Ciri Ciri Khusus Hewan-Tumbuhan Fungsinya dan Gambar LENGKAP

Ciri Ciri Khusus Hewan-Tumbuhan Fungsinya dan Gambar LENGKAP




Ciri Ciri Khusus Hewan-Tumbuhan Fungsinya dan Gambar LENGKAP -  Setiap tumbuhan dan hewan mempunyai ciri, ada yang ciri-cirinya umum dan ada yang khusus. Kali ini yang akan dibahas adalah ciri khusus hewan dan tumbuhan. Tumbuhan dan hewan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan hewan dan tumbuhan lain. Ciri khusus ini berhubungan erat dengan kemampuannya untuk bertahan hidup. Dengan ciri khusus yang dimilikinya, hewan dapat tetap bertahan hidup. Fungsi dari ciri khusus ini adalah untuk melindungi diri dari musuhnya dan mendapatkan makanan. Berikut ini beberapa ciri khusus hewan dan tumbuhan.

Ciri Khusus Hewan
1. Mempunyai lidah panjang dang lengket. Contoh hewan yang mempunyai lidah panjang dan lengket yaitu bunglon, landak semut, cicak, dan tokek. Lidah penjang dan lengket berguna untuk menangkap mangsa.

2. Mempunyai kemampuan ekolokasi. Contoh hewan yang memiliki kemampuan ekolokasi adalah kelelawar. Kemampuan ekolokasi berguna untuk mendeteksi benda-benda ditempat gelap.

3. Mempunyai kulit berduri. Contoh hewan yang mempunyai kulit berduri yaitu landak. Kulit berduri berguna untuk melindungi diri dari musuh.

4. Mempunyai kaki berselaput. Contoh hewan yang memiliki kaki berselaput adalah itik, katak, dan angsa. Kaki berselaput berguna untuk berenang.

5. Menyemprotkan cairan hitam seperti tinta. Contoh hewan yang menyemprotkan cairan hitam seperti tinta adalah cumi-cumi dan gurita. Hewan-hewan tersebut menyemprot kancairan hitam seperti tinta untuk melindungi diri dari musuh.
6. Mempunyai rangka luar. Contoh hewan yang memiliki rangka luar adalah kepiting dan udang. Rangka luar berguna untuk melindungi tubuh.
7. Mempunyai bantalan perekat pada kakinya. Contoh hewan yang memiliki bantalan kaki berperekat adalah cicak dan tokek. Bantalan berperekat pada kaki berguna untuk merayap di dinding.
8. Mempunyai mata dan pendengaran yang tajam. Contoh hewan yang memiliki mata dan pendengaran yang tajam adalah burung hantu. Mata dan pendengaran yang tajam berguna untuk mencari makan di malam hari.
9..Mempunyai punuk hewan yang mempunyai punuk adalah unta. Punuk berguna untuk menyimpan makanan cadangan berupa lemak.

10. Mengeluarkan bau menyengat. Contoh hewan yang mengeluarkan bau menyengat adalah walang sangit dan sigung. Bau menyengat ini berguna untuk mengusir musuhnya.
11. Mempunyai sengat beracun. Hewan yang memiliki sengat beracun adalah lebah dan kalajengking. sengat beracun berguna untuk melindungi diri dari musuhnya, kemampuan autotomi memutuskan ekornya. Contoh hewan yang mampu melakukan autotomi adalah cicak dan kadal. (utotomi berguna untuk mengelabui musuhnya.

12. Mengubah warna kulit. Contoh hewan yang mampu mengubah warna kulitnya adalah bunglon. Mengubah warna kulit berguna untuk penyamaran agar terhindar dari musuh.

13. Memiliki leher panjang. Hewan yang memiliki leher panjang adalah jerapah. Leher  panjang ini berguna untuk mencari makanan berupa pucuk daun.

14. Memiliki sisik tebal dan keras. Hewan yang memiliki sisik tebal dan keras adalah trenggiling. Dengan melingkarkan tubuhnya tubuh trenggiling akan tertutup oleh sisiknya yang tebal dan keras sehingga terlindung dari musuhnya.

