Cara Mengatasi Error Saat Menjalankan ‘Hosted Network’ Ketika Ingin Membuat WiFi Hotspot Pada Windows 8, 8.1, dan 10

Cara Mengatasi Error Saat Menjalankan ‘Hosted Network’ Ketika Ingin Membuat WiFi Hotspot Pada Windows 8, 8.1, dan 10




Cara Mengatasi Error Saat Menjalankan ‘Hosted Network’ Ketika Ingin Membuat WiFi Hotspot Pada Windows 8, 8.1, dan 10 - Pada windows 8, 8.1, maupun windows 10, fitur jaringan AdHoc tidak dibuatkan setup wizard nya. Sehingga bagi mereka yang ingin membuat WiFi hotspot pada windows 8 ke atas beralih memanfaatkan hosted network yang bisa dijalankan melalui command prompt. 
Oke, saya asumsikan kamu sudah pernah membuat WiFi hotspot pada laptop windows 8, 8.1 dan 10. Topik yang ingin saya angkat pada artikel ini adalah mengenai error yang muncul pada saat ingin menjalankan Hosted Network nya. Secara, kita memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat Wifi hotspot atau jaringan AdHoc, sehingga kalau fiturnya tidak bisa dijalankan, maka tidak akan jadi jaringan adhoc atau hotspotnya. Kalau kamu pernah mengalaminya, kamu mungkin akan melihat pesan error yang berbunyi “The hosted network couldn’t be started“, kalau tidak percaya lihat saja gambar di bawah ini.
 
 

Pada kasus ini, setelah saya teliti, ternyata saya sempat tidak sengaja men-disable adapter Microsoft Virtual Hosted Network.

Yang jadi masalah, setelah adapter tersebut di-disable, shortcut nya langsung menghilang. Jadi, tidak bisa secara langsung meng-enable adapter tersebut, kita mesti melalui jalan lain. Mungkin kamu yang mengalami masalah error yang seperti ini, kamu juga tida sengaja melakukan hal yang seperti saya lakukan. Tapi jangan khawatir, karena masalahnya hanya tidak sengaja men-disable, kita hanya perlu meng-enable nya kembali. Bagaimana caranya? Yuk ikuti tutorial yang saya berikan di bawah ini.

Cara #1: Melalui Device Manager

Oke, karena pada Windows Network Connections sudah hilang shortcut adapter Virtual Hosted Network nya, jadi kita harus mencarinya di tempat lain. Ya, kita langsung cari di Device Manager.
Jadi, kamu harus buka dulu Device Manager windows nya. Cara paling mudah membukanya melalui kotak pencarian, tinggal ketik “Device Manager”, lalu langsung saja klik Device Manager.

Setelah itu, kita fokuskan pencarian pada Network Adapter, di itu akan muncul list adapter apasaja yang ada pada komputer kamu. Biasanya ada beberapa yang ter-hidden (termasuk Virtual Hosted Network). Jadi, untuk melihat semua yang ada, klik menu View, lalu ceklist opsi Show hidden device.

Nah, sudah kelihatan kan adapater Microsoft Hosted Network Virtual? Sekarang tinggal kita enable saja adapter tersebut. Caranya klik kanan pada adapter tersebut kemudian klik enable.

Posisi adapter sudah enable seperti semula, sekarang coba kita jalankan adapter tersebut melalui command prompt. Harusnya sudah bisa.

Kalau kamu lihat gambar di atas, akan terlihat perbedaan ketika adapter dalam kondisi disable dan enable. Kalau sudah muncul pesan “The hosted network started“, tandanya adapter sudah siap digunakan untuk dijadikan WiFi hotspot.

Cara #2: Disable/Enable Wifi Adapter

Sebenarnya cara yg kedua ini sama saja dengan yang pertama. Tapi saya akan tetap mengarahkan akan tidak terjadi kesalahpahaman. Bedanya, pada cara kedua ini, kita langsung mengeksekisi wifi adapter yang asli (bukan virtual hosted network).
Jadi, kita masuk Halaman network connection di Control panel, lokasinya di Control Panel\Network and Internet\Network Connections. Kemudian kita matikan sejenak adapter wifi yang ada. Setelah itu hidupkan kembali.


Setelah adapter Wifi menyala, coba ketikkan perintah berikut:
netsh wlan start hostednetwork

Advertisements
Back To Top