Cara Mengganti Teks Pesan Error Pada Excel

Cara Mengganti Teks Pesan Error Pada Excel




Cara Mengganti Teks Pesan Error Pada Excel - Apabila sebuah formula yang digunakan untuk melakukan perhitungan pada Excel ternyata mengandung pesan error, maka hasilnya akan error juga.

Pada postingan terdahulu telah dijabarkan tentang pesan-pesan error yang muncul pada Excel, maka kali ini saya akan membuat pesan eror tersebut tidak berupa #VALUE, #DIV/0, #N/A dan # NAME, tetapi adalah pesan error yang dapat Anda modifikasi atau dibuat sendiri, sehingga orang lain yang akan mengisi data dapat mengetahui bahwa ada pesan error dalam memasukkan data yang telah dibuat.

Buatlah data Seperti berikut



Pada diskon tulis rumus =IF(D3*E3>=1000000;D3*E3*2,5%;0)

Lalu Anda dapat menghindari pesan error pada diskon jika data yang dimasukkan salah (seperti dengan memasukkan data berupa teks) dan menggantinya dengan pesan teks yang Anda buat sendiri.


Langkahnya:

Klik formula yang ingin Anda beri pesan tambahan, pada contoh data diatas pada sel F3
Tambahkan fungsi IFERROR, misalnya jika rumus pada tabel diskon diatas adalah =IF(D3*E3>=1000000;D3*E3*2,5%;0), maka tambahkan menjadi =IFERROR(IF(D3*E3>=1000000;D3*E3*2,5%;0);" Data salah")

Sekarang coba ganti pada jumlah di tabel dari angka menjadi teks

Maka pada tabel akan sepeti gambar berikut



Untuk memahami pesan-pesan kesalahan yang sering diberikan Excel, Anda dapat membaca kembali postingan terdahulu, seperti Cara Mengetahui error #VALUE Pada Excel.
Advertisements
Back To Top