15. Memiliki lapisan empuk dan tebal. Hewan yang memiliki lapisan kaki empuk dan tebal adalah kucing. Lapisan kaki empuk dan tebal berguna untuk menyembunyikan kukunya.Pada saat berjalan kukunya ditarik masuk sehingga tidak bersuara, sehingga musuh tidak mendengar ketika didekatinya.
http://www.jatikom.com/2016/07/ciri-ciri-khusus-hewan-tumbuhan.html
16. Belang-belang pada tubuh Zebra dapat membantu sistem pertahanan sebra terhadap predator. Belang Zebra dapat membingungkan predator. Belang pada tubuh sebra memecah kontur rata hewan, menyamarkan bentuk asli zebra ketika sebra bergerak, pola itu lebih membingungkan lagi.
17.    Lalat : Lalat adalah jenis serangga yg berasal dai subordo Cyclorrapha dan ordo Diptera. antena lalat lebih kecil dari nyamuk, matanya besar yang disebut mata majemuk yg peka terhadap gerakan karena terdiri dari ribuan lensa, lalat memiliki sepasang sayap asli dan sayap kecil untuk menjaga stabilitas saat terbang


18.    Lebah : memiliki 3 pasang kaki dan 2 pasang sayap . lebah membuat sarang diatas bukit , pohon kayu dan atap rumah . sarangnya dibangun dari propolis dan diproduksi oleh kelenjar lebah betina yang ada didalamnya . lebah memakan nektar dan membantu penyerbukan bunga . dalam 1 koloni terdapat 3 jenis lebah yaitu ; lebah pekerja ,ratu lebah dan lebah jantan .


19.    Lele : Lele mempunyai Misai di bibirnya baik bibir bagian atas maupun bawah
Lele memiliki kulit yang licin, berlendir, dan tidak bersisik
Lele memiliki 7 sirip yang terdiri dari 3 sirip tunggal ( sirip punggung, sirip dubur, dan sirip ekor ) dan 2 sirip yang saling berpasangan ( sirip dada yang terletak di dada sebelah kanan dan kiri, sirip perut yang terletak di perut kanan dan kiri
Dua sirip dada lele sangat keras dan runcing, sirip ini disebut patil
Ikan lele memiliki organ arborescent/insang tambahan/labyrinth. Karena lele memiliki insang tambahan sehingga lele mampu bertahan hidup di air atau lumpur yang kandungan oksigennya sedikit


20.    Panda : Makan bambu , berbadan besar , tinggi sekitar 2 meter , berwarna hitam dan putih , hidup di subtropics


B.    Ciri Khusus Tumbuhan
1. Memiliki batang dan berongga. Tumbuhan yang memiliki batang berongga adalah teratai dan eceng gondok. Batang berongga berguna agara tumbuhan tersebut dapat mengapung di air. Khusus eceng gondok memiliki akar serabut yang banyak berfungsi agar tidak terbalik saat mengapung di air.


2. Mempunyai daun lebar dan tipis. Tumbuhan yang memiliki daun lebar dan tipis yaitu talas dan teraratai. Daun lebar dan tipis berguna untuk mempercepat penguapan air.

3. Bunga berbau busuk. Tanaman yang memiliki bunga berbu busuk adalah raflesia dan bunga bangkai. Bau busuk ini berguna untuk menarik serangga yang akan membantu penyerbukannya.

4. Berdaun kecil menyerupai duri. Tumbuhan yang berdaun kecil menyerupai duri adalah kaktus. Daun kecil menyerupai duri ini berguna untuk menguarngi penguapan.

5. Menghasilkan cairan untuk mencerna serangga. Tumbuhan yang menghasilkan cairan ini adalah kantong semar. Cairan ini berguna untuk mencerna makanan yang berupa serangga.

6. Mempunyai batang berduri. Tumbuhan yang memiliki batang berduri adalah mawar dan putri malu. Batang berdiri berguna untuk alat pertahanan terhadap musuh.

7. Mempunyai bulu gatal. Tumbuhan yang memiliki bulu yang gatal adalah bambu. Bulu gatal ini berguna untuk mempertahankan diri dari musuhnya.

8. Menggugurkan daun. Tumbuhan yang menggugurkan daunya di musim kemarau adalah pohon jati. Penguguran daun ini berguna untuk mengurangi penguapan.


9. Memiliki akar napas. Tumbuhan yang memiliki akar napas adalah bakau. akar nafas ini berguna untuk bernapas saat terjadi pasang naik. Selain itu akar bakau juga berguna untuk menahan terjangan ombak.


10.Venus : a. Daunnya berengsel dan berbulu yang berfungsi untuk menjebak serangga, b. Rambut peka yang berfungsi untuk mendeteksi mangsa, c. Menghasilkan cairan enzim yang berfungsi untuk mencerna serangga yang telah terjebak.

11. KUBIS (Brassica oleraceae)
http://www.jatikom.com/2016/07/ciri-ciri-khusus-hewan-tumbuhan.html


Kubis memiliki ciri khas membentuk krop (Daun yang tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih) , Warna sayuran ini yang umum adalah hijau.


12.KEMBANG KERTAS (Bougainvillea spectabilis)

Helaian daun bentuknya memanjang, ujung runcing, pangkal memeluk batang, tepi rata, tulang daun melengkung. Bentuk bunganya seperti bunga Aster, dengan warna yang beraneka ragam seperti merah tua, merah muda, kuning atau biru keunguan yang keluar dari ujung batang. Perbanyakan dengan biji.


