Macam-macam Batuan Beserta Gambar nya

Macam-macam Batuan Beserta Gambar nya


Macam-macam Batuan Beserta Gambar nya :
A. Batuan Beku
Batuan adalah salah satu jenis benda padat yang memiliki komposisi unsur-unsur kimia yang tetap dan tersusun atas bermacam-macam mineral sehingga tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Setelah mengetahui pengertian batuan, maka kita akan melanjutkan uraian mengenai batuan sebagai berikut uraiannya:
A.Proses Terbentuknya Batuan
1.     Magma sebagai induk dari segala batuan pembentuk litosfer.
2.     Karena proses pendinginan di lapisan dalam, permukaan bumi, atau pun di dalam korok, terjadi proses pembekuan magma menjadi batuan beku dalam, luar, dan korok.
3.     Melalui proses penghancuran tanpa perubahan susunan kimia dari batu asal, terbentuklah batuan sedimen klasik.
4.     Untuk pengendapan melalui proses kimia, hasilnya ialah sedimen kimiawi dan yang dilakukan oleh organisme, hasilnya disebut sedimen organik.
5.     Perubahan karena penambahan suhu menghasilkan batuan metamorf kontak, karena adanya tekanan terjadilah batuan metamorf dinamo, dan karena penambahan zat lain terbentuklah batuan metamorf kontak pneumatolik.
6.     Akhirnya batuan apapun yang telah bersinggungan dengan magma akan mengalami perubahan bentuk terlebih dahulu, jika keadaan memungkinkan, akan masuk kembali kedalam magma.

Batuan Beku
Batuan beku terbentuk dari magma yang keluar dari dalam bumi dan membeku karena proses pendinginan.

1.  Jika proses pembekuannya terjadi di luar kulit bumi disebut batuan beku luar. Contohnya : obsidian, basalt dan andesite.
2.  Jika proses pembekuannya terjadi di sela-sela lapisan kulit bumi disebut batuan beku sela atau batuan beku gang atau batuan beku korok.
3.  Jika proses pembekuannya terjadi di dalam bumi disebut batuan beku dalam atau batuan plutonik. Contohnya : granit, diorite, dan grabo.

Batuan Sedimen

B.Batuan Sedimen
Batuan sedimen terbentuk dari batuan beku atau zat-zat padat yang mengalami pelapukan dan kemudian diendapkan. Berdasarkan tenaga pengangkutnya, batuan sedimen dibedakan menjadi tiga:
1.     Batuan sedimen aeolis atau aeris: batuan sedimen yang terbentuk oleh tenaga angin.
2.     Batuan sedimen aquatis: batuan sedimen yang terbentuk oleh tenaga air.
3.     Batuan sedimen glasial: batuan sedimen yang terbentuk oleh tenaga gletser. Dalam batuan sedimen, kadang-kadang terdapat sisa-sisa binatang atau tumbuhanyang telah membatu.





Batuan Metamorf

C.Batuan Metamorf
Batuan metamorf berasal dari batuan beku dan batuan sedimen yang berubah bentuk. Perubahan bentuk terjadi karena batuan mendapat tekanan yang sangat besar dan pengaruh suhu tinggi. Contohnya batu kapur yang berubah menjadi batu marmer.
Advertisements
Back To Top