Pengisian Baterai laptop berhenti sendiri ketika kabel digerakkan

Pengisian Baterai laptop berhenti sendiri ketika kabel digerakkan


Pengisian Baterai laptop berhenti sendiri ketika kabel digerakkan - Pengisian Baterai laptop berhenti ketika kabel daya pada adaptor DC  digerakkan. Laptop ini memiliki masalah daya. Ketika saya menggerakan kabel ke kiri atau kanan, lampu LED daya di bagian depan langsung off dan LED  pengisian baterai juga mati kemuaian. Dalam keadaan ini artinya baik baterai maupun power adapter masih baik tetapi masalah pada sambungan, entah socket atau jack.


Kejadian ini berulang-ulang jika charge laptop dipasang awalnya berfungsi baik tapi begitu kabel goyang sedikit laptop langsung mati lagi. Saya mencurigai DC-IN power jack. Dalam hal ini tindakan pertama adalah mengukur tegangan keluaran charge jika normal walaupun kabel digoyang maka sudah pasti DC-In power jack. Tegangan diukur lalu kabel digoyang seperti gambar dibawah ini dan ternyata tidak ada masalah.

Berarti sekarang saatnya membuka laptop dan memeriksa DC-in jack. 



Gambar di atas menunjukkan power dc-in yang harus dibuka dan dicek dengan avometer. Lihat gambar berikut. Pada DC-in power jack ini ada 4 jalur dengan tegangan sama, dua postip dua negative. Lihat gambar di bawah;

Pengukuran pertama seperti di atas berhasil artinya tidak ada masalah pada jalur ini.



Pengukuran tegangan pada kabel sisi luar di atas ternyata tegangan nl artinya koneksi terputus. Di sini masalahnya. Jalan keluarnya ganti saja dengan yang baru. Moga-moga anda bisa mendapatkan yang seperti ini.

Masalah ini dapat diselesaikan dengan pergantian DC-IN power jack dengan yang baru.
Dalam beberapa laptop DC-in jack menggunakan kabel yang disolder ke mainboard dan jika itu terjadi maka tidak mudah mengganti yang rusak karena solderan kabel. 

Hasilnya setelah selesai seperti gambar di atas, silahkan tes pekerjaan moga-moga berhasil. Selesai. Sebagai saran agar anda tidak mengalami ini, seharusnya ketika charge terpasang kabel tidak boleh terlalu banyak digoyang. Posisikan jack pada posisi yang aman dari gerakan atau sentukan yang sifatnya memaksa bergerak.

Advertisements
Back To Top