Contoh karangan narasi TERLENGKAP

Contoh karangan narasi TERLENGKAP


Contoh karangan narasi TERLENGKAP - Karangan narasi adalah karangan yang menceritakan suatu kejadian secara runtut sesuai dengan urutan waktu (kronologis).Karangan narasi tidak hanya bisa digunakan untuk menulis sebuah karya fiksi, tapi juga fakta, maka karangan atau tulisan narasi bisa digunakan untuk banyak tujuan, seperti, sejarah, novel, berita, biografi, dan lain-lain.Di dalamnya terdapat peristiwa atau kejadian dalam sebuah urutan waktu, di mana tokoh di dalamnya berinteraksi dalam berbagai konflik yang terjadi.Pertautan antara ketiga unsur tersebut; peristiwa atau kejadian; munculnya tokoh; dan adanya konflik; disebut dengan plot atau alur.Secara sederhana, karangan narasi ialah karangan atau tulisan yang dipaparkan berdasarkan plot atau alur.Naras Fiksi dan Non Fiksi Sebagaimana defnisi karangan narasi di atas, membedakan karangan narasi menjadi dua bagian fiksi dan non fiksi dapat lebih memperjelas bentuk karangan narasi.

Karangan narasi fiksi ialah karangan narasi yang mengisahkan cerita, peristiwa, atau kejadian tidak nyata sesuai dengan imajinasi penulis.Masuk dalam kategori ini adalah karangan narasi dalam bentuk tulisan novel, cerpen, legenda, dan lain-lain.Sebaliknya, karangan narasi non fiksi berupa cerita, kejadian, atau peristiwa yang nyata berdasarkan investigasi (penyelidikan), observasi (pengamatan langsung), atau riset referensi.Masuk dalam kategori ini adalah karangan narasi dalam bentuk penulisan sejarah, biografi, autobiografi, berita (baik straight news maupun depth news), dan lain-lain.Tujuan Menulis Karangan Narasi Dalam setiap bentuk penulisan, penulis tentu melakukannya dengan tujuan tertentu.Untuk karangan narasi, setidaknya karangan tersebut bisa berfungsi untuk; 1) memberikan informasi atau wawasan dan memperluas pengetahuan; dan 2) Memberikan pengalaman estetis kepada pembaca.
Unsur Karangan Narasi Untuk menulis sebuah karangan narasi perlu diketahui beberapa unsur-unsur penting dalam tulisan narasi. Unsur-unsur ini menjad cirikhas yang membedakan antara tulisan narasi dan tulisan dalam bentuk lain. Berikut unsur-unsurnya:

Tema : Tema adalah pokok pembicaraan yang menjadi dasar cerita.
Alur atau Plot :Alur atau plot adalah jalinan cerita antara satu peristiwa dengan satu peristiwa lainnya.
Setting tempat dan waktu : Setting adalah lokasi dan waktu kejadian dalam suatu cerita.
Watak atau Karakter : Watak atau Karakter adalah sifat, perangai atau tingkah laku suatu tokoh.
Suasana : Suasana adalah kesan yang ditimbulkan sehingga pembaca dapat turut merasakan suasana yang dihadapi oleh pelaku. Dalam suasana terdapat masalah atau konflik dan resolusi atau penyelesaian masalah.
Amanat/ moral cerita : Amanat adalah pesan yang terkandung dalam suatu cerita.
Sudut pandang pengarang.: Sudut pandang berhubungan dengan dari mana penulis memandang suatu peristiwa. Umumnya penulis menceritakannya dari sudut pandang orang pertama atau orang ketiga.

Langkah menyusun narasi ( terlebih yang berupa fiksi ) condong dikerjakan melewati sistem kreatif, diawali dengan melacak, mendapatkan, serta menggali ide oleh dikarenakan itu, cerita dirangkai gunakan rumus 5 w + h, yang bisa disingkat jadi adik simba.

a. ( what ) apa yang dapat dikisahkan,
b. ( where ) dimana seting/lokasi ceritanya,
c. ( when ) kapan peristiwa-peristiwa berjalan,
d. ( who ) siapa pelaku ceritanya,
e. ( why ) kenapa peristiwa-peristiwa itu berlangsung, dan
f. ( how ) bagaimana cerita itu di uraikan.

