Cara Menambahkan Nol di Belakang Angka Pada Excel

Cara Menambahkan Nol di Belakang Angka Pada Excel




Cara Menambahkan Nol di Belakang Angka Pada Excel - Sering kali jika ada data pada Microsoft Excel yang harus masukkan angka nol sebelum angka lainnya, maka sering orang akan menggunakan tanda petik (simbol ‘) saat menuliskan angka tersebut.


Misalnya jika akan memasukkan angka 001, 002 dan seterusnya, maka ada yang menggunakan tanda petik dulu sebelum angka nol, yaitu ‘001, ‘002. Hasilnya Excel akan menyertakan angka nol dibelakang angka 1 angka 2 dan seterusnya.

Namun permasalahan, angka yang dibuat tersebut sebenarnya oleh Excel bukan dipandang sebagai sebuah angka tetapi tetap sebagai huruf atau karakter biasa, sehingga data angka yang diawali dengan tanda petik sebelum angka, setelah diolah datanya maka jika dijumlahkan dengan fungsi logika dan statistik maka tidak akan bisa.

Nah untuk memudahkan penulisan angka nol sebelum angka lainnya dan hasilnya tetap dapat berfungsi untuk pengolahan data pada Excel maka kita harus menggunakan fasilitas Format Cells.

Caranya:

1. Blok beberapa sel yang akan digunakan untuk membuat angka yang didalamnya akan diberi angka nol didepannya. Misalnya: sel A1 hingga A5.

2. Lalu pada sel yang telah disorot tersebut, klik kanan mouse dan pada menu yang muncul klik pada Format Cells. Atau cara cepatnya gunakan tombol shortcut Ctrl + 1.

3. Pada kotak dialog Format Cells yang muncul, pastikan tab Number aktif. Lalu pada daftar Category pilih Custom.

4. Klik pada kolom isian dibawah Type: lalu ketikan “00”#


“00” adalah karakter yang ingin kita tambahkan didepan angka dan simbol # mewakili angka yang sebelumnya sudah tertulis pada tabel.

5. Klik tombol OK.


sebelum dan sesudah di olah dengan format sel seperi langka diatas.

Kita juga dapat menambahkan karakter lain didepan angka misalnya kata “kg” sesudah angka.

1. Masukkan angka tersebut.


2. Lalu blok angka tersebut lalu ikuti langkah diatas dan pada Type beri keterangan "kg"


3. maka hasilnya angka tersebut akan di beri kata "kg"


Advertisements
Back To Top