Cara Mudah Membuat WiFi Hotspot di Laptop Windows 10 Melalui CMD

Cara Mudah Membuat WiFi Hotspot di Laptop Windows 10 Melalui CMD




Cara Mudah Membuat WiFi Hotspot di Laptop Windows 10 Melalui CMD - Sama seperti di windows 8 dan 8.1, pada windows 10 fitur setup untuk jaringan AdHoc masih ditiadakan. Alhasil, untuk membangun jaringan AdHoc, tidak semudah klik next sampai finish.
Alternatif lain, kita bisa memanfaatkan virtual hostednetwork yang menjadi salah satu fitur pada windows. Untuk memanfaatkannya pun melalui Command Prompt. Kalau kamu sudah pernah baca artikel pada blog ini mengenai cara pembuatan wifi hotspot di windows 8, saya yakin kamu sudah bisa membuatnya di windows 10, karena perintah yang digunakan sama saja.
Tapi tidak ada salahnya jika saya ulangin pada artikel ini. Berikut adalah cara membuat wifi hotspot pada laptop windows 10, silahkan kamu ikuti tutorial ini.
Pertama kamu buka dulu command prompt dengan mode Run As Administrator. Cara mudahnya, ketik cmd pada bar pencarian, kemudian klik kanan command prompt pilih Run as…

Setelah terbuka jendela command prompt, langsung saja masukan perintah sebagai berikut untuk membuat SSID dan Key.
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA_SSID key=PASSWORD

Setelah itu, jalankan virtual hostednetwork nya menggunakan perintah berikut:
netsh wlan start hosted network


Nah, sudah jadi tuh Hotspot pada laptop kamu. Pastikan pada Windows Network Connection sudah muncul adapter baru yang labelnya Microsoft Hosted Network Virtual, seperti gambar di bawah ini.

Jangan lupa, sharing koneksi internet menuju Virtual Hostednetwork tadi. Contohnya seperti gambar di bawah ini. Atau jika kamu tidak mengerti bagaimana cara sharing koneksi internetnya, silahkan baca artikel Cara Sharing Koneksi Internet di Windows.

Nah, setelahnya, silahkan coba koneksikan hotspot tersebut dari perangkat lain. Seharusnya bisa terhubung dengan baik dan terkoneksi dengan internet. Semoga bermanfaat.
Jika mengalami error saat mencoba, silahkan lihat panduan berikut:

Advertisements
Back To Top