Contoh
Kesialanku Pas jam 11. 00 wib pekan lantas, saya baru pulang dari kuliah. Layaknya umumnya saya pulang kerumah naik ojek yang beraa didepan kampusku. Kebetulan waktu itu matahari amat terik-teriknya hingga udara panas menyelimuti tubuhku serta lagi ditambah rasa lapar yang sejak tadi menghantuiku, bikin situasi waktu itu tidak mengenakkan untukku.

Diperjalanan menuju kerumah terselip perihal lucu, nyatanya ojek yang saya naiki salah jalur. Semula saya pernah kesal tetapi sesudah ia bicara untuk bertanya jalur yang benar, ia memakai logat bahasa jawa yang tidak ku tahu. Tanpa sengaja saya tertawa kecil. Tetapi saya nalar saja maksudnya yaitu menanyakan jalur yang benar. Perihal tersebut cukup bikin ku geli disaat terik matahari yang semakin menusuk tubuhku.

Sesampainya dirumah kesialan kembali menerpaku. Nyatanya rumahku tetap terkunci, tidak seorangpun yang ada di dalam tempat tinggal serta kebetulan waktu itu saya tidak membawa kunci cadangan. Kembali saya jadi amat kesal waktu itu. Selanjutnya saya menanti untuk sebagian menit sampai orang tua ku kembali. 10 menit pertama sudah berlalu, saya tetap duduk di kursi teras depan rumahku. 10 menit selanjutnya lalu sudah jalan tanpa kusadari, lagi-lagi tidak kujumpai orang rua ku kembali.

Sesudah hamper 40 menit saya menanti dengan rasa jemu. Terbesit sekilas dalam pikiranku untuk menghubungi orang tua ku. Selanjutnya saya menghubungi orang tua ku. Saya heran kenapa perihal ini tidak terpikirkan olehku sejak tadi, barangkali dikarenakan terlampau emosi hingga perihal sekecil itu tidak lagi terpikirkan olehku.


Contoh #2 Putri natasha serta putri andine
Satu hari disebuah kerajaan besar lahirlah seorang putri cantik yang bernama putri natasha. Berwajah amat cantik serta lucu. Putri natasha lahir dari pasangan raja anthum serta ratu aurora. Seluruh orang amat bahagia waktu kelahiran putri yang sudah dinanti-nantikan itu. Pas dihari kelahiran putri natasha, didepan pintu gerbang istana ada seorang bayi kecil yang tergeletak tidak berdaya. Selanjutnya dikarenakan pihak istana tidak tega untuk menyingkirkannya, bayi tersebut lantas diasuh oleh pihak istana serta dinamakan putri andine
Dua tahun sudah berlalu, putri natasha serta putri andine sudah beralih jadi putri-putri yang lucu, mereka sudah jadi layaknya saudara kandung sendidri. Raja serta ratu lalu suka lihat keakraban mereka, walau mereka belum memberitahukan bahwa putri andine tidaklah anak kandung mereka.
Waktu menginjak umur 12 tahun, putri natasha tampak lebih cantik dari pada putri andine. Serta juga putri natasha lebih serupa ratu aurora. Putri andine yang saat itu mengerti bahwa putri natasha lebih cantik darinya serta lebih serupa pada sang ratu, memiliki kemauan tidak baik pada putri natasha.

Satu hari putri andine yang sudah beniat jahat pada putri natasha coba bikin wajah putri natasha jadi jelek rupa dengan menyiramkan air panaas pada putri natasha. Tetapi sebelum saat pernah ia coba melakukannyaa, kemauan jahatnyaa sudah diketahui oleh ratu aurora.
Selanjutnya sang ratu menceritakan kenapa ia tidak serupa dengan ratu aurora. Putri andine selanjutnya mengerti serta kembali jadi baik pada putri natasha. Serta saat ini mereka jadi putri-putri yang sangat dikagumi dinegeri tersebut.

Contoh Karang Narasi
 Ir. Soekarno, presiden republik indonesia pertama yaitu seorang nasionalis. Ia memimpin pni pada tahun 1928. Soekarno menggunakan waktunya di penjara serta di area pengasingan dikarenakan keberaniannya menentang penjajah.

Soekarno mengucapkan pidato perihal dasar-dasar indonesia merdeka yang diberi nama pancasila pada siding bpupki tanggal juni 1945.

Soekarno berbarengan mohammad hatta sebagai wakil bangsa indonesia memproklamasikan kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 agustus 1945. Ia ditangkap belanda serta diasingkan ke bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke yogya serta dipulihkan kedudukannya sebagai presiden ri pada tahun 1949.

