Macam macam batu akik TERLENGKAP & TERMAHAL

Macam macam batu akik TERLENGKAP & TERMAHAL


Macam macam batu akik TERLENGKAP & TERMAHAL -  Trend Batu Akik atau Batu Mulia melanda Indonesia, Banyak para kolektor mengoleksi berbagai jenis batu akik mulai dari jenis yang paling indah, laris dan dicari saat ini seperti jenis batu akik kecubung, sulaiman, Bacan, Kalimaya (Black Opal), Merah Delima, Blue Safir dan lainnya.

Sebagian orang menyatakan demam trend ini hampir sama ketika bunga Anthurium jenis Gelombang Cinta, Jenmani Cobra, dan jenis lainnya ketika di tahun 2007 terjadi booming tanaman hias.

Tahukan Anda darimana asalnya kata akik itu? Menurut kamus istilah geologi yang disusun oleh M.M. Poerbohadiwidjojo, kata akik asalnya dari kata agate atau agat yang berupa sejenis mineral silika (SIO2) yang biasanya disebut Kuarsa Amorf atau Kriptokristalin. Warna dari jenis batu ini terbentuk secara alami melalui proses pembentukan batu di dalam bumi.  

Macam macam batu akik TERLENGKAP & TERMAHAL


Bagaimana cara memeriksa dan mengetahui keaslian batu akik?
Jika Anda kolektor atau penggemar berat Batu akik dan mencari jenis-jenis tertentu batu akik yang harganya tergolong cukup mahal maka disarankan untuk cara yang paling aman sebaiknya batu akik tersebut memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi Batu Mulia yang cukup terkenal di Indonesia seperti:

-GRI Lab (Gem Research International Lab, yang berkantor pusat di Batu Ceper 4 no 6L Jakarta Pusat.
-Jakarta Gems Center (JGC), berkantor pusat di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur tepatnya di lantai 2.
-AGL (Adam Gemological Laboratory),  yang berada di Apartemen istana Harmoni lantai ½ A, Kimplek Harmoni Plaza, Jakarta Pusat.

Contoh Sertifikat Batu Mulia
Namun batu yang ada di pasaran hanya sebagian kecil saja yang memiliki sertifikat, untuk mengatasi hal tersebut berikut kami berikan beberapa tips berikut ini:

a.  Memeriksa keaslian batu akik secara alami :

-Jika batu asli terkena air atau minyak dan kemudian diusap maka cairan tersebut tidak akan berbekas.
-Batu asli jika disulut dengan bara api rokok atau dibakar dengan menggunakan korek api maka batu    tersebut tidak akan terjadi perubahan wana seperti kelihatan gosong atau meleleh, jika dibakar dalam -waktu agak lama akan mengeluarkan cairan berwarna coklat.
-Jika batu asli tersebut kita tempelkan di pipi maka akan terasa dingin.
-Batu sintetis umumnya bening seperti kaca dan tidak akan terlihat serat-serat di dalamnya.
-Batu sintetis akan mudah tergores atau lecet jika terjatuh atau bergesekan dengan benda keras lainnya.

b.  Menguji keaslian batu akik dengan menggunakan alat:

-Menggunakan Presidium Gem Tester, alat ini sangat akurat untuk menguji keaslian batu, cara kerjanya yaitu gunakan pena tester alat ini, jika jarum bergerak ke arah hijau maka batu tersebut adalah asli, jika jarum bergerak hanya setengahnya atau bahkan tidak bergeraksama sekali maka batu tersebut adalah palsu atau sintetis.
-Menggunakan Diamond Selector, cara kerjanya hampir mirip dengan alat di atas namun lampu indikatornya jika berwarna merah maka batu tersebut asli, jika indikator berwarna hijau atau kuning atau tidak menyala maka batu tersebut adalah palsu.
-Kaca Pembesar, alat ini sangat membantu untuk melihat kandungan serat yang ada di batu akik tersebut, juga memeriksa jika ada gelembung udara yang biasa terdapat di batu akik sintetis.
-Lampu Senter, alat ini biasa digunakan sama seperti kegunaan kaca pembesar di atas. 


Jika kita amati bahwa di pasaran beredar begitu banyak ragam nama batu akik sehingga membuat sebagian konsumen menjadi kebingungan, namun para ahli geologi menetapkan standarisasi internasional nama jenis batu mulia tersebut yang biasanya dipakai dalam sertifikasi batu mulia, dan istilah-istilah nama batu mulia yang biasa terdapat di Indonesia adalah sebagai berikut:

Intan (Diamond), Kecubung (Amethyst), Kecubung Es (Rock Crystal), Kecubung Teh (Smoky Quartz), Kecubung Hijau (Prasiolite Quartz), Badar Lumut (Green Jasper), Badar Tawon (Petrified Sea Coral), Mirah (Ruby), Zamrud Merah (Bixbite), Merah Delima (Ruby Star), Sungai Dareh (Idocrase), Bacan (Chrysocolla), Kalimaya (Opal), Giok (Jade), Akik (Agate), Safir Air (Lolite), Ruby Borneo/Merah Borneo (Rhodochrosite), Biduri Bulan (Moon Stone – White Sheen), Biduri Laut (Moon Stone Feldspar - Blue Sheen), Pirus (Turquoise), Badar Emas (Pyrite), Batu Raja (Chalcedony), Yaman (Chalcedony Agate).
 Macam-macam Jenis Batu Akik Paling Indah dan Dicari oleh  Kolektor

1. Jenis Batu Akik Kecubung Kalimantan
Jenis batu akik kecubung ini berasal dari Kalimantan dan yang yang terkenal antara lain:

Batu Akik Kecubung Wulung kalimantan

Batu Akik Kecubung Wulung kalimantan


Batu akik kecubung wulung dengan ciri khas bening berwarna ungu muda hingga ungu tua, warna yang paling diminati adalah seperti warna ungu terong karena lebih kemilau dan bersinar, asal batu ini dari Pangkalanbun Kalimantan.

