Penjelasan Ciliata (Filum Ciliophora) Ciri Struktur Tubuh Klasifikasi

Posted on

Penjelasan Ciliata (Filum Ciliophora) Ciri Struktur Tubuh Klasifikasi – Klasifikasi biologi atau klasifikasi ilmiah makhluk hidup ialah pengelompokan fauna menurut keterangan dari morfologi (eksternal), molekul, dan kimia keserupaan yang ditemukan di dalamnya. Dalam klasifikasi ini, terdapat delapan peringkat taksonomi utama (level) yang diputuskan untuk hewan, tumbuhan, atau mikroba; Domain, Kingdom, Filum, Kelas, Ordo, Keluarga, Genus dan Species.

Filum (jamak – Filum) ialah peringkat ketiga tertinggi taksonomi yang terletak salah satu Raya (tinggi ke filum) dan Kelas (atau dalam sejumlah kasus Sub-filum). Ada selama 86 filum (filum 35 hewan, 11 pabrik filum, 6 jamur filum, 29 bakteri filum dan 5 archaea filum)

Pengertian Ciliata (Filum Ciliophora)

Istilah “ciliata” berasal dari bahasa Latin cilia yang berarti “rambut kecil”. Ciliata ialah Protozoa yang memiliki alat gerak berupa rambut getar (silia). Rambut getar berikut yang menjadi karakteristik Ciliata dan bermanfaat sebagai perangkat gerak serta untuk menggali makan. Ciliata adalahorganisme bersel tunggal (uniseluler) dengan format tetap atau tidak berubah.

Terdapat selama 8.000 jenis Ciliata yang bergerak dengan cilia (rambut getar) ini dan banyak sekali hidup di perairan air tawar. Ciliata dipecah menjadi dua kumpulan menurut penyaluran silia, yakni silia pada beberapa sel saja dan silia yang menyelimuti semua bagian sel. Makanan Ciliata ialah bakteri dan ganggang mikroskopis. Ciliata mendapat  makanannya dengan teknik menggerakkan silia sampai memunculkan efek pusaran air sampai-sampai makanan masuk ke pusaran air tersebut.

Ciliata memiliki tidak sedikit organel yang terspesialisasi tergolong cilia (tunggal cilium), struktur serupa rambut pendek di luar tubuhnya. Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, cilia atau silia ini terdapat yang menutupi semua permukaan tubuh atau melulu terlokalisasi pada unsur tubuh tertentu. Pada genus Paramaecium, cilia menutupi semua permukaan tubuh.

Sistem koordinasi yang baik pada rambut getar, mengakibatkan Ciliata bisa bergerak dengan cepat, selama satu milimeter per detiknya. Walaupun melulu bersel tunggal (uniseluler), Paramaecium bisa merespon lingkungan selama dengan baik. Jika bertemu dengan bahan kimia riskan atau panghalang, sel secara cepat bakal mundur dengan gerakan silia mengarah ke arah yang berbeda.

  Contoh Outline Skripsi dan Pengertian

Ciliata ialah predator yang ulung. Beberapa Ciliata, tergolong Paramaecium dan Didinium, dapat membuat mangsa mereka tidak bergerak dengan mencungkil jarum-jarum yang dinamakan trikosista yang menempel pada tubuh mereka. Mangsa lantas dibawa ke dalam struktur serupa mulut dan dipahami pada vakuola yang sewaktu-waktu bermanfaat sebagai perut.

Ketika proses pencernaan makanan pada Ciliata sudah selesai, maka sisa-sisa hasil metabolisme bakal dikeluarkan melewati eksositosis. Di dalam tubuh Ciliata, air yang berlebihan bakal diakumulasikan di dalam vakuola yang secara periodik (rutin) berkontraksi guna mengosongkan cairan melewati lubang yang dinamakan dengan pori anal

Ciri-Ciri Ciliata (Filum Ciliophora)

Ciliata, atau ciliophoran, masing-masing anggota filum protozoa Ciliophora, yang ada selama 8.000 spesies; ciliata umumnya dirasakan protozoa sangat berkembang dan kompleks. Ciliata ialah organisme bersel tunggal yang, pada etape tertentu dalam siklus hidup mereka, mempunyai silia, organel serupa rambut pendek yang dipakai untuk bergerak dan mengoleksi makanan. Ciliata memiliki ciri – ciri inilah ini

