Cara Menggunakan dan Memanfaatkan Fill Handle di Microsoft Excel

Cara Menggunakan dan Memanfaatkan Fill Handle di Microsoft Excel



Cara Menggunakan dan Memanfaatkan Fill Handle di Microsoft Excel - Banyak diantara pengguna Excel yang sering melupanan kehadiran sebuah tool yang sangat berguna yaitu Fill Handle.

Fill Handle adalah kotak keci; pada sudut kanan bawah pointer cell, bila posisi mouse atau pointer pada cell di dekatkan pada fill handle tersebut maka, gambar penunjuk mouse akan berubah dengan tanda plus (+) kecil.

Tugas-tugas yang dapat dilakukan oleh tool ini antara lain adalah membuat daftar nomor urut memanjang ke bawah. Bila Anda membuat nama hari pada sebuah cell lalu Anda gunakan fill handel dan mendragnya ke bawah, maka secara otomatis akan ditampilkan nama hari secara berurutan.

Sebagai contoh penggunaannya yaitu:

Buatlah daftar nilai seperti contoh dibawah ini.


Lalu pada cell G3 buatlah rumus untuk melengkapi nilai rata-rata

Setelah nilai pada cell G3 terisi, lalu klik tahan pada fill handle dan drag hingga angka terakhir, maka secara otomatis nilai rata-rata akan muncul secara otomatis tanpa harus menuliskan rumus pada tiap-tiap cell nya.


Anda dapat mencoba dengan nama hari

Atau nama bulan.



Dan jika regional setting pada komputer Anda menggunakan pilihan Bahasa Indonesia, maka hasil drag tahan pada fill handle dapat Anda dapat memasukkan nama hari Indonesia; misalnya Senin, Selasa, Rabu dan seterusnya.


Advertisements
Back To Top