Cara Menghitung Suara Pemilih Dengan Excel

Cara Menghitung Suara Pemilih Dengan Excel



Cara Menghitung Suara Pemilih Dengan Excel  - ika Anda ingin melakukan memilihan pimpinan dalam sebuah organisasi atau di lingkungan sekolah, Anda dapat memanfaat Aplikasi Excel sebagai media penghitungannya.

Dengan Microsoft Excel, Anda sebagai panitia pemilihan tidak harus melakukan penulisan secara manual di papan tulis seperti yang dilakukan dalam pemilihan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi baru-baru ini di acara televisi kita. Sehingga Anda dapat melakukan dengan sedikit agak berbeda dan praktis serta keuntungan kedua data yang ada sudah otomatis terekam dalam file yang tersimpan dalam komputer.

Pembuatan perhitungan suara dalam contoh berikut saya contohkan dalam pemilihan wakil kepala sekolah di salah satu sekolah dengan asumsi bahwa setiap peserta pemungutan suara (calon pemilih) memiliki hak suara sebanyak empat suara (anda dapat menggunakan untuk satu suara).


Langkah-langkah membuat Tabel Perolehan Suara dalam Pemilihan sebagai berikut:

1. Buat tabel dalam Excel seperti contoh gambar dibawah ini:



2. Kemudian pada keterangan isikan nama calon (G10 sampai G15) yang akan dihitung suaranya.

3. Pada sel B4, C4, D4 dan E4 isikan nama-nama calon yang terpilih berdasarkan suara pemilih, dan isikan pula pada sel berikut hingga batas akhir jumlah pemilih, dalam contoh ini diasumsikan jumlah pemilih sebanyak 100 orang.

Jika terlalu lama Anda menulis nama calon, Anda dapat menggunakan fungsi Data Validation yang dapat dilihat pada penjelasannya dkami disitus #jatikom halaman lain

4. Pada sel H10 pada perolehan Suara isikan rumus =COUNTIF($B$4:$E$103;H10) dan drag hingga sel H15.

5. Pada sel G4 pada suara terbanyak isikan rumus =INDEX(G10:G18;MATCH(H4;H10:H18;0))

6. Pada sel H4 pada nilai suara terbanyak isikan rumus =MAX(H10:H18).

Nah setelah selesai penghitunga suara Anda dapat melihat siapa saja yang memperoleh suara terbanyak dan siapa yang tertinggi.


Advertisements
Back To Top