hal yang tidak boleh dilakukan pada ponsel android

hal yang tidak boleh dilakukan pada ponsel android


hal yang tidak boleh dilakukan pada ponsel android - Membuat kinerja ponsel smartphone android lebih maksimal tentunya banyak diharapkan oleh pengguna telepon pintar ini agar bisa digunakan dengan lancar tanpa kendala. Untuk itu berbagai upaya seringkali dilakukan dan pada umumnya dengan memasang beberapa aplikasi pendukung dari pihak ketiga.

Namun sebuah ulasan yang dikutip dari situs androitpit menyatakan bahwa ada beberapa hal yang sangat dilarang untuk dilakukan pada smartphone android dan berikut ini adalah diantaranya:
Kesalahan dalam memperlakukan smartphone android


#1 Memakai task killer atau menutup aplikasi secara maual

Menutup aplikasi android secara manual dari recent app menu ataupun menggunakan task killer sebenarnya sangat membahayakan kinerja ponsel android.

Saat kita pertama kali membuka sebuah aplikasi, sebagian datanya tersimpan di RAM. Artinya, ketika kita membuka aplikasi untuk kedua kalinya, proses loading akan lebih cepat lantaran masih ada cache dari data sebelumnya yang tersimpan pada RAM.

Kalau kamu menghapus aplikasi tersebut dari recent app menu atau menghapus cache, data yang disimpan di RAM juga akan hilang. Nah, jika kamu membuka aplikasi lagi, kamu harus memulai ulang proses ini.

Karena itu, menutup aplikasi secara manual hanya boleh dilakukan jika benar-benar terdesak. Misalnya saat baterai mulai low.
#2 Memasang lebih dari satu aplikasi antivirus

Jika dirasa sangat memerlukan antivirus, maka penting diingat bahwa aplikasi antivirus ini memakan sumber daya RAM dan baterai smartphone dalam jumlah besar. Aplikasi antivirus sesungguhnya merupakan aplikasi intensif yang berjalan sepanjang waktu di background.

Memasang lebih dari satu antivirus tidak akan langsung menjadikan membuat system ponsel android lebih aman. Justru program yang tertanam pada kedua jenis aplikasi antivirus berlainan bisa menimbulkan crash dan menurunkan kinerja ponsel menjadi lebih buruk.

#3 Tidak pernah mengikuti update software

Sistem operasi pada smartphone Android sangat perlu untuk diperbarui secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki keamanan software. Karena itu, jika pengguna telah menerima notifikasi untuk memperbarui software, maka sebaiknya langsung lakukan pembaruan.

Pengguna ponsel android juga bisa mengatur perangkat Android untuk otomatis memperbarui software. Dengan cara ini maka performa android akan selalu terjaga dan tetap optimal sepanjang pemakaiannya.
#4 Mengunduh aplikasi dari sumber atau pengembang yang tidak jelas

Aplikasi android menggunakan ekstensi APK dan sumber yang resmi untuk mendistribusikan file ini adalah google play store.

Namun saat ini tidak jarang dan cukup mudah didapatkan beberapa aplikasi yang bersifat illegal tidak melalui google play store dan ini cukup membahayakan jika di install dengan sembarangan karena bisa dimasuki oleh software yang jahat.
#5 Kebiasaan melakukan restart

Ketika kondisi system perangkat android sedang mangalami kinerja yang berat hingga akhirnya macet, maka kebanyakan para pengguna selalu melakukan restart.

Namun tindakan ini tidak boleh terlalu sering dilakukan, dan akan lebih baik mencegah dengan cara rutin membersihkan memory serta cache temporer sebelum kinerja android menjadi menurun.
Advertisements
Back To Top