Kategori Fungsi TERLENGKAP yang ada pada Microsoft Excel 2013

Kategori Fungsi TERLENGKAP yang ada pada Microsoft Excel 2013




Kategori Fungsi TERLENGKAP yang ada pada Microsoft Excel 2013 -  Pengguna komputer tentu saja sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini. Ya, Microsoft excel adalah salah satu software yang di kembangkan oleh Microsoft dan memiliki fungsi utama untuk melakukan pengolahan data berupa angka. Apa fungsi MS Excel berdasarkan kategorinya?

Berikut ini adalah pengetian dari 10 kategori fungsi MS Excel berdasarkan :

1. Fungsi financial ( keuangan )

Merupakan fungsi untuk menganalisa investasi, obligasi, menentukan besarnya penyusutan nilai sebuah aset, menghitung cash flow ( arus kas ), dan menghitung angsuran pokok dan bunga suatu pinjaman.

http://www.jatikom.com

2. Fungsi Date & Time ( tanggal dan waktu )

Merupakan fungsi untuk menyelesaikan perhitungan yang berkaitan dengan tahun, bulan, hari, jam, menit, dan detik serta perhitungan yang berkaitan dengan hari kerja.

3. Fungsi Math & Trig ( matematika dan trigonometri )

Merupakan fungsi untuk menyelesaikan perhitungan yang berkaitan dengan matematika dan trigonometri. Misalnya penjumlahan, pengurangan, perpangkatan, logaritma, akar, menghitung kelipatan serta pembulatan pada angka. Perhitungan yang berkaitan dengan trigonometri misalnya untuk menghitung sudut, sinus, cosinus, tangen.

4. Fungsi statistical ( statistik )

Merupakan fungsi untuk menyelesaikan perhitungan statistik seperti menghitung rata - rata ( mean ), median, standart deviasi dan perhitungan statistik lainnya.

5. Fungsi lookup & reference ( lookup dan referensi )

Merupakan fungsi untuk menampilkan informasi berdasarkan kriteria tertentu suatu tabel.

6. Fungsi database

Merupakan fungsi untuk mempermudah perhitungan dan pencarian data dalam sebuah range berbentuk database.

7. Fungsi Text ( teks )

Merupakan fungsi untuk menampilkan informasi mengenai suatu teks.

8. Fungsi logical ( logika )

Merupakan fungsi untuk melakukan perbandingan dan hubungan logis antara dua kondisi. Hasilnya akan bernilai TRUE ( benar ) dengan nilai 1 atau FALSE ( salah ) dengan nilai 0.

9.Fungsi Information ( informasi )

Merupakan fungsi untuk menampilkan informasi tentang sel atau range, baik dalam hal posisi maupun format yang diterapkan di dalamnya.

10. Fungsi Engineering

Merupakan fungsi untuk melakukan proses perhitungan di bidang engineering dan matematika tingkat lanjut.

Itulah pengertian dari 10 Kategori Fungsi Microsoft Excel yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel dapat menjawab pertanyaan anda. Beri kami masukan dan saran agar kami dapat mengkoreksi kekurangan kami.
Advertisements
Back To Top