Jiwa kepemimpinan serta perjuangannya tidak dulu pupus. Soekarno berbarengan pemimpin-pemimpin negara yang lain jadi juru bicara untuk negara-negara nonblok pada konfrensi asia afrika di bandung tahun 1955. Nyaris seluruh perjalanan hidupnya dihabiskan untuk berbakti serta berjuang.

Contoh narasi fiksi
Saya tersenyum sembari mengayunkan langkah. Angin dingin yang menerpa, bikin tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan ke-2 telapak tangan ke dalam saku jaket, coba memerangi rasa dingin yang merasa demikian menyiksa.
Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku saat eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak dapat kurindui saat saya sudah kembali ke tanah air. Namun wajah ayu dihadapanku, akankah kurindui juga ?

Ada yang berdegup keras didalam dada, tetapi kuusahakan untuk menepiskannya. Janganlah, bowo, sergah hati kecilku, janganlah biarlah hatimu terbagi. Ingatlah ratri, dia sedang menanti kepulanganmu dengan seluruh cintanya.

PERJALANAN CINTAKU
Aku sebenarnya sudah lama mengenal ‘CINTA’. Tepatnya sejak kelas 7 MTs. Mengawali cinta pertama yang sudah kandas, aku pun kembali berlayar mencari hati yang bisa untuk ku singgahi, dan akhirnya 13 oktober 2011 aku menemukan seseorang yang bisa menerimanku.Walaupun awalnya belum saling mengenal. 2 minggu kemudian aku akhirnya memutuskan untuk menemuinya.Dan wooowww, aku terkejut menyadari orang yang sering menyatakan cinta kepadaku begitu sempurna di mataku.Ya, dengan mata yang sayu, bibir tipis dan hidung mancung, serta kulit putih lembut. Membuatku merasa sangat beruntung memiliki boyfriend seperti dia.Namun sayang, hubungan kami terhalang jarak dan waktu, 2 tahun perpacaran dihiasi suka duka karena keterbatasan ku untuk menemuinya membuat dia sudah mulai berubah, sering marah dan terang-terangan mengakui kalau dia sudah mempunyai wanita selain aku. Hal itu membuatku terpukul, aku mencoba menerima keadaan tersebut dengan tetap menjalin hubungan dengannya.Dan pada akhirnya aku memang tak ditakdirkan untuknya.Aku mencoba untuk melupakan semua tentang dia, dan sayangnya bayangan tersebut tetap ada dalam bayanganku. Hingga akhirnya aku kembali menemukan seorang lelaki yang kali ini aku yakin aku tidak akan pernah gagal lagi, namanya Aditya Ramadan, aku sangat menyayanginya, begitu pula dengan dia.Yang membuatku semakin jatuh cinta ia lahir pada bulan yang sama dengan ku, yaitu 4 februari, sedangkan aku 3 februari. Hubungan kami begitu romantis dengan bumbu kecemburuan dan keegoan.Aku bersyukur pada tuhan karena aku sudah dipertemukan dengan orang yang benar-benar menyayangiku, Walau kadang aku sering marah marah, justru itu yang katanya membuat dia tambah sayang.“Sayang jangan nangis” kata-kata itu yang sering keluar ketika aku melakukan ritual curhat kepadanya. Karena banyaknya masalah yang aku panggul dan ketakutanku ketika membayangkan kalau orang yang kucintai pergi bersama orang lain, tapi dugaanku salah, dengan setianya dia terus bersamaku sampai sekarang.
DIRIKU

Saya dilahirkan oleh kedua pasangan Bapak Hendro Suranto Kartodimedjo dan Ibu Bertha Tiur Ciptaningsih, di RS Hermina, Bekasi, Jawa Barat pada hari Jumat tanggal 13 Maret tahun 2000 dengan nama, Christopher Alma Suranto, biasa dipanggil dengan sebutan Christo (Kristo). Saya dilahirkan normal.Saya berjenis kelamin Laki-laki. Saya adalah anak ketiga dan terakhir dari 3 bersaudara, kedua kakak saya berjenis kelamin laki-laki, kakak pertama saya bernama Alberto Omni Suranto, dia dilahirkan di Jakarta, 16 Desember tahun 1993 tetapi sayangnya dia meninggal karena kecelakaan motor pada tanggal 20 Juni tahun 2010 jam 20:00 WIB di jalan Madrid, Kota Wisata, Cibubur. Kakak kedua saya lahir pada tanggal 29 Januari tahun 1999 dengan nama Beneditto Nefi Suranto. Saya beragama Kristen dan dibaptis pada tanggal 16 Maret tahun 2008.Saya selalu bercita-cita menjadi dokter.Saya ingin menjadi dokter karena saya selalu ingin membantu orang yang membutuhkan. Saat ada waktu luang saya senang untuk berenang dan snorkeling. Saya telah menjelajah beberapa pulau untuk snorkeling seperti Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, Bunaken di Manado, Bali dan Kepulauan Karimunjawa.Saya sangat suka makanan Sambel Goreng Krecek dan warna Biru.
5