Kualitas batu kecubung dari wilayah ini disinyalir memiliki kualitas terbaik jika dibandingkan dengan batu sejenis dari luar negeri seperti Brazil, Amerika Serikat maupun dari India.

Batu Akik Kecubung Teh
Batu Akik Kecubung Teh

Batu Akik Kecubung Teh, ciri khas batu berwarna kuning bening seperti air teh, kemilau warna kuning yang memancar dari batu ini terlihat sangat unik dan terkesan begitu esklusive.

Batu Akik Kecubung Tanduk
Batu Akik Kecubung Tanduk

Batu Akik Kecubung Tanduk, asalnya dari Kalimantan, nama batu ini sering juga disebut batu kecubung hitam atau kopi. Batu ini terlihat sangat mengkilap dan mempesona saat ketika sudah dipoles.


Batu Kecubung Air
Batu Kecubung Air

Batu Akik Kecubung Air, asalnya dari Kalimantan, dengan ciri khas batu kelihatan seperti air, jenis batu ini sangat paling diminati oleh pembeli karena harganya yang terjangkau dibandingkan dengan jenis batu kecubung lainnya.


Batu kecubung Es
Batu kecubung Es

Batu Akik Kecubung Es, memiliki serat seperti batu es, putih bening dan terlihat sangat mewah dan menawan.

Motif jenis akik ini sangat cocok dipakai baik oleh pria maupun wanita, dan memberikan kesan penuh wibawa kepada pemakainya.


2. Jenis Batu Akik Bacan
Batu Akik Bacan
Batu Akik Bacan

Batu Akik Bacan menjadi trend paling digemari dan dicari para kolektor batu permata bahkan para kolektor dari luar negeri berusaha untuk mengoleksi batu tersebut. Batu ini sumber aslinya berasal dari Pulau Kasiruta, Maluku Utara dan mulai terkenal di Indonesia sejak tahun 2005.

Batu ini memiliki tingkat kekerasan 7,5 skala Mohs jauh diatas batu akik giok, terdiri dari beberapa jenis yaitu Bacan Doko dengan ciri warna hijau tua, dan Bacan Palmea dengan warna hijau muda kebiruan.

3. Jenis Batu Akik Sulaiman
Batu Akik Sulaiman
Batu Akik Sulaiman

Jenis batu Akik Sulaiman terdiri dari beberapa jenis umumnya berwarna kuning, merah, atau kombinasi atara kedua warna tersebut. Menurut cerita Nabi Sulaiman pernah memakai batu akik jenis ini dan memiliki warna yang sangat menarik dan unik.

Menurut cerita batu akik ini dipercayai khasiatnya memberikan berkah kepada pemiliknya serta dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

Hampir di seluruh wilayah Indonesia dapat ditemukan sumber batu jenis ini. Batu Akik Sulaiman yang saat ini menjadi incaran kolektor adalah jenis madu, dan jenis lainnya antara lain: Daud, Wulung, Combong, Pancawarna, Susu, Derajat, Kurung, Kuning, Emas, Hijau, Biru, Hitam.

4. Jenis Batu Akik Kalimaya (Black Opal)
Batu Akik Kalimaya (Black Opal)
Batu Akik Kalimaya (Black Opal)

Batu Akik Kalimaya merupakan salah satu batu mulia yang saat ini banyak diburu oleh para kolektor. Batu ini berasal dari daerah Lebak Banten dan beberapa daerah mancanegara seperti Meksiko, Turki, Brazil dengan nama Black Opal.

Ada beberapa jenis batu akik ini antara lain: Kalimaya Susu, Kalimaya Kristal, Kalimaya Bensin, Kalimaya Kembang,  dan Black Opal, dengan variasi warna yang beragam seperti hijau, merah, biru, pink, coklat, biru kehijauan, putih membuat batu ini terkesan mewah dan mempesona.

Menurut mitos dan kabar dari beberapa sumber bahwa jenis batu akik ini khasiatnya sebagai asihan atau belas kasih dan meningkatkan kestabilan psikis kepada pemakainya.

5. Jenis Batu Akik Merah Delima
Batu Akik Merah Delima
Batu Akik Merah Delima

Batu Akik Merah Delima sebenarnya sudah terkenal sejak dahulu karena keindahan dan kemewahan yang terpancar dari kilauan warna merah dari batu ini.

Batu Akik Merah Delima yang beredar di pasaran saat ini adalah tergolong batu mulia jenis ruby. Jika kita pernah mendengar cerita para leluhur kita sebenarnya batu mulia merah delima yang asli hanya beberapa saja yang memilikinya dan tergolong jenis mustika dan cara memperolehnya juga melalui ilmu kekuatan ghaib.

6. Jenis Batu Blue Safir
Batu Akik Blue Safir
Batu Akik Blue Safir

Jenis batu mulia ini tergolong memiliki tingkat kekerasan yang hampir sempurna dengan nilai 9 skala Mohs, dan merupakan salah satu jenis batu mulia yang paling diincar oleh banyak kolektor. Keindahan yang terpancar dari warna biru dari batu mulia ini terlihat sangat mempesona dan ekslusive.

Jenis batu Blue Safir yang beredar dan populer diantaranya: Blue Safir Badar Mas, Ceylon Blue Safir Star, dan Vivid Blue Safir.
Advertisements
Back To Top