Cara Menonaktifkan Format Hiperlink Pada Word

Cara Menonaktifkan Format Hiperlink Pada Word



Cara Menonaktifkan Format Hiperlink Pada Word - Dalam penulisan alamat e-mail atau situs di dokumen Word, maka Word secara otomatis akan memberikan link atau format khusus berupa warna yang berbeda (biasanya teks warna biru) serta menambahkan garis dibawahnya.
Suatu alamat web atau alamat email pada aplikasi Word termasuk kedalam kategori Hyperlink. Tujuannya adalah untuk membedakan hyperlink tersebut dari teks yang lainnya. Selain itu Word juga memberikan kemudahan bagi kita untuk langsung membuka hyperlink tersebut dengan melakukan penekanan tombol Ctrl + klik mouse pada hyperlink tersebut.
Jika hyperlink berupa alamat web maka internet browser akan langsung terbuka dan jika hyperlink berupa alamat email maka email-client yang akan terbuka.

Namun jika dokumen akan di cetak, kadang format Hyperlink ini justru terasa mengganggu, terutama jika printer yang digunakan adalah printer yang hanya menggunakan tinta hitam. Warna biru akan berubah menjadi warna keabu-abuan yang terlihat kurang begitu jelas saat dicetak.

Cara menonaktifkan format Hyperlink agar tidak muncul saat pengetikan alat email atau situs adalah:

1. Klik ribbon File lalu pilih Options pada Word 2010 atau Klik Office Button lalu Word Options pada Word 2007.


2. Lalu pada opsi Proofing pilih AutoCorrect Options…



3. Setelah itu pilih opsi AutoFormat As You Type lalu hilangkan tanda ceklist pada opsi internet and network paths with hyperlinks lalu klik Ok, maka Word tidak akan secara otomatis membuat hyperlink.



Jika Anda meng-copy sebuah halaman web lalu didalamnya ada alamat web atau sebuah link, agar link-nya hilang caranya cukup dengan klik kanan pada Hyperlink tersebut lalu pada menu yang muncul pilih Remove Hyperlink, maka link akan hilang.
Advertisements
Back To Top