Cara Mudah Mengubah MAC Address di Komputer

Cara Mudah Mengubah MAC Address di Komputer



Cara Mudah Mengubah MAC Address di Komputer - MAC Address merupakan sebuah alamat identitas yang pastinya dimilki oleh semua perangkat jaringan seperti Ethernet Card, Wireless, dll, dan juga setiap perngkat jaringan memiliki MAC Address yang berbeda. MAC Address yang terdapat dalam perangkat jaringan dibuat oleh produsen perangkat jaringan tersebut, jadi MAC Address tidak bisa kita ubah begitu saja.
Seperti apa bentuk MAC Address tersebut? lihat gambar di bawah ini.


Gunakan perintah “ipconfig /all” pada CMD untuk megnecek MAC Address. Yang ditandai dengan warna merah merupakan MAC Address dari sebuah Wireless Adapter. Bisa kita lihat, MAC Address tersebut berbentuk angka-angka unik.

Cara Mengubah MAC Address

Sesuai dengan judul artikel ini, di sini kita akan mengubah MAC Address. Kita bisa menggunakan sebuah software yang bernama TMAC (Technitium MAC Address Changer). Cara penggunaannya cukup mudah. Langsung saja simak langkah-langkahnya.
Pertama download dan install terlebih dahulu TMAC dapat di download di situs resmi nya.
Buka TMAC, akan terlihat daftar perangkat jaringan yang terdapat di dalam komputer. Seperti gambar di bawah ini.


Kita akan mengubah MAC Address Wireless. Di atas terlihat bahwa Mac Address Wireless adalah 60-D8-19-5A-0B-9A.
Selanjutnya untuk mengubah, kita pilih salah satu perangkat jaringan yang ingin kita ubah.
Kemudiab klik tombol Random MAC Address untuk memilih MAC Address yang tersedia secara Random, atau kita juga bisa menggunakan Select List yang berada tepat di bawah Random untuk memilih MAC Address yang tersedia secara manual. Terakhir klik Change Now!


Kalau sudah klik Change Now, sekarang kita cek MAC Address, apakah sudah berubah atau belum. Kita juga akan mengecek di CMD apakah sama atau tidak.


Ternyata setelah di cek, MAC Address benar-benar berubah. Untuk mengembalikan MAC Address ke default-nya sangat mudah, klik Restore Original.


Cara ini sangatlah mudah untuk dipraktikan. Kita bisa mengubah juga bisa megnembalikan MAC Address ke defaultnya. Jadi cara ini cukup aman.
Selamat Mencoba Semoga Berhasil.

Advertisements
Back To Top