  • Bergerak dengan silia atau rambut getar.
  • Merupakan organisme bersel tunggal (uniseluler).
  • Memiliki bentuk tubuh tetap atau tidak berubah.
  • Bersifat heterotrof, artinya hidup dengan memangsa organisme lain karena tidak dapat membuat makanannya sendiri.
  • Umumnya berukuran mikroskopis, akan tetapi ada juga spesies yang berukuran sampai dengan 3 mm sehingga dapat diamati dengan mata telanjang.
  • Bentuk tubuh bermacam-macam, seperti bentuk oval, sandal, lonceng, corong dan lain sebagainya.
  • Sebagian besar hidup di perairan seperti rawa, sawah, dan tempat-tempat berair yang kaya akan zat organik.
  • Hidup secara bebas (soliter), parasit, ataupun bersimbiosis di dalam usus vertebrata.
  • Memiliki vakuola kontraktil yang berfungsi untuk mengatur tekanan osmosis sel (osmoregulasi).
  • Memiliki dua macam nukleus (inti) di dalam satu sel, yaitu makronukleus yang berperan dalam metabolisme dan reproduksi aseksual (vegetatif), dan mikronukleus yang berperan dalam reproduksi seksual (generatif).

Struktur Tubuh Ciliata (Filum Ciliophora)

  • Bentuk tubuh oval, umumnya berbentuk simetris, kecuali pada ciliata primitif yang simetrinya radial
  • Tubuhnya diselubungi perikel yang merupakan lapisan luar, yang tersusun dari sitoplasma padat
  • Tubuhnya diselimuti silia, yaitu silia somatik yang menyelubungi seluruh bagian tubuh utama
  • Tidak memiliki struktur khusus untuk pertukaran udara, dan untuk sekresi
  • memiliki dua tipe inti sel atau nukleus, yakni berupa makronukleus dan mikronukleus. Makronukleus juga disebut sebagai otak Ciliata, dan berfungsi sebagai vegetatif, sedangkan mikronukleus berfungsi sebagai alat untuk reproduksi dan genital
  • mempunyai mulut atau sistoma yang terbuka dan digunakan sebagai saluran yang pendek, pada ciliata primitif mulut ini disebut dengan sitofaring. Mulut ini terletak di bagian ujung depan (anterior), akan tetapi pada kebanyakan siliata, bagain ini digantikan oleh bagian belakang (posterior)
  • Terdapat dua macam mulut, yaitu mulut membran berombak yang menyatu di dalam sebuah barisan panjang. Dan mulut membran berupa barisan pendek, yang merupakan penggabungan dari silia yang bersatu membentuk sebuah piringan.
  • Silia yang terdapat pada mulut Ciliata berfungsi sebagai alat pengedar dan pendorong makanan menuju ke bagian sitofaring
  • Mempunyai mitokondria sebagai sumber energi dalam melakukan gerak ataupun beraktivitas
  • mempunyai kerongkongan yang disebut sebagai sitofaring gullet dan juga mempunyai food vacuole atau usus
  • mempunyai vakuola kontraktil atau ginjal
  • mempunyai otot atau yang disebut dengan myonemes
  • mempunyai anus yang juga disebut sebagai sitopige
  Pengertian Reklame Komersial Pengertian Tujuan Ciri Contoh Fungsi Jenis Unsur

Klasifikasi Dari Ciliata (Filum Ciliophora)

  • Paramecium

Jenis ciliata yang pada bagian ujung depannya tumpul, dan di bagian belakang meruncing sehingga tampak berbentuk sepatu ataupun sandal

  • Vorticella

Jenis dari ciliata yang mempunyai bentuk seperti lonceng dan juga bertangkai panjang dengan bentuk yang lurus atau spiral yang terdapat silia pada sekitar mulutnya. Hidupnya berada di air tawar, menempel pada tangkai batang yang bersifat kontraktil dan juga substrak. Makanannya adalah bakteri ataupun sisa-sisa bahan organik yang masuk dengan bersamaan melalui celah mulutnya.

