Fungsi Pilcrow pada Microsoft Office Word

Fungsi Pilcrow pada Microsoft Office Word




Fungsi Pilcrow pada Microsoft Office Word - Tanda penulisan yang Paragraph Mark atau Pilcrow biasanya digunakan pada akhir paragraf atau bagian teks utama. Juga digunakan sebagai tanda referensi. Bentuk tanda paragraf akan bervariasi tergantung dari tipografi letterforms.
Tanda Paragraph Mark ini adalah karakter yang digunakan dalam mengedit dan mencetak untuk menunjukkan awal dari sebuah paragraf baru.



Pilcrow dapat digunakan sebagai indentasi paragraf terpisah atau untuk menunjuk sebuah paragraf baru dalam satu potongan panjang paragraph. Pilcrow biasanya digambar mirip dengan huruf kecil q, loopnya dapat diisi atau tidak diisi.

Ketika kita menulis sebuah naskah lalu kita akan mengeditnya, biasanya orang akan selalu memanfaatkan fasilitas Pilcrow ini sebagai bahan untuk pengeditan sebelum dicetak, sehingga dengan menampilkan simbol pilcrow, pada sebuah naskah akan terlihat jelas beberapa tanda lain sebagai pedoman untuk pengeditan.

Diantaranya pilcrow (yang ditandai dengan simbol q), tanda paragraph tabs( ditandai dengan tanda panah kanan), spasi (ditandai dengan tanda titik ditengah teks) dan lain-lain. Sehingga dengan mengaktifkan paragraph mark Anda dapat mengetahui setidaknya kesalahan dalam pengetikan sebuah naskah.

Adapun cara mengaktifkan paragraph mark adalah:
Aktifkan ribbon Home lalu pada kelompok Paragraph klik simbol Pilcrow.



Cara lain untuk mengetahui paragraph mark adalah dengan menggunakan navigasi bantuan dengan menekan Ctrl+F,



Maka disebelah kanan akan terihat panel navigation. Lalu ketik ^p untuk melihat parapgraph mark dengan ditandai warna abu-abu atau gray . Ketik ^w untuk melihat tanda spasi yang ditandai juga dengan warna kuning.


Advertisements
Back To Top