Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count pada Microsoft Excel

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count pada Microsoft Excel




Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count pada Microsoft Excel - Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang paling sering digunakan. Fungsi ini karakternya sangat sederhana akan tetapi sangat berguna dalam Kehidupan sehari hari kita. Berikut adalah Penjelasan dan cara penulisan Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN, DAN COUNT dalam Microsoft Excel.

SUM
Fungsi ini artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi Sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan FUNGSI SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM ( Cell awal :Cell Akhir ), maksudnya kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir. Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.


Kita gunakan Fungsi SUM untuk menghitung Total Nilai. Maka kita akan menjumlah Cell dari B2 sampai ke B11, sehingga Penulisan Fungsi Sum dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut.

= SUM ( B2 : B11)

Kemudian Tekan Enter. Itulah gunanya Fungsi Sum Dalam Microsoft Excel

http://www.jatikom.com

AVERAGE

Fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebuah Fungsi yang digunakan untuk mencari rata rata dari suatu range tertentu. Penulisan fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut = Average ( cell pertama : cell terakhir). Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.



Misalnya saja kita akan mengisi rata rata. Maka kita dapat menggunakan fungsi Average, berarti untuk mengisi rata rata tersebut kita gunakan B2 sebagai cell pertama kemudian B9 sebagai cell terakhir.

= Average ( B2:B11)

Setetalah penulisannya benar kemudian tekan enter.

MAX

Fungsi Max dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari data tertinggi dari suatu range. Fungsi Max ini digunakan untuk mencari nilai tertingi dalam suatu kelas. Penulisan Fungsi Max dalam Microsoft excel adalah sebagai berikut. =MAX ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )


Pada gambar diatas kita dapat mencari nilai tertinggi dengan menggunakan fungsi Max dalam Microsoft Excel, caranya Pada gambar diatas Range nilai tertinggi adalah antara B2 sampai B11. Sehingga Penulisan Fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

= Max ( B2 : B11)
Setelah menuslih fungsi max dengan benar, setelahnya adalah menekan enter.

MIN

Fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah kebalikan dari Fungsi Max, fungsi ini digunakan untuk mencari data terendah dari suatu range. Penulisan fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut. =MIN ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )


= Min ( B2 : B11)
Setelah menuslih fungsi min dengan benar, setelahnya adalah menekan enter.

Setelah memahami fungsi SUM, AVERAGE, MIN, dan MAX dalam Microsoft Excel. Anda membutuhkan sebuah latihan untuk membuat anda lebih paham. Berikut ini adalah latihan fungsi SUM, AVERAGE, MIN dan MAX dalam Microsoft Excel. Fungsi ini sering sekali digunakan untuk merekap nilai siswa. Kerjakan soal dibawah ini dengan menggunakan bantuan Fungsi SUM, AVERAGE,MIN, MAX


Berikut Petunjuk pengisiannnya

Untuk Kolom jumlah tepatnya pada Cell E3 isilah dengan menggunakan rumus = SUM (B3:D4) Kemudian tekan Enter setelah itu Drag ke bawah.

Untuk Kolom tertinggi gunakan Nilai Max, missal untuk Cell B13 gunakan rumus seperti ini =Max ( B3:B12) kemudian tekan Enter, Drag lah cell tersebut untuk mengisi Cell sebalahnya.

Untuk Mengisi Cell Nilai Terendah juga gunakan fungsi MIN, rata rata gunakan Fungsi Average jumlah menggunakan fungsi SUM. Sehingga nanti hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini.



Advertisements
Back To Top