Cara Menghemat Baterai Notebook

Cara Menghemat Baterai Notebook



Cara Menghemat Baterai Notebook - Semakin hari, notebook semakin dilengkapi dengan berbagai komponen yang lebih ringan, lebih baik, lebih cepat. Tetapi tetap saja yang menjadi titik kelemahan adalah disisi baterai.

Saat perjalanan panjang dan ingin sambil bekerja atau browsing dengan notebook, satu hal yang dipikirkan tentu saja sampai kapan notebook tersebut bisa menyala sebelum harus melakukan charge ulang lagi.

Pertanyaan ini hampir ditanyakan oleh semua orang. Jawabannya semuanya hampir sama. Kekuatan baterai itu tidak sama dengan apa yang diiklankan. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Berikut Tip Menghemat Baterai Notebook
http://www.jatikom.com/2016/04/cara-menghemat-baterai-notebook.html

Pilih Skema Daya
Pilihan skema daya sangat penting karena bisa sangat membantu anda dalam menghemat penggunaan baterai. Caranya
1. Buka control panel pilih power options
2. Selanjutnya pilih opsi Power Saver dan klik Change plan settings
3. Dibagian On battery, tentukan waktunya sesuai kebutuhan Anda lalu klik Save changes.
Apabila anda mengaktifkan opsi Power saver, perfoma dan brightness notebook anda akan menurun, jika anda ingin perfomanya meningkat lagi aktifkan opsi High performance.

Kurangi Efek Visual
Efek visual tentu memberikan sebuah kesan yang eye ctaching dimata pengguna. Efek visual tersebut bisa berupa animasi, shadow, preview dan lainnya. Tapi disisi lain efek ini juga turut berperan serta menghabiskan daya tahan baterai.
1. Buka Control Panel pilih System
2. Dikolom sebelah kiri klik Advanced system settings
3. Pilih tab Advanced dan klik settings
4. Lalu pilih opsi Custom dan beri ceklist pada dua opsi terakhir saja yaitu “Use drop shadows for icon labels on the desktop” dan “Use visual styles on window and buttons”
5. Lalu klik OK

Matikan Dekstop Gadget
Di Windows Vista ada fitur bernama Windows Sidebar, di windows 7 fitur tersebut sudah dihilangkan namun tetap fungsinya masih ada dalam bentuk dekstop gadget. Secara default dekstop gadget sudah di non aktifkan. Tetapi jika anda mengaktifkan dan ingin menghemat baterai, maka matikan dekstop gadget itu.
Caranya:
1. Klik kanan dekstop gadget yang ingin dimatikan dan pilih Close gadget.
2. Bila ingin di unninstall, klik kanan dekstop dan pilih Gadgets
3. Dijendela yang muncul klik kanan salah satu dekstop gadget dan pilih Uninstall.

Matikan Startup yang tidak diperlukan.
Seringkali saya melihat di notebook yang baru di install atau yang sudah siap pakai saat pembelian, banyak diisi dengan aplikasi yang fungsinya tidak jelas atau tidak dibutuhkan oleh penggunanya. Biasanya aplikasi ini dibiarkan saja oleh penggunanya tanpa diutak atik sehingga dijalankan saat startup. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan saat startup, mak harddisk dan perangkat lain akan bekerja ekstra dan tentunya menghabiskan daya dari baterai, selain itu proses loading windows juga kan menjadi lebih lama.
Caranya:
1. Buka kotak Run dan ketik msconfig
2. Pilih tab Startup dan hapus centang atau ceklist pada aplikasi yang tidak diperlukan. Lalu
3. Bahkan kapan perlu disable all untuk semua program startup lalu OK

Matikan Service yang tidak perlu
Sama seperti stratup. Anda juga perlu mematikan service Windows yang tidak digunakan. Konsep dasarnya sama seperti startup.
Caranya:
1. Buka control panel klik administrative tools
2. Klik ganda pada services dan pilih service yang ingin dimatikan.
3. Salah satu service yang berpotensi menghabiskan baterai adalah indexing.
4. Klik ganda pada service bernama windows search
5. Di startup type ganti dengan Disabled
6. Lakukan juga metode ini terhadap service-sercice yang lain.
7. Untuk mengetahui service yang mana saja yang aman untuk disabled, anda dapat melihat panduannya di www.blackviper.com/Windows_7/servicecfg.htm.


