Pengertian dan fungsi microsoft office excel TERLENGKAP

Pengertian dan fungsi microsoft office excel TERLENGKAP




Pengertian dan fungsi microsoft office excel TERLENGKAP - Microsoft office excel adalah aplikasi pengolah angka yang membantu pengguna untuk menghitung angka-angka dengan cepat untuk menyelesaikan pekerjaan perhitungan. Microsoft excel akan memberikan data perhitungan yang akurat dan cepat sehingga sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan manusia. Microsoft office excel biasanya digunakan untuk menyusun data oleh para akuntan dan membuat sebuah data dengan tabel-tabel didalam microsoft excel.

Microsoft excel sendiri terdiri dari kumpulan baris dan kolom yang membentuk sebuah cell. Kita bisa memasukan data pada cell tersebut dan setiap cell pada microsoft excel dapat saling terhubung satu sama lain sehingga kita dapat dengan mudah untuk menghitung data dan angka yang ada pada setiap cell tersebut.

Selain digunakan dalam perhitungan angka-angka seperti penjumlahan, pembagian, perkalian, pengurangan, dan membuat rata-rata, microosft excel dapat digunakan untuk membuat program sederhana dengan menambahkan formula pada setiap cell dalam microsoft excel. Kita dapat memasukan rumus if, sum, average left, right dan fungsi yang lain.
http://www.jatikom.com/2016/05/pengertian-dan-fungsi-microsoft-office.html

Perkembangan microsoft Office Excel tidak begitu signifikan, hanya saja ada penambahan tool yang baru untuk menyempurnakan dari program tersebut, kemudian sedikit ada perubahan pada interface dari program tersebut. Microsoft office excel merupakan paket dari microsoft office sehingga perkembangan dari microsoft excel juga mengikuti dari perkembangan microsoft office. Adapun microsoft excel yang pernah ada meliputi microsoft office excel 2013, microsoft office excel 2010, microsoft office excel 2007, microsoft office excel 2003 dan microsoft office excel 2000. Seiring perkembangan microsoft selaku pengembang dari microsoft office excel selalu memberikan pelayanan yang terbaik sehingga perkembangan selalu dibarengi dengan penambahan tool guna menyempurnakan program agar microsoft office excel bisa lebih mudah untuk digunakan.

 Seperti pada sebagian besar program Ms Office yang memiliki berbagai macam menu. Ms Excel juga mempunyai menu pilihan dengan fungsi masing-masing. Ada Clipboard, Font, Alignment, Numbers, Styles, Cells dan Editing dan semuanya dapat digunakan sesuai dengan kabutuhan pengguna.




Bagi pemula yang baru saja mengenal Excel tentunya harus mengetahui beberapa komponen yang terdapat di dalamnya yakni sebagai berikut.

1. Row heading

Row heading biasa disebut dengan kepala garis, merupakan bagian yang berguna untuk menunjukkan lokasi baris yang sedang dikerjakan. Jumlah baris yang terdapat di excel sebanyak 65.536 baris. Letaknya di bagian kiri yang berupa tulisan angka-angka dari angka 1 sampai seterusnya.

2. Column heading

Sama seperti row heading, bagian ini juga berfungsi sebagai penunjuk lembar kerja yang berupa huruf A sampai Z. Setelah sampai pada kolom Z, pengguna akan menjumpai kolom AA, AB, sampai dengan AZ dan BA, BB sampai BZ dan seterusnya sampai jumlah terakhir kolom ke 256.




3. Cell pointer

Merupakan fungsi yang berguna untuk menunjukkan cell yang aktif. Misalkan yang aktif adalah B2, maka cell pointer akan terletak di cell tersebut.


4. Formula bar    

Tempat untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan digunakan dalam perhitungan dan terletak di bawah menu bar.

Mengenal Rumus di Excel

Rumus merupakan bagian terpenting pada aplikasi Ms Excel, jika salah dalam penulisan rumus maka data tidak akan selesai dengan sempurna. Berikut ini beberapa lambang yang digunakan dalam penulisan rumus.

= digunakan hampir pada setiap awal penulisan rumus.
+ untuk menambahkan.
- untuk mengurangkan.
* untuk mengalikan.
/ untuk membagi.
SUM untuk menjumlahkan data.
AVERAGE dan COUNT untuk menentukan jumlah rata-rata.
MIN dan Max untuk menentukan jumlah nilai terkecil dan terbesar.

Header dan Footer

Sama halya pada aplikasi Ms Word, pengguna Ms Excel juga dapat menambahkan header dan footer bila perlu. Caranya pilih menu Insert pilih Header Footer, setelah itu lembar kerja pengguna akan mempunyai tampilan seperti ini.


Itulah penjelasan pengertian dan beberapa item penting yang terdapat dalam aplikasi Ms Excel dengan fungsinya masing-masing. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi pengguna aplikasi Ms Excel yang masih pemula.
Advertisements
Back To Top