Cara Memasukkan Data Dengan Cepat di Excel

Cara Memasukkan Data Dengan Cepat di Excel



Cara Memasukkan Data Dengan Cepat di Excel - Agar mudah untuk memasukkan data yang sama secara berulang-ulang pada program Microsoft Office Excel 2007 maupun 2010, Anda dapat mempergunakan fasilitas Pick List. Apabila dibandingkan dengan AutoComplete yang menebak penyelesaian data yang Anda ketikkan, Pick List menampilkan daftar macam-macam data yang telah Anda ketikkan dalam sebuah " daftar gulung".

Dari daftar tersebut Anda tinggal klik data yang akan diulang pengetikannya pada sel aktif. Lalu apa keunikan Pick List yang lebih menguntungkan bila dibanding dengan AutoComplete? Pick List menguntungkan bila data Anda yang berulang-ulang itu memiliki rangkaian karakter-karakter didepan yang panjang dan justru perbedaannya terletak pada bagian akhir.


Contoh pertama:
Sumatera Barat
Sumatera Selatan
Sumatera Utara
Jawa Barat
Jawa Tengah

Apabila hanya memanfaatkan AutoComplete maka Anda harus mengetikkan "Sumatera B" untuk mengulang data Sumatera Barat.

Contoh kedua:
Design NRWX-001/1
Design NRWX-011/2
Design NRWX-012/1
Design NRWX-007/4

Untuk contoh kedua data diatas jelas tidak efektif bila Anda hanya mengandalkan
AutoComplete. Oleh karenanya Anda dapat memilih alternatif dengan menggunakan Pick List.

Langkahnya:
1. Ketikkan data-data yang pertama kali. Misalnya Sumatera Barat.

2. Untuk mengulang data yang sudah pernah diketikkan, Ietakkan sel aktif pada sel kosong pada kolom yang berisi data yang akan diulang, lalu klik dengan mouse kanan sehingga ditampiikan menu mengambang, pilih Pick From Drop-down List hingga tampil daftar gulung yang memuat data-data yang sudah pernah diketikkan.



3. Klik data yang akan diulang pada sel tersebut sehingga data tersebut masuk ke sel tersebut dan daftar gulung langsung hilang.



Menggunakan Pick List dengan keyboard dapat dilakukan dengan tombol ALT+panah ke bawah di keyboard.

Shortcut ini akan langsung membuka daftar gulung, sedangkan untuk memilih kata-kata dalam daftar gulung tersebut gunakan tombol panah turun dan naik.

Setelah kata terpilih, tekan ENTER.

Selamat mencoba…..
Advertisements
Back To Top