Cara mengatasi hasil cetakan printer canon tidak lurus

Cara mengatasi hasil cetakan printer canon tidak lurus




Cara mengatasi hasil cetakan printer canon tidak lurus. Jika anda menjumpai hasil cetak anda tidak lurus atau belok belok pada printer canon, jangan terburu buru ganti cartridnya. Hasil cetakan tidak lurus memang sering terjadi pada printer canon. Ini terjadi karena beberapa hal salah satunya plastic pita(encoder) panjang kotor bisa juga terkena tinta pada cartridge.

Plastic panjang (encoder) ini jika kotor akan mempengaruhi hasil cetakannya. Encoder ini berfungsi membuat hasil cetakan vertical atau cetakan garis lurus. Adapun decoder (lempeng plastic bulat) biasanya samping kiri printer canon berfungsi sebagai pembuat garis horizontal atau lurus kebawah.
Untuk mengatasi hasil cetakan tidak lurus sangatlah gampang. Anda tinggal bersihlan mika panjang tersebut dengan tisu yang di basahi air. Kadang kala encoder yang sudah di bersihkan tetap saja tidak bisa, jika iya, anda bisa mengantinya dengan yang baru. Encoder yang sudah terkena tinta biasanya sulit dibersihkan. Anda tinggal ganti encoder yang sejenis. Untuk membersihkannya sebaiknya hati-hati, karena jika di bersihkan terlalu keras akan menghapus garis-garis yang ada di encoder tersebut. Sebaiknya di gosok dengan pelan saja.
Cara mengatasi hasil cetakan printer canon tidak lurus

Berikut gambar encoder dan decoder canon



Jika semua sudah di bersihkan hasil masih tidak lurus, bisa jadi cartridnya. Namun sepengetahuan saya ini jarang terjadi. Sebelum melakukan pergantian sebaiknya anda mencoba cara diatas. Hasil cetakan tidak lurus akan sangat kelihatan ketika kita menggunakan exel atau cetakan tabel. Untuk cetakan tulisan biasa (selain tabel ) mungkin tidak kelihatan. Tidak ada salahnya jika anda mencoba cara diatas dulu. Cara membersihkannya cukup mudah. Anda tinggal buka tutup printer canon anda dan bersihkan pelan-pelan dengan tisu yang sudah di basahin.
Advertisements
Back To Top