Cara Membuat Form Isian Dengan Developer Pada Word

Cara Membuat Form Isian Dengan Developer Pada Word



Cara Membuat Form Isian Dengan Developer Pada Word - Pada aplikasi Microsoft Word baik yang versi 2007 maupun 2010, telah ditambahkan sebuah ribbon Developer yang salah satu fungsinya untuk membuat Form Isian.
Form Isian yang dimaksud disini adalah Daftar isian yang harus diisi seseorang yang telah Anda buat, sehingga seseorang tersebut hanya tinggal mengisi isian tersebut tanpa harus mengganggu teks atau paragraf lain yang Anda tuliskan pada dokumen.
Data pada dokumen yang Anda buat tidak dapat di ubah atau diganggu karena telah Anda proteksi, dan Audien atau orang yang mengisi form tersebut hanya mengisi isian yang Anda anjurkan saja.


Contoh Isian tersebut saya buat dengan versi Word 2010, misalnya:




Nah agar pangguna lain hanya dapat mengisi form pada data diatas, Anda dapat membuatkan daftar isiannya dengan menggunakan Legaly Form yang ada pada ribbon Developer,

Caranya:
Setelah Data seperti contoh diatas Anda buat,

Langkah berikutnya letakkan kursor pada posis Nama setelah titik dua, lalu aktifkan Developer dan klik
Legaly Form dan pilih Text Form Field yang digunakan untuk membuat teks isian


Setelah itu akan ada tanda berwarna abu-abu yang muncul,



Berikutnya ulangi pada form yang lain yang sejenis.

Untuk untuk form tanggal lahir pada legaly form gunakan Date Picker Content Control




Untuk Isian pilihan seperti pada Jenis kelamin, Agama dan Pendidikan, gunakan Legaly Form dengan Combo Box Conent Control, untuk mengisi isian pilihan Anda dapat mengaktifkan Properties setelah mengaktifkan label Chose an item.


Pada Content Control Properties, isikan pilihan yang Anda inginkan pada  misalnya dengan mengklik Add pada Drop-Down List Properties, seperti contoh gambar berikut:



Nah sampai disini Anda telah membuat daftar isian seperti Daftar diatas dengan Form Isian menggunakan Legaly Form pada Word. Untuk membuat agar data tersebut tidak dapat diganggu pada isian lain selain form yang dibuat, Anda harus menguncinya.

Untuk mengunci form tersebut dapat dilihat pada cara Mengunci Form tersebut di blog ini
Advertisements
Back To Top