Translate Aksara sunda TERMUDAH

Translate Aksara sunda TERMUDAH


Translate Aksara sunda TERMUDAH -  Dalam percakapan sehari-hari, etnis Sunda banyak menggunakan bahasa Sunda, pada jaman dahulu pun bahasa daerah selalu digunakan oleh para masyarakat. Namun kini jaman telah berubah banyak masyarakat Sunda terutama yang tinggal di perkotaan tidak lagi menggunakan bahasa Sunda dalam bertutur kata. Seperti yang terjadi di pusat-pusat keramaian kota Bandung, dimana banyak masyarakat yang tidak lagi menggunakan bahasa Sunda dan seringkali dari mereka lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan dengan bahasa daerah sendiri.
Ada hal yang harus kita ketahui mengenai bahasa sunda yaitu Ada beberapa dialek dalam bahasa Sunda, mulai dari dialek Sunda-Banten, hingga dialek Sunda-Jawa Tengahan yang mulai tercampur bahasa Jawa. Para pakar bahasa biasanya membedakan enam dialek berbeda. Dialek-dialek ini adalah:


Dialek Barat (Bahasa Banten)
Dialek Utara
Dialek Selatan (Priangan)
Dialek Tengah Timur
Dialek Timur Laut (Bahasa Sunda Cirebon)
Dialek Tenggara

Dialek Barat dipertuturkan di daerah Banten dan Lampung. Dialek Utara mencakup daerah Sunda utara termasuk kota Bogor dan beberapa daerah Pantura. Lalu dialek Selatan adalah dialek Priangan yang mencakup kota Bandung dan sekitarnya. Sementara itu dialek Tengah Timur adalah dialek di Kabupaten Majalengka dan Indramayu. Dialek Timur Laut adalah dialek di sekitar Cirebon dan Kuningan, juga di beberapa kecamatan di Kabupaten Brebes dan Tegal, Jawa Tengah. Dan akhirnya dialek Tenggara adalah dialek sekitar Ciamis, juga di beberapa kecamatan di Kabupaten Cilacap dan Banyumas, Jawa Tengah.

Note Cara Penggunaan : download terlebih dahulu font nya di tulisan Perhatosan: INSTALL fonta Sundanese Unicode Kemudian pindahkan font tersebut ke font pada window (biasanya folder font pada C:\WINDOWS kemudian cari folder font)

untuk lebih jelas nya lihat gambar berikut ini

Kemudian jangan lupa merubah font ketika hasil nya telah dipastekan ke microsof word

Advertisements
Back To Top