Matikan Hardware yang tidak diperlukan
Jika anda melihat ke dalam Device Manager, maka banyak sekali perangkat yang sebenarnya tidak dibutuhkan saat notebook menyala menggunakan baterai, yang harus dilakukan agar menghemat baterai adalah dengan mematikan sementara perangkat yang tidak dibutuhkan.

Caranya:
1. Buka Device manager dengan menekan windows + Pause
2. Pilih hardware yang ingin dimatikan sementara, lalu klik kanan dan pilih Disabled
3. Selain itu anda juga bisa mencabut perangkat USB yang saat itu sedang tertancap di notebook. Karena perangkat berbasis USB adalah perangkat yang menyedot daya baterai secara besar. Keluarkan juga CD/DVD dari driver-nya karena proses pemutaran disc juga menyedot daya yang cukup besar.

Hentikan Scheduled Task
Terkadang kita tidak sadar bahwa aplikasi yang berjalan sendiri secara otomatis karena sudah terjadwal atau sudah masuk kedalam scheduled task. Beberapa aplikasi yang sering melakukan hal itu adalah aplikasi defrag, antivirus atau anti spyware. Didisi lain hal ini bagus karena bisa menjaga sistem dalam keadaan fit. Tapi kalau dalam keadaan baterai tinggal sedikit saja bisa habis sisa daya yang ada.
Contoh mematikan defrag
1. Buka microsoft Seurity Essentials dan pilih tab settings
2. Didalamnya pilih Scheduled scan dan hilangkan ceklist pada Run a scheduled scan on my computer
3. Di defraggler klik menu setting, dan options
4. Pilih tab schedule dan hilangkan centang pada schedule defragmentation for chosen volume.

Mode hibernate lebih baik dari sleep
Kenapa hibernate lebih baik dari sleep (stand by). Karena dalam mode sllep, komputer mematikan harddisk dan display, tetapi memory masih tetap aktif meskipun processor dalam keadaan hampir mati. Di hibernate, semua aplikasi yang sedang aktif itu akan disimpan ke dalam harddisk dan setelah itu komputer akan dimatikan total.

Fiture hibernate seharusnya sudah ada secara default, tapi bila fitur ini belum ada untuk menampilkan langkahnya adalah:
1. Buka commend prompt
2. Klik perintah powercfg/hibernate on lalu enter
3. Jiak opsi hibernate masih belum muncul di start menu, kemungkinan hybrid sleep masih aktif. Buka control panel pilih Power Options
4. Klik change plan settings pada power plan yang sekarang anda gunakan
5. Selanjutnya klik change advanced power settings
6. Cari item bernama allow hybrid sleep dan ubah settingnya menjadi off
7. Sekarang fitur hibernate sudah muncul di start menu.

Keterangan
Mematikan dengan mode hibernate dapat dilakukan jika anda sedang bekerja lalu anda ingin mematikan komputer, anda dapat langsung menggunakan mode hibernate tanpa harus close atau menyimpan semua program yang berjalan, semua pekerjaan yang sedang aktif akan tersimpan sementara pada harddisk dan memory, ketika anda membuka kembali atau menghidupkan notebook maka semua program yang berjalan tadi masih tetap terbuka dan anda bisa lagsung menjalankan lagi.

Trik lain:
Jika notebook tidak dipakai sampai 2 minggu, kita dianjurkan untuk melepaskan baterai, dan menyimpannya di tempat yang bersuhu 10°C sampai 30°C. Suhu yang lebih panas dari 45°C atau lebih dingin dari 0°C akan merusak baterai.
Advertisements
Back To Top