Perbedaan antara Tulang Kompak dan Lunak


Perbedaan antara Tulang Kompak dan Lunak – Tulang kompak dan kenyal dua jenis yang berbeda dari jaringan tulang yang membentuk tulang kita.

Sedangkan yang kompak merujuk ke hard, lapisan luar dari tulang, lapisan dalam yang dibentuk oleh tulang spons, yang juga dijuluki tulang cancellous. tulang kompak membawa pola osteon yang tepat, sedangkan tulang spons bebas dari osteons, yaitu mengandung pola pipih trabekula. trabekula ini terletak di antara sumsum tulang merah.

definisi
Seperti dibahas di atas, kompak tulang menunjukkan lapisan luar atau poros dari tulang. tulang kompak juga disebut tulang kortikal, yang mengandung osteons atau sistem Haversian. Kompak tulang mendapat struktur putih, halus karena jaringan ikat yang mencakup sekitar ¾ bagian dari tulang dari dalam. Poros ditemukan di tulang panjang juga tulang kompak. Tulang-tulang ini yang sulit dan keras dengan kesenjangan diabaikan di dalamnya.

Bertentangan dengan tulang kompak, tulang spons atau tulang cancellous membentuk bagian interior dari tulang. Bahkan, tulang-tulang ini mencakup area yang luas di dalam tulang. Meskipun, tulang-tulang ini sedikit lebih lembut dibandingkan dengan tulang kompak, ini tidak benar spons sebagai nama mereka mungkin menunjukkan.

Jaringan di tulang lunak yang kurang padat diatur, sehingga memberikan tulang namanya. darah diproduksi dalam sangat tulang ini, yang bertanggung jawab untuk melindungi bagian tubuh internal. Mineral disimpan di sini. Juga, pembuatan sel darah merah dan putih berlangsung di tulang Lunak.
Tulang Kompak vs Lunak

Meskipun kedua terdiri dari dua jenis utama dari jaringan tulang, perbedaan utama antara tulang kompak dan kenyal terjadi pada struktur dan dalam hal fungsi yang mereka lakukan. tulang kompak sulit dan membentuk lapisan luar dari tulang apapun. Di sisi lain, tulang spons lebih lembut, dan membentuk lapisan dalam dari tulang saat meliput area permukaan besar.

Fungsi utama dari tulang kompak adalah untuk mendukung seluruh tubuh, sedangkan tulang spons mendukung struktur tubuh. Yang terakhir membantu menghemat bahan, dan memberikan gerakan untuk organ-organ tubuh utama. tulang kompak yang berat dan sulit karena mereka menyimpan kalsium di dalamnya, memberikan kontribusi untuk lebih dari 80% dari total berat kerangka manusia. tulang lunak yang ringan dalam berat; jumlah yang lebih rendah dari pasokan kalsium untuk tulang-tulang ini membuat mereka lemah dan rentan terhadap melanggar mudah.

Advertsiment
Perbedaan antara Tulang Kompak dan Lunak | jati | 4.5