13. KAKAO(Thebroma cacao)
http://www.jatikom.com/2016/07/ciri-ciri-khusus-hewan-tumbuhan.html
Tngginya dapat mencapai ketinggian 10m, Bunga kakao tumbuh langsung dari batang (cauliflorous). Bunga sempurna berukuran kecil (diameter maksimum 3cm), tunggal, namun nampak terangkai karena sering sejumlah bunga muncul dari satu titik tunas.

14.Tumbuhan Semangka : Tanaman merambat
Buahnya diatas daunnya
Biasanya ditanam di kebun
Ada bagian yang berwarna kuning
15. Tumbuhan Melinjo : Bijinya tidak dibungkus oleh daun buah, oleh karena itu ia termasuk kelompok gymnospermae.
daunnya agak lebar dan tulang daun berbentuk menyirip.
urat daunnya bermata jala.
buah melinjo sebenarnya adalah perkembangan dari biji pada bunga betina.
http://www.jatikom.com/2016/07/ciri-ciri-khusus-hewan-tumbuhan.html

16.Tumbuhan Lengkeng : Munculnya bunga di tiap-tiap ujung batang. Bunga tersebut berbentuk tandan dengan terdiri dari banyaknya bunga yang mengelilingi tandan. Biasanya pada tiap tandan bunga memiliki 50-an/bahkan bisa lebih untuk dipersiapkan menjadi bakal buah;
Biasanya dibagian masing-masing ujung batang tidak tumbuh tunas lagi, melainkan tumbuhnya bunga akan menjadi pertanda bahwa tanaman akan siap berbuah. Biasanya kelengkeng akan berbunga mulai bulan Juli - Oktober, namun ini bukan bulan yang pasti sebab beberapa varietas kelengkeng bangkok bisa berbuah tanpa mengenal musim.
Biasanya daunnya akan sedikit tumbuh banyak dari hal sepertinya, terkadang juga muncul tunas-tunas liar yang menutupi kanopi batang, maka ini harus dipangkas untuk merangsang pembentukan bunga agar lebih cepat, sehingga pada akhirnya akan membuat tanaman kelengkeng berbuah lebih banyak.
Beberapa varietas tanaman kelengkeng akan meranggas (daunnya rontok) ketika akan berbunga dan berbuah. Meskipun tiap varietas tersebut terkadang kerontokan daun tidak terlalu banyak hanya pada bagian-bagian tertentu saja seperti diujung tunas batang dimana disitu nantinya akan terbentuk tandan bunga.
17.Tumbuhan Rambutan : Berbiji terbuka,daging buah berwarna putih,akar tunggang,batang beranting,daun berkelompok, kulit buah berwarna merah dan berbulu,tumbuh di daerah yang terdapat banyak air

18. pohon jati : Ciri Khusus Tanaman Pohon Jati:Ketika muda (semai) batang berbentuk segi empat karena termasuk Fam. Verbenaceae,Ciri Khusus Pohon Jati dengan Perakaran dalam dengan tipe tunggang,Batang monopodial (hanya memiliki satu batang pokok),Tipe percabangan arah agak keatas,Tipe daun tunggal,Duduk daun berseling,Bentuk daun oblong,Tipe perbungaan malai hingga malai rata,Tipe buah batu (terdiri dari 3 lapisan),Kayu termasuk kualitas awet.Meranggas saat musim kemarau

19. Tumbuhan Bambu : Tanaman bambu termasuk dalam suku rumput-rumputan. Bambu memiliki batang yang beruas-ruas dan berongga. Bambu dapat menahan larutnya tanah dari kikisan air sehingga mencegah terjadinya erosi. Bambu dapat tumbuh lebih cepat dari tanaman lain.Ada yang pertumbuhan bambu mencapai 40 cm/hari dan mencapai ketinggian 37 meter. Dan dibagian buku bambu, terdapat jaringan meristem. Bambu dapat bertahan hidup walaupun kekurangan air. Bambu bertahan hidup dengan menggugurkan daunnya sampai mendapai pasokan air yang cukup.
20. Tumbuhan Jambu air : Tanaman Jambu air (Eugenia aquaea) mempunyai ciri sebagai berikut:
- Kalau dari batang: Batang jelas terlihat, berkayu (lignosus), silindris, tegak, kulit kasar, batang berwarna coklat kehitaman, percabangan simpodial.
- Helaian daun berbentuk jorong, daun bertulang menyirip, ibu tulang daun (costa), tulang-tulang cabang (nervus lateralis) tampak jelas, dan urat-urat daun (vena) terlihat jelas.
- Pangkal daun tidak membentuk sudut melainkan berlekuk.
- Tangkai daun berbentuk silindris dan tidak menebal pada bagian pangkalnya.

Advertisements
Back To Top