Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya

Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya


Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya - Pengertian Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer dalam ruang lingkup suatu teknologi. Maksudnya adalah dalam suatu jaringan komputer ada sekumpulan alat komputer yang termasuk didalamnya perangkat keras (hardware) tambahan. Dari beberapa komponen tersebut, jaringan komputer bertugas menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer dibangun tujuan utamanya adalah untuk saling bertukar data dan informasi.
Jenis Jaringan Komputer
Jaringan komputer dibagi menjadi beberapa jenis. Selain itu jenis jaringan komputer juga dapat ditinjau dari berbagai aspek. Simak penjelasannya dibawah ini.
Jaringan komputer berdasarkan luas jangkauannya

LAN (Local Area Network), yakni jaringan komputer yang memiliki luas jangkauan yang tidak terlalu luas atau sempit. Jenis jaringan ini biasa digunakan didalam sebuah gedung seperti sekolah, perkantoran, rumah sakit dll.
MAN (Metropolitan Area Network), yakni jaringan komputer dengan luas jangkauan sedikit cukup luas sekitar 50km. Jaringan ini biasa digunakan oleh instansi dalam jarak yang cukup jauh misalnya antarkota.
WAN (Wide Area Network), yakni jaringan komputer yang luas jangkauannya cukup luas yang mencakup antarnegara.
Internet (Interconnected Network), yakni jaringan komputer dengan akses tanpa batas yang mencakup belahan dunia manapun.

Jaringan komputer berdasarkan fungsinya

Pengertian Jaringan Komputer, Jenis Dan Manfaatnya
Client-Server, yakni jaringan komputer yang didalamnya harus terdapat perangkat komputer khusus. Komputer client dan komputer server adalah dua perangkat komputer yang harus ada dalam jaringan client-server yang mempunyai fungsi berbeda. Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.
Peer-to-Peer, yakni jaringan komputer dimana seluruh perangkat komputer mempunyai basis yang sama. Maksudnya adalah semua komputer bisa menjadi server ataupun client secara bersamaan. Jadi, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

Jaringan komputer berdasarkan topologi

Topologi Bus
Topologi Star
Topologi Ring
Topologi Mesh
Topologi Peer to Peer
Topologi Linier
Topologi Tree
Topologi Hybrid

Jaringan komputer berdasarkan media transmisi

Jaringan komputer berkabel (Wired Network), yakni jaringan komputer yang menggunakan media transmisinya berupa kabel saat melakukan pertukaran data antar komputer.
Jaringan komputer nirkabel (Wireless Network), yakni jaringan komputer yang penggunaannya tidak menggunakan kabel saat melakukan pertukaran data maupun informasi.

Manfaat Jaringan Komputer
Ada beberapa manfaat dari jaringan komputer, antara lain:

Jaringan komputer dapat membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dengan mudah. Bersamaan dengan itu pengguna juga dapat mengirim ataupun menerima file dengan berbagai format, misalnya teks, gambar, audio, video dll apapun itu dengan menggunakan jaringan komputer.
Jaringan komputer membuat kita dapat melakukan proses pengiriman data dengan cepat, simpel dan efisien.
Dengan jaringan komputer kita bisa mengakses berita atau informasi yang kita butuhkan dengan sangat mudah melalui internet, dimana internet merupakan salah satu jaringan komputer.
Kita bisa menggunakan satu alat untuk banyak orang dalam sebuah instansi atau perkantoran, contoh dalam sebuah kantor dengan banyak pengguna komputer bisa menggunakan satu printer dengan bantuan jaringan komputer.

Advertisements
Back To Top