  • Didinium

Jenis dari ciliata ini adalah predator pada ekosistem perairan yaitu merupakan pemangsa dari pramecium

  • Stentor

Jenis dari ciliata ini mempunyai bentuk seperti terompet dan juga menetap di air tawar yang bergenang ataupun mengalir, makanan dari hewan ini ialah ciliata yang memiliki ukuran yang lebih kecil

  • Balantidium Coli

Jenis dari ciliata yang paling besar didalam usus yang terbesar dan juga satu-satunya golongan dari ciliata manusia yang patogen dan juga menimbulkan balantidiasis atau juga ciliata dysentri. Ciliata jenis ini bisa dijumpai pada daerah yang tropis atau sub tropis

Sejarah Kehidupan, Ekologi, dan Reproduksi pada Phylum Ciliophora

Kebanyakan ciliata hidup bebas. Relatif tidak banyak yang parasit, dan cuma satu spesies, Balantidium coli yang diketahui mengakibatkan penyakit pada manusia. Beberapa ciliata lainnya mengakibatkan penyakit pada ikan, yang lainnya ialah parasit atau commensals pada sekian banyak  invertebrata. Sebagian besar yang beda hidup di drainase pencernaan mamalia, di mana mereka menjalankan kegiatan untuk menstabilkan populasi besar bakteri simbiotik yang memecah selulosa dalam makanan hewan. Ciliata yang hidup bebas bisa memakan bakteri, ganggang, atau bahkan ciliata lainnya; Didinium ialah pemburu yang rakus dan konsumen ciliata lainnya. Beberapa ciliata bersimbiosis dengan bakteri atau ganggang. Ciliata yang hidup bebas bisa ditemukan nyaris di mana saja di air, namun format yang bertolak belakang mendominasi dalam habitat yang berbeda.

  Pengertian Fungsi Serta Contoh Kalimat Kompleks dan Simpleks

Ciliata dalam tanah ingin berbentuk kecil yang dapat menyusun kista resisten guna bertahan hidup lama saat kondisi kering. Tintinnids berlimpah di plankton laut, di mana mereka dan ciliates lain barangkali mengkonsumsi hingga 90% dari buatan bakteri plankton dan ganggang. Ciliates besar umum di lingkungan air tawar, terutama air yang sudah diperkaya zat organik, contohnya oleh limbah (Linn dan Small, 1991).

Ciliata bereproduksi secara aseksual dengan pembelahan: mikronukleus merasakan mitosis, sementara pada mayoritas ciliates, macronucleus melulu terpisah menjadi dua. Namun, ciliata pun bereproduksi secara seksual, melewati proses yang dikenal sebagai konjugasi. Konjugasi sering diakibatkan oleh kelemahan makanan. Dua ciliata dengan tipe kawin yang bertentangan datang mendekat, bersama-sama dan menyusun sebuah jembatan sitoplasmik antara dua sel, membagi micromuclei oleh meiosis, macronuclei hancur, dan konjugasi selsel haploid micronuclei bakal tertukar melewati koneksi sitoplasma.

Mereka lantas memisahkan macronuclei, baru reformasi dari micronuclei, dan membagi. Esensi reproduksi seksual ialah membentuk organisme baru dari campuran bahan genetik dari orang tua. Setelah konjugasi, setiap pasangan Ciliata sudah mengakuisisi pelajaran genetik baru, dan membagi memunculkan progeni dengan kombinasi gen baru. Hal ini urgen untuk kelangsungan hidup garis keturunan Ciliata; ciliata sangat tidak bisa mereproduksi selamanya dengan pembelahan aseksual, dan kesudahannya mati andai tidak terjadi konjugasi (Linn dan Small, 1991).

Manfaat Ciliata

Manfaat Ciliata yang menguntungkan , Didinium, mirip dengan ceret bertangkai yang memiliki peranan sebagai predator di air tawar.

Manfaat Ciliata yang Merugikan , Balantidium coli, hidup parasit dalam usus manusia yang dapat menyebabkan gangguan perut dan dapat menyebabkan diare berdarah.