Cara Setting IP Address di Windows 7, 8, dan 10

Cara Setting IP Address di Windows 7, 8, dan 10




Cara Setting IP Address di Windows 7, 8, dan 10 - Kaitannya dengan jaringan komputer, penggunaan IP Address begitu penting sebagai alamat dari setiap host yang tergabung dalam jaringan. Untuk melakukan setting, pergantian, atau perubahan IP Address pada sebuah komputer sangatlah mudah, karena sistem operasi windows sudah menyediakan fasilitas GUI (Graphical User Interface).
Disini saya akan memaparkan bagaimana caranya melakukan perubahan atau memberi setting ip address pada sebuah komputer. seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel sbelumnya, bahwa untuk memberikan IP address terdapat dua cara, yaitu static dan dynamic.
Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk merubah, mengganti, ataupun memberi ip address pada sebuah komputer dengan OS windows.
Masuk ke control panel. Lalu pada bagian Network and Internet, pilih View network status and tasks.


Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman Network and Sharing Center. Pada panel menu sebelah kiri pilih Change adapter setting.

Pada bagian ini, pilih adapter mana yang akan kamu setting ip address nya. Pada contoh ini saya memilih Local Area Connection. Pada icon adapter tersebut klik kanan, lalu pilih properties.

Akan dihadapkan dengan kotak dialog properties. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu klik properties.

Pada bagian ini, Anda akan diperlihatkan form pengisian. Seperti yang sudah saya katakan diawal, terdapat dua metode pemberian ip address, yaitu static dan dynamic.

Setting IP Address di windows secara Static (Manual)

Agar bisa mengisi secara manual, Anda harus meberikan cek list pada opsi Use the following ip address. Kemudian form tersebut bisa Anda isi menggunakan ip address yang Anda inginkan. Setelah itu klik OK.

Setting IP Address di Windows Secara Dynamic (Otomatis)

Untuk bisa mendapatkan ip address secara dynamic ini (DHCP), pastikan komputer Anda sudah terhubung dengan komputer/perangkat jaringan yang bertindak sebagai DHCP Server.
Jika sudah terhubung, cek list opsi Obtain an IP address automatically dan biarkan form pengisian tetap kosong. Klik OK. Maka secara otomatis komputer Anda sudah terdapat IP address nya.

Perbedaan dari dua metode tersebut ialah, apabila ip address di setting secara manual maka, nomor ip address tidak akan berubah kecuali di setting ulang oleh sang administrator. Sedangkan jika menggunakan metode DHCP, ip address bisa saja berubah sesuai dengan ip address yang tersedia.
Begitulah cara yang selalu saya gunakan untuk setting ip address di windows. Sangat mudah tentunya, kamu juga pasti bisa.

Advertisements
Back To Top