat dan didalam lembaran surat didalamnya pun juga harus tercantum. Adapun untuk penulisan alamat suratnya sebaiknya diawali dengan sebutan sipenerima surat misalnya Ibu, bapak ataupun saudara. Apabila nama gelar atau jabatan akan dicantumkan maka untuk kata ibu, bapak atau saudara tidak perlu dicantumkan.

Salam pembuka

Salam pembuka didalam surat resmi ataupun surat dinas adalah sebuah tatakrama kesopanan dan penghormatan pengirim surat kepada penerima surat.

Badan surat

Untuk badan atau isi surat ini terdiri dari beberapa bagian lagi, yakni paragraf pembuka sebagai kata-kata pengantar ataupun ucapan salam, isi surat dan penutup sebagai penegasan dari isi suratjuga ucapan salam dan tanda terimakasih.

Salam penutup

Salam penutup dimaksudkan sebagai penghargaan dan penghormatan pengirim surat untuk penerima.

Nama instansi

Penulisan nama instansi dilakukan jika menggunakan stempel yang berbentuk bulat apabila stempel berbentuk kotak atau sebaginnya hal ini tidak diperlukan.

Nama dan tanda tangan pengirim surat

Dalam penandatanganan surat dinas biasanya yang melakukannya adalah pimpinan dari sebuah lembga atau instansi yang bersangkutan.

Tembusan

Tembusan terletak dikiri bawah diaatas tanda tangan.

Kali ini saya akan share contoh surat dinas resmi yang benar dan baik, agar dapat dijadikan referensi untuk Anda yang memerlukannya,

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1234 JAKARTA
Jl. Jaya 123 Jakarta, telp. (021) 555-12345

                                                                                      Jakarta, 20 September 2014
Nomor    : 299/smp249/2014

Lampiran : -
Perihal     : Undangan Wali Murid

                                                                                      Yth. Orang Tua / Wali Murid
                                                                                         SMP Negeri 1234 Jakarta,

Assalamu'alaikum Wr. Wb., salam sejahtera bagi kita sekalian
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP Negeri 1234 Jakarta, Kami pengurus OSIS akan melakukan acara santunan kepada anak yatim piatu, dan mohon kiranya para Orang Tua / Wali Murid dapat berpartisipasi dalam memberikan sumbangan, oleh karena itu kami mohon kehadirannya pada :

Hari / tanggal    :  Senin / 22 september 2014
Tempat             :  Aula Serba Guna SMP Negeri 1234
Acara               :  Partisipasi dari Orang Tua / Wali Murid

Mengingat pentingnya acara tersebut, dimohon kehadirannya tepat pada waktunya, demikian undangan ini, atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan terimakasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

                      Mengetahui,                      
Kepada Sekolah SMP Negeri 1234 Jakarta                               ketua OSIS

                       Murdiono                                                           Samson Galau
          NIP : 122133144155166

Contoh surat dinas resmi


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
KABUPATEN BREBES

                                                                                            Brebes, 20 September 2014
Nomor           : 010 / DPO / V / 2014
Lampiran      : -
Perihal           : Undangan

                                                                                             Yth. Sdr. Raul Simanjuntak
                                                                                             Jl. Ambasador No. 123
                                                                                             Brebes

Dengan hormat,

Kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat yang akan diadakan pada:
Hari              : Senin , 22 September 2014
Tempat         : Aula Serba Guna ,  Kab. Brebes
Waktu           : 10.00 – 12.00 WIB
Acara            : Dengar pendapat dengan Dewan DPRD Kab. Brebes

Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih

                                                                                             Hormat kami,
                                                                            Kepala Dinas DikPoRa Kab. Brebes

Sebuah surat dinas resmi harus menggunakan kop surat yang resmi pula, tata letak penulisan dapat digeser atau dirubah sesuai dengan kebutuhan dan tetap memperhatikan tata bahasa yang baik dan benar. Demikian contoh surat dinas resmi yang benar dan baik, semoga dapat bermanfaat.
Advertisements
Back To Top