Cara Memperkecil Ukuran File Bergambar di Word

Cara Memperkecil Ukuran File Bergambar di Word





Cara Memperkecil Ukuran File Bergambar di Word - Document pada Microsoft Office Word 2007 dan 2010 akan menjadi lebih besar file dokumen jika didalamnya terdapat banyak berisikan gambar. Jika file menjadi besar akan lebih berpengaruh pada kecepatan pembacaan sebuah dokumen, cepat lambatnya ketika dibuka dan semakin besar file semakin penuh pula isi harddisk. Sebelum memasukkan gambar kedalam document, gambar tersebut diperkecil ukurannya melalui program pengolah gambar, kemudian baru dimasukkan kedalam dokumen.
Didalam Microsoft Word sendiri sebenarnya sudah terdapat fasilitas untuk memperkecil ukuran gambar, yaitu Compress pictures. Dengan fasilitas tersebut kita tidak perlu lagi mengedit satu persatu gambar kemudian baru dimasukkan ke dokumen Ms. Word. Cukup dengan melakukan klik pada gambar yang telah ada dalam dokumen dan pilih compress pictures.

Untuk melakukannya bisa diikuti langkah sederhana berikut:
1. Buatlah dokumen baru dan berilah gambar, atau buka dokumen yang telah ada gambarnya.
2. Klik gambar yang ada dalam dokumen.
3. Pada tab menu di bagian atas, di picture tools pilih tab format.
4. Pada group adjust, pilih Compress Pictures.


5. Pada jendela pop up yang muncul, beri tanda centang pada apply to selected pictures only, kemudian klik options.



6. Pada jendela compression setting, pilih radio button E-mail (96 ppi) : minimize document size for sharing dan klik OK.

Lalu simpan dokumen Anda.

Jika dalam dokumen terdapat banyak gambar, lakukan hal yang sama pada gambar-gambar yang lain. Sekarang bisa kita bandingkan besarnya file sebelum dicompress dan sesudah dicompress.


Advertisements
Back To Top