Cara Instal dan Update Driver Komputer Secara Otomatis

Cara Instal dan Update Driver Komputer Secara Otomatis




Cara Instal dan Update Driver Komputer Secara Otomatis - Jika readers #jatikom memang hoby mengutak atik komputer tentu tidak asing lagi dengan istilah "driver". Driver adalah suatu file yang berfungsi agar komponen hardware yang terpasang pada komputer dapat bekerja dengan baik. Contohnya adalah driver untuk Sound Card, tanpa driver yang cocok maka sound card tidak dapat mengeluarkan bunyi.
Untuk menginstall driver komponen hardware ini biasanya dapat kita temukan dalam CD yang disertakan ketika kita membeli komponen tersebut, tetapi bagaimana kalo kita tidak mempunyai CD driver atau bahkan tidak mengetahui komponen apa yang harus kita install drivernya? Misalnya saja komponen hardware yang terlihat pada jendela device manager hanya memunculkan "unknown device" seperti pada gambar diatas.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka driver-driver yang sudah ada pun sebaiknya kita update. Hal ini karena driver yang telah usang bisa saja tidak menunjang kerja dari software aplikasi yang usianya masih baru sehingga bisa menyebabkan menurunnya performa atau bahkan menyebabkan crash pada komputer.

Dalam artikel ini #jatikom akan share tentang bagaimana cara untuk menginstal driver secara cepat, mudah dan otomatis, yaitu dengan menggunakan beberapa program seperti yang akan dibahas dibawah ini. Satu hal yang kita butuhkan adalah akses internet yang cukup lumayan untuk mendownload driver yang dibutuhkan.

1. Instal Driver Komputer dengan DriverEasy.


Program ini akan men-scan hardware yang terpasang pada komputer dan mencarikan driver yang cocok untuk hardware tersebut. Dengan 3 langkah yaitu Scan, Download dan Instal maka menginstal atau mengupdate driver menggunakan DriverEasy ini menjadi lebih mudah.

Salah satu kelemahan aplikasi ini adalah dalam versi Free, kecepatan download kita dibatasi sehingga saat download driver akan tersa lebih lama. 

2. Update Driver Secara Otomatis dengan Driver Booster


Driver boster ini dapat memeriksa seluruh driver dengan sekali klik dan apabila ditemukan driver yang lebih baru, maka kita bisa mengupdatenya cukup dengan dengan klik tombol “update”. Proses update ini dilakukan di background process sehingga tidak mengganggu aktifitas kerja kita.

3. Update Driver dengan DriverPack Solution.


Apabila 2 program diatas hanya bisa kita jalankan secara online, maka aplikasi DriverPack ini bisa kita download, tetapi memang sangat besar (versi 14.9 sekitar 7 GB). DriverPack berisi kumpulan semua driver yang dibutuhkan oleh hampir semua jenis komputer dan laptop. Aplikasi ini sangat membantu para teknisi komputer yang tidak ingin repot dengan urusan hardware driver.
Advertisements
Back To Top