Cara Mengatasi Baterai Tidak Bisa Mengisi Pada Laptop

Cara Mengatasi Baterai Tidak Bisa Mengisi Pada Laptop



Cara Mengatasi Baterai Tidak Bisa Mengisi Pada Laptop -Batterei Tidak Bisa Terisi Pada Laptop dan sangat menjengkelkan karena lampu indikator atau simbol charger pada desktop menunjukkan charger normal tetapi kenyatannya batterei laptop tidak terisi alias batterei tidak bisa charge. Dari pengalaman saya, penyebab tidak bisa charge atau charge tidak mengisi ada bebebagai macam.
Kondisi ini nampaknya sering terjadi pada hampir setiap merek laptop, tidak peduli laptop merek ternama atau laptop kelas dua, dan dapat saya simpulkan bahwa ini adalah penyakit umum pada laptop. Dibawah ini ada beberapa jalan yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah charge batterei laptop;
  1. Kemungkinan besar masalah Anda berhubungan dengan baterai. Ternyata baterai tidak bekerja dengan benar dan tidak memberi catu daya laptop ketika charger dicabut. Jika laptop Anda bekerja dengan baik ketika adapter terpasang tetapi berhenti bekerja ketika dicabut (laptop ikut mati) berarti baterai laptop Anda rusak atau laptop Anda tidak mengisi baterai dengan benar.
  2. Pastikan bahwa power adapter telah melakukan pengisian daya selama minimal dua jam sebelum mencoba untuk dicabut.
  3. Buka dan pasang kembali batterei di laptop anda, mungkin kedudukannya tidak tepat sehingga tidak bisa terisi
  4. Boot ke sistem BIOS, dan lihat apakah ada yang aneh berkaitan dengan baterai. JANGAN mengubah sesuatu kecuali anda tahu pengaturan awalnya. Jika ternyata BIOS normal, biarkan windows jalan beberapa puluh menit, dan lihat apakah persentase charge tidak berubah sama sekali.
  5. Jika presentase pengisian naik tapi kenyataanya langsung drop beberapa saat setelah power adapter dilepas, berarti batterei bocor, anda dapat merefil baterai pada toko service laptop.
  6. Gunakan utilitas baterai pihak ketiga untuk mendiagnosa keadaan baterai. Sebagai contoh, BatteryCare adalah utilitas perangkat lunak bebas yang mampu melakukan hal ini. Silahkan googling dan lakukan tes.
  7. Jika Anda masih mengalami masalah yang sama bahkan dengan menggunakan baterai baru, kemungkinan besar ada masalah dengan motherboard.
Namanya buatan manusia jadi saya yakin masalah Batterei Tidak Bisa Terisi Pada Laptop, oleh karena itu rawatlah batterei laptop anda dengan benar sehingga anda terhindar dari masalah-masalah seperti di atas.
Advertisements
Back To Top