Pengertian dan Penjelasan Lembaga Ekonomi

By | Desember 24, 2016

Pengertian dan Penjelasan Lembaga Ekonomi – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan lembaga ekonomi ?? Jika anda belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi www.jatikom.com. karna disini akan mengulas tentang pengertian lembaga ekonomi, unsur lembaga ekonomi, ciri lembaga ekonomi, fungsi lembaga ekonomi, dan tujuan lembaga ekonomi beserta contohnya secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Lembaga Ekonomi : adalah Lembaga ekonomi merupakan sebuah lembaga yang melakukan di suatu bidang ekonomi demi terpenuhinya dalam kebutuhan ekonomi masyarakat. Lembaga ekonomi ini lahir sebagai usaha manusia dalam menyesuaikan dirinya dengan alam dalam untuk memenuhi kebutuhan hidup yang berkaitan dengan suatu pengaturan bidang-bidang ekonomi dalam rangka untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera.

Ciri-Ciri Lembaga Ekonomi
Lembaga ekonomi mempunyai sebuah ciri-ciri yakni sebagai pedoman dalam hidup supaya dalam menjalankan suatu sistem ekonomi teratur dengan ada nya sebuah lembaga ekonomi.

Tujuan Lembaga Ekonomi
Lembaga ekonomi memiliki suatu tujuan yakni Pada hakekatnya tujuan yang hendak dicapai oleh lembaga ekonomi yakni untuk terpenuhinya sebuah kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup pada masyarakat.

Unsur-Unsur Lembaga Ekonomi
Pola perilaku : dalam suatu unsur lembaga ekonomi akan menimbulkan suatu pola prilaku yakni efisiensi, penghematan,profesionalisme, dan mencari sebuah keuntungan.
Budaya simbolis : suatu budaya simbolis yakni merk dagang, hak paten, slogan , lagu komersial
Budaya manfaat : toko, pabrik,pasar, kantor, balngko, formulir.
Kode spesialisasi : dalam unsur yang ke 4 ini yakni kontrak, lesensi, kontrak monopoli, akte perusahaan
Ideologi : dalam unsur yang kelima ini yakni antara lain liberalisme, tanggungjawab ,manajerial, kebebasan berusaha, hak buruh.

Fungsi Lembaga Ekonomi
Berfungsi untuk memberi suatu pedoman dalam mendapatkan bahan pangan
Berfungsi untuk memberikan sebuah pedoman dalam melakukan suatu pertukaran barang/barter
Berfungsi untuk memberikan sebuah pedoman tentang harga jual beli barang
Berfungsi untuk memberikan suatu pedoman dalam memakai tenaga kerja
Berfungsi untuk memberikan sebuah pedoman tentang cara pengupahan
Berfungsi untuk memberikan suatu pedoman tentang cara suatu pemutusan hubungan kerja
dan fungsi yang terakhir untuk memberi suatu identitas bagi masyarakat.

Contoh Lembaga Ekonomi
Adapun contoh dari lembaga ekonomi, diantara nya yaitu :
-Lembaga keuangan yakni suatu badan yang bergerak dibidang keuangan dengan suatu tujuan untuk menyediakan jasa untuk nasabah ataupun masyarakat.
-Kementerian Negara BUMN yaitu singkatan dari Badan Usaha Milik Negara, yakni badan usaha yang sebagian besar modalnya berasal dari negara.

Tinggalkan Balasan