Cara Bekerja dengan Menggunakan Tombol Fill

Cara Bekerja dengan Menggunakan Tombol Fill


Cara Bekerja dengan Menggunakan Tombol Fill - Salah satu cara dalam proses copy dan paste adalah dengan menggunakan tombol Fill. Tombol ini terletak pada ribbon Home di grup Editing. 



Ketika tombol Fill diklik akan muncul menu-menu seperti gambar dibawah ini:



Fungsi dari menu-menu yang ada pada tombol Fill sebagai berikut:


Down: menu ini dapat digunakan untuk mengcopy sel yang terletak diatasnya. Kita juga dapat menggunakan kombinasi tombol Ctrl+D.
Contoh: buat data di Sel B2 lalu letakkan pointer atu kursor di sel B3, lalu klik Fill, lalu klik Down, maka data di sel B2 akan disalin ke sel B3.

Right: menu ini dapat kita gunakan untuk mengcopy sel yang terletak-tepat di sebelah kiri sel yang sedang aktif Kita juga dapat menggunakan kombinasi tombol, yaitu tombol Ctrl+R.

Up: menu ini dapat kita gunakan untuk mengcopy sel yang terletak tepat di bawah sel yang sedang aktif.

Left: menu ini dapat kita gunakan untuk mengcopy sel yang terletak tepat di sebelah kanan sel yang sedang aktif.

FillAcrossWorksheets: menu ini dapat kita gunakan untuk mengcopy set yang kita seleksi, ke posisi sama pada worksheet yang berbeda. Agar Fill Across Worksheets dapat berfungsi, seleksilah Sheet yang ingin kita jadikan tujuan paste data. Cara menyeleksi Sheet adalah dengan menekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard, lalu klik pada Sheet yang diinginkan. Dengan demikian, menu Fill Across Worksheets sudah dapat digunakan.

Series: menu ini dapat kita gunakan untuk membuat seri data dengan kriteria-kriteria tertentu. Apabila menu item ini dipilih, akan muncul kotak dialog Series. Dengan begitu, kita dapat mengatur kriteria untuk seri data yang akan dibuat. Untuk contoh ini Anda dapat review kembali pada postingan Membuat Angka di Excel Menjadi Urut

Justify: apabila isi dari set berupa teks sangat panjang sehingga tetlthat melebihl sisi kanan dari sel, teks tersebut akan dipecah menjadi beberapa sel pada kolom yang lama. Lalu, setiap set hasil pemecahan tersebut hanya akan berisi satu atau dua kata. Tujuannya, agar tidak melebihi sisi kanan sel.

Advertisements
Back To Top