Biografi Mohamad Amin, S.Pd., M.Si., Ph.D

Lahir Pada tanggal 19 Januari 1967 di Nganjuk, Jawa Timur. beliau menyelesaikan program Sarjana dalam bidang Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Malang pada tahun 1991 dan program Magister dalam bidang reproduksi dan perkembangan hewan di Jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung pada tahun 1997. Gelar Doktor (Ph.D.) diperoleh dari Institut of Animal Breeding and Husbandry , Faculty of Agriculture, Martin Luther University Halle-Wittenberg, Germany dan bidang genetika dan biologi molekuler padatahun 2003.
Sejak athun 1993 hingga sekarang, beliau asalah dosen Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Selama pengabdian di UM, beliau ditunjuk menjadi :
1) anggota tim penyusun proposal TPSDP (Technological and Propesional Skill Development Project Batch III) Jurusan Biologi UM pada Tahun 2003;
2) anggota tim penyusun Evaluasi Diri Jurusan Biologi UM pada tahun 2003;
3) anggoata tim pengembang Lembaga Penelitian UM dan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup pada tahun 2003 hingga sekarang;
4) anggota Task Team C (Information and Dissemination) JICA IMSTEP di FMIPApada tahun 2003 hingg sekarang;
5) anggota tim pelaksan Proyek Hibah Kompetisi A2 untuk Jurusan Biologi UM pada tahun 2003 hinga sekarang;
6) ketua Program StudiPendidikan Biologi S2/S3 PPS UM pada tahun 2008 hingga sekarang.
Selain itu, beliau pernah menjadi pemateri workshop tentan pembelajaran MIPA dan bioteknologi. Beberapa buku penunjang perkuliahan yang telah ditulisnya adalahTingkah Laku Hewan pada tahun 2001, Biokimia (Asam Amino , Protein dan Enzim) pada tahun 2003, dan Pengantar Evolusi Molekuler pada tahun 2003.Beliau pernah meraih penghargaan sebagai peserta terbaik I pada Pelatihan Audit Lingkungan Angkatan ke-10 PSLH UGM pada tahun 2006.
IR. SOEKARNO

Ir. Soekarno, presiden republik indonesia pertama yaitu seorang nasionalis. Ia memimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno menggunakan waktunya di penjara serta di area pengasingan dikarenakan keberaniannya menentang penjajah.Soekarno mengucapkan pidato perihal dasar-dasar indonesia merdeka yang diberi nama pancasila pada siding BPUPKI pada bulan juni 1945.Soekarno bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsa indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945. Ia ditangkap oleh Belanda serta diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke Jogjakarta serta dipulihkan kedudukannya sebagai presiden Republik Indonesia pada tahun 1949.Jiwa kepemimpinan serta perjuangannya tidak pernah padam. Soekarno bersama pemimpin-pemimpin negara yang lain jadi juru bicara untuk negara-negara nonblok pada konfrensi asia afrika di Bandung tahun 1955. Nyaris seluruh perjalanan hidupnya dihabiskan untuk berbakti serta berjuang demi negara Indonesia tercinta.
DOMNEST OUTALK
Tahun 1878 di sebuah kota kecil bernama Bonstok, Bosnia, terdapat sepasang suami istri yang sedang tersenyum menyambut kedatangan buah hatinya yang lahir kedunia. Ialah Domnest Outalk, seorang anak yang nantinya akan memimpin negara tempat kelahiranya tersebut. Waktu berlalu, hingga menginjak tahun 1891 ketika sang patriot muda memutuskan untuk mencari jati dirinya di tanah perantauan jauh dari ayah bundanya. Namun bukan tanpa hasil 10 tahun berselang, Agustus 1901, ia berhasil mencapai jajaran konsulat negara yang dipandang. Dan berkat tetesan darah dan keringat, tampak kekuasaan tertinggi pun dapat ia raih di tahun 1913. Pencapaian yang sungguh membanggakan kedua orang tuanya.
Putri Natasha dan Putri Andine
Suatu hari disebuah kerajaan besar lahirlah seorang putri cantik yang bernama Putri Natasha.Wajahnya sangat cantik dan lucu.Putri Natasha lahir dari pasangan Raja Anthum dan Ratu Aurora.Semua orang sangat bahagia saat kelahiran Putri yang telah ditunggu-tunggu itu.Tepat dihari kelahiran Putri Natasha, didepan pintu gerbang istana terdapat seorang bayi kecil yang tergeletak tak berdaya. Akhirnya karena pihak istana tak tega untuk menyingkirkannya, bayi tersebut kemudian diasuh oleh pihak istana dan diberi nama Putri Andine. Dua tahun telah berlalu, Putri Natasha dan Putri Andine telah berubah menjadi putri-putri yang lucu, mereka telah menjadi seperti saudara kandung sendidri.Raja dan ratu pun senang melihat keakraban mereka, meskipun mereka belum memberitahukan bahwa Putri Andine bukanlah anak kandung mereka.Saat menginjak usia 12 tahun, Putri Natasha terlihat lebih cantik daripada Putri Andine. Dan juga Putri Natasha lebih mirip Ratu Aurora.

