Cara Mengoperasikan Komputer Yang Baik Dan Tepat

Cara Mengoperasikan Komputer Yang Baik Dan Tepat


Cara Mengoperasikan Komputer Yang Baik Dan Tepat - Berbicara mengenai komputer, pada zaman sekarang alat tersebut hampir menghuni disetiap rumah penduduk di negara kita. Ya, alat tersebut memang sudah menjadi alat pokok dalam melakukan tugas kita, baik tugas sekolah ataupun pekerjaan. Disini saya akan membahas bagaimana cara mengoperasikan komputer dengan tepat dan sesuai dengan tata cara yang baik dan benar.
Berikut langkah-langkah yang tepat dalam mengoperasikan komputer:
1.Menghidupkan atau Menyalakan Komputer
Ketika kita hendak menghidupkan komputer, kita harus memastikan bahwa listrik dalam keadaan yang stabil, karena jika listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan komputer mati tiba-tiba atau tidak akan menyala karena tegangan listrik tidak kuat yang akan menyebabkan komputer akan mengalami kerusakan. Hidupkan monitor terlebih dahulu disusul dengan menghidupkan CPU dengan menekan tombol powernya. Tunggu sejenak hingga loading selesai hingga muncul tampilan windows pada layar monitor anda. Dan komputer siap digunakan.
2.Cara Mengoperasikan Komputer
Mengoperasikan Komputer yang akan dijelaskan disini adalah bagaimana cara yang tepat menggunakan komputer dengan kebutuhan anda masing-masing. Jika anda seorang design grafis dimana anda menggunakan software yang menggunakan multimedia ekstra seperti Coreldraw, Photoshop atau 3D dan lain sebagainya, hendaknya anda memperhatikan spesifikasi Perangkat Keras atau Hardware anda. Seperti RAM (Random Accer Memory) atau Procesor anda yang harus support dengan software tsb. Tapi jika anda hanya pengguna Office seperti Ms. Office ataupun Ms. Excel tidak memerlukan Hardware yang ekstra. Intinya adalah gunakanlah Perangkat Keras yang cocok atau support dengan aplikasi yang anda gunakan. Semakin besar spesifikasi perangkat keras anda, semakin baik anda melakukan kinerja anda dalam mengoperasikan komputer.
3.Mematikan Komputer
Ketika kita hendak mematikan komputer, langkah tepat yang harus dilakukan adalah:
– Pastikan aplikasi kita telah di nonaktifkan semua.
– Lalu klik Menu Start lalu pilih Shut Down dan tunggu hingga CPU telah mati.
– Kemudian matikan monitor dengan menekan tombol power.
– Ketika semua telah mati, cabut kabel kontak penghubung komputer dan monitor.


Advertisements
Back To Top