Cara Mengatasi TouchPad Notebook ASUS yang Bermasalah

Cara Mengatasi TouchPad Notebook ASUS yang Bermasalah




Cara Mengatasi TouchPad Notebook ASUS yang Bermasalah -  Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah Mengatasi TouchPad Notebook ASUS yang Bermasalah? Berawal dari pengalaman pribadi, awalnya ingin Menonaktifkan Fitur Touchpad pada laptop ASUS kesayangan untuk sementara, tapi setelah menekan kombinasi tombol FN + F9 ternyata touchpad ASUS masih tetap bisa bergerak.
Hal ini Saya lakukan karena Touchpad yang terlalu sensitif sehingga ketika mengetik, terkadang kursor berpindah-pindah sendiri. Setelah mencari kesana-kemari, Alhamdulillah akhirnya touchpad notebook ASUS kesayangan Saya akhirnya bisa dimatikan untuk sementara. Berikut adalah beberapa tahapan yang Saya lakukan.

1. Cek Tombol FN
Hal pertama yang harus dilakukan adalah cek fungsi tombol FN dengan cara menekan kombinasi tombol FN+F11 (Volume UP) atau FN+F12 (Volume Down) jika volume suara bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan tombol yang ditekan, maka berarti tombol FN bisa berfungsi dengan baik, akan tetapi jika kombinasi tombol tersebut sudah ditekan dan tidak ada pengaruh perubahan suara, maka silahkan coba kombinasi tombol yang lain misal FN+F2 (Wifi).
2. Cek Tombol F9
Setelah tombol FN berfungsi dengan baik, selanjutnya adalah lakukan pengecekan yang sama pada tombol F9. Cara melakukan pengecekan tombol F9 cukup mudah yaitu melalui aplikasi kalkulator yang ada pada windows notebook atau laptop Anda. Jika tombol F9 Anda tidak bermasalah, maka akan menampilkan tulisan negate (0) pada layar kalkulator Anda. Berikut adalah screenshotnya.


3. Upgrade Driver ATKACPI dan Hotkey
Setelah kedua tombol tersebut berfungsi dengan baik, selanjutnya adalah lakukan update driver ATKACPI dan Hotkey dari notebook atau laptop Anda, Anda bisa menggunakan driver bawaan dari laptop yang Anda miliki atau lakukan download update software terbaru dari website ASUS di alamat berikut. Kemudian ketikkan tipe notebook Anda pada kotak yang sudah disediakan, jika sudah ditemukan kemudian pilih operating system (sistem operasi) yang sesuai pada pilihan combo box dan tunggu beberapa saat maka akan tampil driver yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Pilih Kelompok ATK untuk mendownload driver ATKACPI dan Hotkey, setelah selesai download lakukan instalasi seperti biasa kemudian restart notebook Anda.



4. Upgrade Driver ASUS Smart Gesture (Touchpad Driver)
Jika sudah berhasil melakukan update driver ATKACPI dan Hotkey selanjutnya lakukan update Touchpad Driver dengan cara yang sama seperti diatas, untuk Touchpad Driver ada pada kelompok Touchpad. Silahkan download kemudian install dan lakukan restart notebook Anda.
Jika tahapan diatas sudah Anda lakukan dengan baik, sekarang silahkan Anda coba kombinasi FN+F9 maka touchpad Anda sudah bisa dinonaktifkan sementara dan diaktifkan kembali di lain waktu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Advertisements
Back To Top