Cara Mengubah File Excel Versi Lama ke Excel 2007 dan 2010

Cara Mengubah File Excel Versi Lama ke Excel 2007 dan 2010



Cara Mengubah File Excel Versi Lama ke Excel 2007 dan 2010 - Microsoft Office Excel 2007 bisa membuka workbook dari Excel versi 2003 dan sebelumnya dalam Compatibility Mode, mode ini akan aktif dimana fitur-fitur pada Excel 2007 yang tidak sesuai dengan versi sebelumnya tidak dapat digunakan dan ini disebabkan karena file versi lama menggunakan ekstensi file .xls, sedangkan versi Excel 2007 dan Excel 2010 menggunakan ekstensi file .xlsx.

Salah satu keuntungan mengubah ke versi baru disebabkan karena file dengan ekstensi .xlsx atau versi baru akan lebih ringan dalam beban filenya. Namun jika ingin menggunakan beberapa fitur baru anda harus mengubahnya ke format yang baru dan Anda tidak perlu membuka file lama dengan menyimpan lagi dengan metode Save As.

Untuk mengubah workbook Excel lama ke Excel 2007 caranya:
1. Perhatikan bahwa pada waktu membuka worksheet dari Excel versi 2003 dan sebelumnya Anda akan melihat (Compatibility Mode) pada bar judul.



2. Lalu klik Microsoft Office Button kemudian klik Convert.

3. Excel akan menampilkan kotak dialog yang memberitahukan bahwa workbook akan diubah ke format yang baru dan workbook yang asli akan dihapus. Lalu klik Ok


4. Setelah diubah, excel akan menampilkan kotak dialog yang melakukan secara otomatis.



5. Lalu klik Ok. dan klik Save.

Sekarang file tidak ada lagi tulisan Compatibility Mode pada bar judul dan ekstensi yang dulunya .xls berubah menjadi ekstensi .xlsx. Setelah anda melakukan perubahan atau mengkonversi ke file baru yang berekstensi .xlsx, maka file ini juga tidak bisa lagi dibuka dengan versi excel 97 - 2003.

Sebagai contoh perbandingan beban file.
Disini diujikan bahwa file Simpanan Wajib yang berekstensi “Simpanan Wajib.xls” yaitu file lama mempunyai beban 473 KB, setelah di convert ke file baru yang berekstensi “Simpanan Wajib.xlsx” menjadi berukuran 220 KB.


beban file lama sebelum di convert


beban file baru setelah di convert

Catatan:

Untuk mengubah dari file Excel versi 2003 dan sebelumnya ke Excel 2010 ada mengalami sedikit perbedaan dibanding dengan Excel 2007. Perbedaan itu terletak pada perintah Convert. Jika Excel 2007 pada perintah nomor 2 diatas menggunakan menu Microsoft Office Buton lalu Convert, maka dalam Excel 2010 menggunakan menu File lalu Info lalu Convert dan perintah berikutnya sama.

Semoga bermanfaat...
Advertisements
Back To Top