Putri Andine yang ketika itu menyadari bahwa Putri Natasha lebih cantik darinya dan lebih mirip kepada sang Ratu, mempunyai niat tak baik kepada Putri Natasha. Suatu hari Putri Andine yang telah beniat jahat kepada Putri Natasha mencoba membuat wajah Putri Natasha menjadi buruk rupa dengan menyiramkan air panaas kepada Putri Natasha. Namun sebelum sempat ia mencoba melakukannyaa, niat jahatnyaa telah diketahui oleh Ratu Aurora. Akhirnya sang Ratu menceritakan mengapa ia tak mirip dengan Ratu Aurora. Putri Andine akhirnya menyadari dan kembali menjadi baik kepada Putri Natasha.Dan sekarang mereka menjadi putri-putri yang paling dikagumi dinegeri tersebut.

Kesialanku
Pas jam 11. 00 wib pekan lantas, saya baru pulang dari kuliah.Layaknya umumnya saya pulang kerumah naik ojek yang beraa didepan kampusku.Kebetulan waktu itu matahari amat terik-teriknya hingga udara panas menyelimuti tubuhku serta lagi ditambah rasa lapar yang sejak tadi menghantuiku, bikin situasi waktu itu tidak mengenakkan untukku.Diperjalanan menuju kerumah terselip perihal lucu, nyatanya ojek yang saya naiki salah jalur. Semula saya pernah kesal tetapi sesudah ia bicara untuk bertanya jalur yang benar, ia memakai logat bahasa jawa yang tidak ku tahu. Tanpa sengaja saya tertawa kecil.Tetapi saya nalar saja maksudnya yaitu menanyakan jalur yang benar.Perihal tersebut cukup bikin ku geli disaat terik matahari yang semakin menusuk tubuhku.Sesampainya dirumah kesialan kembali menerpaku.Nyatanya rumahku tetap terkunci, tidak seorangpun yang ada di dalam tempat tinggal serta kebetulan waktu itu saya tidak membawa kunci cadangan.Kembali saya jadi amat kesal waktu itu.Selanjutnya saya menanti untuk sebagian menit sampai orang tua ku kembali. 10 menit pertama sudah berlalu, saya tetap duduk di kursi teras depan rumahku. 10 menit selanjutnya lalu sudah jalan tanpa kusadari, lagi-lagi tidak kujumpai orang rua ku kembali.Sesudah hamper 40 menit saya menanti dengan rasa jemu. Terbesit sekilas dalam pikiranku untuk menghubungi orang tua ku.Selanjutnya saya menghubungi orang tua ku.Saya heran kenapa perihal ini tidak terpikirkan olehku sejak tadi, barangkali dikarenakan terlampau emosi hingga perihal sekecil itu tidak lagi terpikirkan olehku.

Mario Teguh
Nama asli dari Mario Teguh adalah Sis Maryono Teguh, namun saat tampil di depan publik, ia menggunakan nama Mario Teguh. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang. Mario Teguh sempat bekerja di Citbank, kemudian mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp. Menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan Senior Consultan. Beliau juga membentuk komunitas Mario Teguh Super Club(MTSC). Pak Mario lahir di Makassar, 5 Maret 1956.Tahun 2010 kembali meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai Motivator dengan Facebook Fans terbesar di dunia.Di awal tahun 2010 , beliau terpilih sebagai satu
8
dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika surat kabar yang terbit di Jakarta.Sebelumnya beliau membawakan acara bertajuk Bussiness Art di O’Channel. Kemudian namanya semakin dikenal luas oleh masyarakat ketika ia membawakan acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Pada saat ini Mario Teguh dikenal sebagai salah satu motivator termahal di Indonesia.Di tahun 2003, beliau mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama.

Biografi Dr.(H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta

(Populer sebagai Bung Hatta) lahir di Fort de Kock, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 - meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun, adalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Ia mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta dikenalSebagai Bapak Koperasi Indonesia. Bandar Udara Internasional Jakarta menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasanya sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia.Nama yang diberikan oleh orangtuanya ketika dilahirkan adalah Muhammad

Athar.Anak perempuannya bernama Meutia Hatta menjabat sebagai Mentri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam Kabinet Indonesia Berdatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta.Bung Hatta adalah nama salah seorang dari beribu pahlawan yang pernah memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan Indonesia. Sosok Bung Hatta telah menjadibegitu dekat dengan hati rakyat Indonesia karena perjuangan dan sifatnya yang begitu merakyat. Besarnya peran beliaudalam perjuangan negeri ini ehingga disebut sebagai salah seorang "The Founding Father's of Indonesi".Berbagai tulisan dan kisah perjuangan Muhammad Hatta telah ditulis dan dibukukan, mulai dari masa kecil, remaja, dewasa dan perjuangan beliau untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Namun dalam hal yang rasanya perlu sedikit digali dan dipahami, yaitu melihat Bung Hatta sebagai tokoh organisasi san partai politik . hal ini dikaitkan dengan usaha melihat perkembangan kegiatan dan ketokohan beliau di dunia politik Indonesia saat ini. Maka pantas rasanya kita ikut melihat perjuangan dan perjalanan kegiatan politik Bung Hatta.Setelah perng dunia I berakhir generasi muda Indonesia yang berprestasi makin banyak yang mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan luar negeri seperti di Belanda dan Kairo (Mesir).Hal ini diperkuat dengan dibelakukanya politik balas budi oleh Belanda. Bung Hatta adalah salah seorang pemuda yang beruntung , beliau mendapat kesempatan belajar di Belanda. Kalau kita memperhatikan semangat berorganisasi Bung Hatta, sebenarnya telah tumbuh sewaktu beliau berada di Indonesia. Beliau pernah menjadi ketua Jong Sumatera (1918-1921) dan semngat ini makin membara dengan asahan dari kultur pendidikan Belanda / Eropa yang bernafas demokrasi dan keterbukaan.

TERLAMBAT MASUK SEKOLAH
Perkenalkan namaku Sulis Rinanda.Aku bersekolah di SMP negeri 50 Palembang tepatnya di jalan Bambang Utoyo.Sekolahku adalah salah satu sekolah tervaforit di Palembang.Pagi itu pagi yang cerah, seperti biasanya aku menunggu angkot dipinggir jalan untuk pergi ke sekolah.Dan sekarang aku telah sampai di sekolah.Aku tak menyangka ini ketiga kalinya aku terlambat masuk sekolah.Seperti biasanya aku dihukum Pak Tris.Untung saja aku hanya dihukum memungut sampah dan di tegur supaya bangun lebih awal.Lalu aku pun mulai memasuki kelas.Hari ini aku dan teman-temanku diberi tugas oleh Ibu Rika Arleni untuk membuat cerpen pengalaman pribadiku.Sesudah pulang sekolah seperti biasa aku pulang dengan teman-temanku.Sesudah sampainya di rumah, aku melihat di google, dan membuka situs web yang bernama Cerpenmu.Disana terdapat banyak inspirasi.Sempat terfikir untuk membuat cerpen dan menjadi inspirasi bagi semua orang.Itu sebabnya aku menulis cerpen ini dan mengirimnya ke Cerpenmu.
Advertisements
Back To Top